Results for Traveling

Berkunjung ke Gunung Dempo, Salah Satu Tempat Wisata Paling Terkenal di Pagaralam. Tips Wisata Murah Tapi Menyenangkan

August 25, 2019
Wisata alam gunung Dempo
Kebun  teh gunung Dempo

Petang itu cuaca sangat menyengat. Kami tiba di stasiun kereta api di kota lahat, sekaligus sebagai awal kunjungan kami hari itu. Lahat adalah salah satu kabupaten di provinsi Sumatera Selatan, dan menjadi tujuan wisata kerja kami di bulan ini. Sebenarnya kalau dilihat dari letak geografis Lahat bukanlah salah satu tujuan pariwisata yang ideal. Sebab tempat ini hampir tidak ada tempat wisata yang layak dijadikan rekomendasi menarik yang dapat memanjakan mata. Namun, berjarak kurang lebih 80 km sebelah barat ada sebuah objek wisata yang sangat terkenal yang disebut dengan gunung Dempo.


Kota lahat menurut catatan di sebut sebagai kabupaten penghasil batubara. Batubaralah yang menggerakkan ekonomi daerah. Dengan adanya tambang ini menjadi alasan penyebab cuaca ditempat ini lebih panas dari tempat-tempat lain di Sumatera. Begitu matahari terbit panasnya begitu terasa apalagi sudah siang. Kalau teman saya bilang, kita kalau mandipun tidak ada dinginnya. Tidak ada syurnya ketika berendam di dalam air yang membuat kita buru-buru keluar dari air. Ibarat air yang dingin yang biasa kita malas mandi karena dingin, ini sedikit berbeda dan mungkin suhunya sedikit dibawah suhu tubuh kita yaitu berkisar 30°c.



Setelah sampai di stasiun kereta api, seorang teman kantor sudah siaga menunggu kedatangan kami. Begitu keluar dari terminal, kami langsung disambut dengan hangat. Dengan tubuhnya yang tambun, sangat mudah untuk mengenali dan tanpa rasa sungkan saya memanggil si bapak. Didalam mobil saya minta kepada dia untuk bawa kami keliling ketempat wisata di sekitar kota Lahat. Sayangnya, karena ditempat ini tidak ada tempat wisata akhirnya kami memutuskan untuk balik ke penginapan untuk istirahat.


PERJALANAN MENUJU GUNUNG DEMPO.

Dihari berikutnya kami siap-siap menuju Pagaralam. Sebuah destinasi wisata yang sering kali menjadi tujuan wisata disaat liburan tiba. Orang yang memanfaatkan waktu jika berlibur dengan biaya minim dan terbatas dan waktu cuti yang terbatas, tempat ini bisa jadi pilihan. Banyak wisatawan yang datang kesana untuk menghabiskan liburan mereka. Selain tempatnya mudah dijangkau, memandang dari lereng gunung cukup membuat anda melupakan kesibukan yang menguras energi.

Sebelum sampai ke gunung Dempo, kami menyempatkan diri untuk mampir sebentar melihat air terjun Lematang. Air terjun ini berada dipinggir jalan yang kita lalui. Jadi jika anda  keluar dari kota Lahat menuju Pagaralam, sekitar kurang lebih 45 menit perjalanan maka air ini bisa kalian temukan. Air terjun ini terbilang panjang mencapai 20 hingga 25 meter ketinggian air jatuh. Karena tempatnya agak terjal saya tidak berani untuk turun. Hanya sempat menvideokan air terjun tersebut.


 traveling
Air terjun Lematang.



Waktu kami kesana, sayangnya tidak begitu menikmati. Bisa dibilang, seluruh perjalanan kami hari itu serba terburu-buru. Momennya tidak pas karena mengambil waktu disela-sela kerja. Jadi kami sangat terbatas. Tidak sempat berkunjung ke banyak tempat. Padahal banyak sebenarnya tempat yang harus kami kunjungi termasuk tempat wisata green paradise. Makanya saya hanya menggoreskan sedikit saja disini yang benar-benar saya lihat. Karena memang tujuannya ke Pagaralam bukan untuk liburan, hanya memenuhi perintah bos menyelesaikan pekerjaan. Untuk sampai menjejak di lereng gunung hanya menyempatkan mempergunakan waktu yang tersisa
*****


DI LERENG GUNUNG DEMPO.


Kebun teh
Di atas gunung Dempo - Pagaralam

Akhirnya kami berhasil naik ke lereng gunung Dempo setelah sore hari.

Untuk anda yang berkeinginan dan
berkesempatan berwisata, Pagaralam adalah tempatnya. Meski demikian, waktu saya berada di kota lahat, seorang teman saya malah merekomendasikan tempat yang lain lho. Mungkin bagi mereka yang sudah lama tinggal disana, gunung Dempo bukan lagi menjadi tempat yang asyik bagi mereka. Tapi bagi kita pendatang yang belum pernah menginjakkan kaki di gunung ini, pasti penasaran. Sama seperti saya yang menaruh penasaran. Setelah sampai di atas gunung, udah... Rasanya sudah terbayar. Saya cari tahu tentang yang ada disana apa yang tidak saya ketahui, saya coba cari tahu walaupun tidak semuanya bisa terjawab. Tapi paling tidak hal yang paling inti hampir terjawab. Bahwa beginilah keadaan gunung Dempo.


Bagi anda yang ingin berwisata ke tempat ini, anda bisa memilih menggunakan transportasi darat, dan udara. Kalau laut belum ada ya guys. Sangat mudah kok menjangkau tempat ini. Hanya saja yang menjadi pertimbangan waktu mau naik ke atas gunung. Saya sempat bertanya-tanya, kalau orang mau berwisata kesini yang tidak bawa kendaraan, gimana naiknya ya? Jauh lho ke atas kalau melalui jalan aspal. Mana tikungannya tajam lagi. Tapi memang itulah tantangan bagi orang yang suka berpetualang. Justru disitulah tercipta keseruan yang tidak di dapat di wisata pantai.


Bagi sebagian orang, tidak suka yang berkaitan dengan alam. Mungkin lebih tertarik dengan wisata kuliner, wisata fashion. Tapi saya, atau karena DNA orang kampung, wisata alam dan pantai, itulah keindahan. Wisata sesungguhnya. Wisata inilah yang menenangkan hati saya.


Teman saya bertanya, ibu ini tidak terlalu dengan makanan ya? Iya pak memang, jawabku singkat. Alasannya sederhana. Untuk wisata kuliner butuh dompet tebal choyyy.... Siapa sih yang tidak suka icip-icip makanan yang mahal dengan kualitas bintang lima? Tapi saya menyesuaikan keadaan saya dan dompet saya. Saya sebagai karyawan dengan jabatan staf tidak akan mampu mengikuti trend kuliner ala selebgram. Saya kondisikan hidup saya saat ini jangan sampai besar pasak daripada tiang. Ujungnya saya yang utang.... Saya dirumah makannya sederhana. Saya tidak mampu beli makanan Western saat ini. Oleh sebab itu, dimana pun saya mendapat kesempatan, biarlah saya menjadi orang yang sederhana supaya ketika dapat kesempatan saya tidak serakah dan kemaruk.


TIPS BERWISATA MURAH NAMUN MENYENANGKAN.

Siapa bilang berwisata harus mahal? Tapi menurut sebagian orang, mahal itu relatif. Tapi ini benar-benar murah. Banyak diantara kita takut untuk bepergian karena dihantui biaya mahal. Kita lebih baik dirumah saja dari pada bayar mahal ongkos. Sepertinya tidak selalu demikian. Anda bisa belajar wisata dengan biaya murah dari orang yang suka loncat sana loncat sini. Mereka punya trik dan tip mengekang biaya mahal. Mereka bisa enjoy dengan liburannya.
Bagi anda yang menginginkan wisata yang tidak menguras kantong, berikut tips berwisata murah tetap menyenangkan:


1. Rajin-rajinlah mengecek harga tiket di situs online...
Banyak situs online yang menawarkan harga diskon dan promo. Anda bisa manfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan harga miring.

2. Cari angkutan umum yang menawarkan harga ongkos paling murah.
Harga tiket yang melambung tinggi membuat sebagian besar masyarakat enggan untuk bepergian. Jika harga tiket pesawat sampai menghabiskan gaji sebulan untuk satu kali keberangkatan, itu sesuatu yang membuat kita tidak usah pergi-pergi. Sakit rasanya mengeluarkan uang gaji sebulan hanya buat ongkos, belum lagi biaya lain-lain.

3. Sokongan dana dengan teman.
Ada istilah yang mengatakan "berat sama dipikul ringan sama dijinjing". Untuk mendapatkan wisata murah Anda bisa ajak teman yang hobinya sama dengan anda. Cara ini akan mengurangi beban anda selama wisata. Anda dengan teman bisa saling sokong dana semisal untuk Carter mobil misalnya. Kalau dilakukan hanya seorang diri atau satu keluarga rasanya agak berat. Tapi kalau anda ajak teman untuk wisata bersama biayanya yang tadinya di tanggung sendiri jadi di bagi dua. Pasti lebih ringan bukan?

4. Gunakan trik bersambung.
Harga angkutan umum paling murah saat ini adalah naik kereta api.  Kalau anda dari luar propinsi, anda bisa lakukan trik hemat dan nyaman dengan cara bersambung. Kita tahulah, sekarang ongkos pesawat mahal cyin...


Yang berasal dari luar propinsi, anda bisa naik pesawat sampai di bandara internasional Sultan Mahmud Badaruddin kota Palembang. Dari kota Palembang, anda bisa memesan tiket online dari aplikasi kamu untuk melanjutkan perjalanan dengan membeli tiket kereta api. Harga tiket kereta api cukup murah dibanding dengan tranportasi umum lainnya. Kami sempat geli ketika membandingkan tiket-tiket yang kami kumpulkan saat kunjungan kami. Untuk harga tiket kereta api dari stasiun kereta api kertapati Palembang menuju stasiun kereta api Lahat harganya Rp 29.000,-. Karena tujuan kami memang ke kota lahat. Untuk melanjutkan ke Pagaralam harganya pasti tidak jauh berbeda. Ibaratnya ongkosnya hanya seharga makan nasi di restoran Padang.


Jika dibandingkan ongkos mobil dari rumah ke Stasiun harganya hampir 3 kali lipat. Naik angkutan online memang sesuatu harganya jauh mengalahkan harga tiket kereta api yang jaraknya hampir 200 km. Inilah yang membuat kami geli tersipu-sipu.


NAIK KERETA API


Penunjang wisata murah anta kabupaten
Kereta api

Kereta api salah satu tranportasi pilihan saat ini. Selain harganya murah, saat perjalanan pun tidak menemui guncangan sehingga aman dari hentakan jalan berlubang yang mengakibatkan badan pegal-pegal. Seperti pengalaman saya naik travel, kadang rasanya perut turun karena hentakan di jalan. Kadang juga pengaruh sopir yang suka ugal-ugalan tanpa peduli penumpang di belakang terhempas dan terdorong. Aduh... Keretap api dulu berbeda dengan kereta api sekarang. Sekarang pelayanan sudah ditingkatkan dan diperhatikan. Mungkin itu salah satu alasan, kenapa kereta api sudah jarang disebut sebagai sepur. Di dalam gerbong terdapat sejenis kabin dan di fasilitasi Full AC dan dilengkapi toilet. Itu yang membuat saya nyaman saat perjalanan menggunakan kereta api. Kalau mau pipis tidak perlu nunggu berhenti di SPBU. Sudah harganya murah pelayanan juga bagus.


Bagasi dan gerbong penumpang.
Gerbong kereta api kelas ekonomi dengan fasilitas AC dan toilet.


Di banding dengan naik transportasi online yang berjarak belasan kilometer harus rela membayar mahal, hampir mencapai ratusan ribu untuk mengantarkan dari rumah sampai ke stasiun. Harga yang fantastis dibanding dengan ongkos ratusan kilometer. Yah namanya swasta angkutan kota. Pun demikian kita berani bayar. Untungnya bukan kantong sendiri. Karena memang antar jemput sampai titik kita berada, kita pun rela bayar.
****


Sebelum berangkat ke Pagaralam, seorang teman merekomendasikan beberapa destinasi wisata di sana. Melihat dari photo-photo yang beredar di media sosial sepertinya memang menggiurkan. Yang namanya tujuan wisata berharap kita bisa mengunjungi satu-persatu. Tetapi kadang-kadang waktu tidak selalu berpihak pada kita.


Waktu dan tempat yang tidak saling mendukung membuat perjalanan tidak dapat di selesaikan dengan maksimal. Jalan satu-satunya memilih tunduk kepada waktu dan tempat. Tujuan saya sebenarnya adalah mengunjungi wisata kebun teh. Tempatnya ada di gunung Dempo. Fokus saja dulu di destinasi awal supaya tidak pening memikirkan ini itu akhirnya tidak bisa menikmati perjalanan kali ini.



Kita selesaikan pendakian menggunakan mobil yang kami gunakan. Mobilnya untung setengah gres. Walaupun mesinnya sesekali terseok-seok akibat kerasnya tanjakan. Kebun teh gunung Dempo bukan lagi di perbukitan tapi memang ada di pengunungan. Jadi ketika kami sampai diatas gunung, udara dingin terasa sekali menyelimuti tubuh yang tanpa jaket.


Dari kejauhan nampak embun yang menyelimuti gunung itu sembari memberi kesejukan. Embun itu memberi tahu kami bahwa itu gunung dan kami sedang berada diatas ketinggian. Dengan penuh perjuangan kami bisa berhasil sampai di gunung Dempo. Kalau saya sendiri, jika hanya untuk berwisata, menurut pendapat dan pandangan saya sih rugi kalau hanya tujuannya kesana. Kecuali anda punya hobi untuk mendaki dan ingin mencapai puncak Dempo, lain lagi ceritanya.


Menurut saya nih, harga dan kerasnya Medan kesana, kalau bukan karena hobi berpetualang tidak sebanding. Kita tidak menemui disana wahana lain yang membuat kita terkesima dan terkagum untuk menjadikan tempat itu sebagai destinasi. Saya mencoba bertanya kepada penduduk yang kebetulan menumpang dengan kendaraan kami.untuk sampai ke kota biaya ongkos yang harus dikeluarkan 150 ribu naik ojek. Mahal ya? Bagaimana jika naik ojek online?



Yang ada di pikiran saya, bagaimana orang yang lain yang berwisata kesana jika tidak rombongan? Wah pasti mahal banget biayanya. Inilah seputar pengalaman saya menjelajah kebun teh gunung Dempo. Lain kali kalau ada kesempatan dengan biaya gratis saya pasti ngulang lagi. Kalau ada informasi yang kurang berkenan harap dimaklumi dan dimaafkan. Salam berpetualang.
Berkunjung ke Gunung Dempo, Salah Satu Tempat Wisata Paling Terkenal di Pagaralam. Tips Wisata Murah Tapi Menyenangkan Berkunjung ke Gunung Dempo, Salah Satu Tempat Wisata Paling Terkenal di Pagaralam. Tips Wisata Murah Tapi Menyenangkan Reviewed by Risda Nababan on August 25, 2019 Rating: 5

Pemburu Sunset Di Bawah Langit Samudera Indonesia

February 08, 2019

Tiba-tiba hatiku berbunga-bunga tatkala teringat tentang photo ini. Saat  itu petualangan pertama kali perburu sunset di bawah langit samudera Indonesia. Menelusuri pantai yang panjang yang bila disusuri tentunya  melelahkan. Diambang menjelang senja sembari memandang kearah barat. Warna kuning keemasan dan kemerahan menjadi saksi perjalanan kali ini. Dan sekaligus menjadi pengingat setelah bertahun-tahun tidak kembali kesini. Kerinduan itu meringankan tanganku untuk menuliskan ceritanya.  Karena akulah orangnya jika sedang berdiri dipinggir pantai akan sengaja menantikan saat itu.

Sunset begitu orang menyebut penerang ini. Kata ini bukanlah berasal dari bahasa lokal. Berhubung bahasa Indonesia telah banyak diadopsi dari bahasa asing termasuk bahasa Inggris, maka sunset sudah lazim digunakan sebagai bahasa nasional. Jadi kata sunset bukanlah bahasa yang asing lagi ditelinga kita termasuk saya.

Sunset dalam bahasa Indonesia adalah ☀️ matahari terbenam. Setiap pagi matahari yang biasa menyapa kita dipagi hari dengan kehangatan, apabila mau terbenam, dia menghantar dengan kelembutan dan jika cuaca cerah akan melihat matahari ini berbeda. Tidak panas, tidak silau dan tidak menyengat.

Terakhir kali melihat keindahan sunset ditahun 2013 silam dibawah langit Bengkulu. Menakjubkan. Dia benar-benar menyambut kami kala itu. Tuhan pun tahu akan hal itu. Pertemuan pertama kali saat berburu dibawah langit Samudera Indonesia, kamipun menemukan wajah sunset yang menggemaskan.

Bahagianya penuh. Ini jelas terlihat sekali dari ekspresinya. Bayangkan setelah sekian tahun tidak ada pengalaman itu akhirnya bisa berjumpa lagi dengan sunset yang indah. 

Memburu sunset bisa kapan saja dilakukan. Karena memang setiap hari matahari pasti terbit. Tapi untuk melihat matahari terbenam tidak setiap hari karena apabila hujan turun, ia akan bersembunyi dibalik awan. 


Sama seperti teman yang sengaja berburu sunset dipantai panjang dibawah langit Bengkulu disamudera Indonesia. Nyatanya dalam pencarian, mereka tidak mendapatkan hasilnya. Sama juga seperti saya, bernasib naas saat kedua kalinya 2015 dan ketiga kalinya di tahun 2018 bahkan sampai 2 pekan disana tak melihat si "cantik ini di ufuk barat.

Itu juga yang memacu saya untuk menuliskan pemburuan saya kali ini. Bagiku sunset sesuatu yang langka dan selalu kurindukan. Tidak setiap orang yang telah menikmati sunset apalagi setelah saya tinggal di kota besar yang padat penduduknya dengan bangunan pencakar langit.
Pemburu Sunset Di Bawah Langit Samudera Indonesia Pemburu Sunset Di Bawah Langit Samudera Indonesia Reviewed by Risda Nababan on February 08, 2019 Rating: 5

Tempat Wisata Terkenal di provinsi Bengkulu yang wajib kamu kunjungi

January 23, 2019


Pembahasan mengenai tempat wisata selalu menarik untuk dibahas. Bagaimana tidak, sesuatu yang menyodorkan tentang keindahan selalu menjadi perhatian sejauh mata memandang. Kali ini pun saya akan membagikan beberapa tempat wisata terkenal yang pernah saya kunjungi dan sudah berhasil saya abadikan untuk kamu yang suka berwisata atau traveling.

Kota Bengkulu terletak di sebelah barat daya pulau Sumatera. Kota ini berbatasan langsung dengan sumatera barat dan Sumatera Selatan dengan jumlah penduduk mencapai 2 Juta jiwa.  Wilayah tepat berada di pesisir laut Samudera Indonesia ini, sekaligus juga menjadi salah satu langganan gempa bumi.

Saat kami berada di sana, kami sempat merasakan getaran gempa bumi walaupun skalanya kecil, tapi tetap saja was-was apalagi sebelumnya wilayah bagian timur Indonesia, beberapa kota merasakan guncangan gempa dan tsunami yang sampai meluluhkan lantahkan kota  termasuk Donggala dan palu. Masih segar diingatan kita bagaimana kota itu rata dengan tanah. Apalagi ini berbatasan langsung dengan Samudera Indonesia dan setelah beberapa Minggu kembali dari Bengkulu, propinsi Banten baru saja diterjang oleh tsunami meski tanpa ada tanda gempa bumi yang mengawalinya. 


Menjadi langganan gempa bukanlah sesuatu yang baik bagi suatu daerah karena langsung berpengaruh bagi pembangunan dan kemajuan suatu daerah. Itulah yang terjadi pada propinsi Bengkulu. Hampir tidak ditemukan disana bangunan pencakar langit, sebagaimana biasa ditemukan di kota-kota besar seperti pusat pelayanan umum, hotel, bahkan pusat perbelanjaan, dimana bangunan-bangunan seperti ini biasa kita temukan menjulang tinggi, namun disana tidak ada selain memiliki hanya sekitar 3 lantai saja. Tentu ada ketakutan yang membuat para investor dan properti mengurungkan niatnya untuk membangun bangunan pencakar langit di sana. Itu sih hal yang wajar 


Bagi kamu yang ingin berkunjung atau sedang berada disana, yang ingin tahu tempat wisata terkenal mungkin blog ini bisa membantu kamu untuk menemukannya. Tempat wisata disana tidak begitu banyak dibandingkan dengan tempat wisata ditempat lain di Indonesia sebut saja tempat-tempat wisata terbaik di Bangka Belitung yang dapat memuaskan mata dengan pesona lautnya yang biru nan jernih dan memang layak dijuluki sebagai surganya Indonesia. Dan inilah tempat wisata terkenal di propinsi Bengkulu yang wajib kamu kunjungi dan apabila merupakan destinasi kamu diliburan kali ini.



1 Benteng Marlborough.

Gerbang benteng  Marlborough


Tidak jauh dari pusat kota Bengkulu terdapat sebuah benteng bersejarah yang dikenal dengan sebutan benteng (fort) Marlborough. Benteng ini merupakan peninggalan bersejarah kolonial Britania Raya (Inggris) yang dibangun pada tahun 1714 - 1741. Disini terdapat sisa-sisa peninggalan penjajahan Inggris yang masih tersimpan dan tempat ini sekarang sekaligus telah dijadikan sebagai museum dan cagar budaya yang dilindungi oleh negara.

Setelah memasuki pintu gerbang benteng terdapat beberapa monumen tempat peristirahatan para tentara inggris saat itu. Prasasti itu terdiri atas nama: Henry Stirling, Richard Watts Esg, Cap. Lames Cuney dan George Shan anak dari M. Thomas Shan yang berada baik disisi kiri maupun kanan persis dipintu masuk gerbang benteng Marlborouh.


Prasasti Henry Stirling
M.Thomas Shan


Cap. Lames Cuney
Richard Watts Esg
Diarea prasasti ini juga disiapkan penjagaan sekaligus tempat penjualan tiket masuk. Tiket masuk untuk mengunjungi Benteng ini seharga Rp. 5000,- perkepala. Harga ini cukup murah jika dibandingkan dengan sejarah, pengetahuan yang disuguhkan dan juga sekaligus sebagai tempat wisata yang menakjubkan.

Setelah memasuki pintu gerbang, berjalan kearah timur, kamu akan menemukan pintu masuk yang mengarah kedalam benteng. Disisi kiri dan sisi kanan jembatan penyeberangan terdapat tanah yang berbentuk relief yang sepertinya sengaja dibiarkan kosong dan dihiasi rumput Jepang yang menghijau.


Fort (benteng) Marlborough


Dibelakang saya berdiri, disitu ada pengrajin perahu yang sedang bekerja membuat perahu. Kurang tahu persis apakah memang tempat itu sudah di fungsikan sebagai pembuatan perahu ataukah hanya sebagai kegiatan untuk mengisi waktu luang. Disisi kiri dan kanan terdapat dua buah pintu, tetapi sayangnya pengunjung dilarang masuk sehingga kami tidak bisa memperoleh informasi apapun yang terdapat dalam bangunan tersebut. Berjalan lagi, mengikuti gerbang benteng, terdapat lapangan yang kira-kira seluas lapangan bola kaki. Dihalaman ini juga berderet sejumlah meriam selain yang berada diatas Benteng yang digunakan kala itu untuk menyerang musuh baik dari bawah maupun dari atas benteng.

Diatas benteng Marlborough



Dibawahnya tepat dimana saya duduk, terdapat banyak ruangan dengan pintu besi,  mirip sekali dengan penjara bawah tanah, apakah ruangan ini pernah digunakan sebagai  ruangan tahanan? mungkin saja iya, karena bentuknya mirip dengan rumah tahanan yang berhasil mereka tawan. Dan jika dikaitkan dengan penjelasan di beberapa situs yang pernah saya baca, menyebutkan, bahwa tempat ini juga disebut tempat gaib. Saya sih tidak bermaksud mematahkan pendapat orang tentang tempat ini, karena kunjungan kami kesana di siang hari, jadi kami tidak merasakan sesuatu yang beraroma gaib. Puji Tuhan kami sangat menikmati perjalanan wisata kami saat itu.

Pintu-pintu besi 


Sejarah sudah mencatat, menyebutkan, bahwa benteng Marlborough merupakan benteng terbesar di Asia yang menyimpan banyak misteri dan ilmu pengetahuan sejarah. Saat kunjungan ketempat ini, kami tidak cukup nyali untuk menjelajahi semua tempat ini terutama untuk pintu-pintu bawah tanah, pintu besi disepanjang benteng, karena di sebabkan oleh berbagai alasan, salah satunya kami sebagai pengungjung dan wanita pula, kami tentu menjaga keamanan dan kenyamanan kami disana. Jika untuk menjawab rasa penasaran, sebaiknya bisa menyelesaikan petualang di benteng.


DIATAS BENTENG (FORT) MARLBOROUGH





Karena benteng ini merupakan benteng terbesar di Asia, untuk berkunjung harus menyiapkan waktu yang cukup supaya bisa menyelesaikan seluruh penjelajahan. Dan perlu menyiapkan waktu yang tepat supaya saat berada diatasnya tidak mengkhawatirkan kondisi tubuh kamu. Benteng Marlborough sangat dekat sekali dengan pantai Jakat dan pantai Tapak Padri, dan dari atas benteng ini bisa terlihat keindahan pantai Jakat dan pantai Tapak Padri. Disiang hari suhu udara diatas benteng ini, panasnya sangat menyengat ditambah udara air laut yang turut berpengaruh buat menghitamkan kulit. Maka sangat disarankan bagi pembaca yang mau berkunjung untuk menyiapkan waktu di pagi hari atau sore hari.


Menaiki anak tangga menuju atas benteng karena dari atas benteng inilah bisa melihat Pantai Tapak Padri dan pantai Jakat yang tidak berjauhan dari benteng, hanya belok sedikit menuju Pantai Tapak Padri maka akan bertemu Fort Marlborouh



Berdiri dipuncak Benteng sangat menyenangkan. Dengan mengarah ke arah utara maka akan terlihat dengan jelas parit-parit yang tetap dibiarkan ditumbuhi dengan rumput jepang seperti relief yang menjorok ke laut. Dan bila  berjalan kearah selatan maka akan terlihat kota Bengkulu dengan kepadatan rumah penduduk yang mengisyaratkan bahwa Benteng Marlborouh sebagai pusat kota Bengkulu.



Diatas benteng ini merupakan salah stu tempat yang layak dijadikan sebagai tempat berekreasi. Selain luas, dari sini bisa sekaligus menikmati kota Bengkulu dan pantainya yang lepas. Untuk menjangkaunya sangatlah mudah. Tepat berada di Pusat kota Bengkulu, sangat mudah dijangkau. Menurut penduduk setempat, bahkan kami yang sudah berkeliling merasakan, propinsi Bengkulu adalah kota kecil. Kendati demikian, saat berada disana, alhasil kamipun sempat mengalami tersasar. Hampir disetiap persimpangan terdapat tugu yang bentuknya hampir-hampir mirip, pilih belok kiri,  kanan atau lurus, itu yang membuat kami bingung. Akhirnya kamipun dapat istilah disini, nyasar" di depan rumah sendiri, hehehe" (pengalaman yang sangat menggelitik)

Untuk sampai Disana, jika kamu yang berasal dari luar propinsi, bisa memilih moda transportasi darat atau udara. Bandar Udara Fatmawati Soekarno ke Benteng Marlborough hanya berjarak 16 km atau jarak tempuhnya hanya berkisar 30 menit. Jadi sangat mudah dijangkau. Transportasi Ojol juga sudah ada disana meski masih belum berani terang-terangan. Kami penasaran, ketika pesan ojek online, tidak ada satupun yang menggunakan seragam ojol. Saat saya bertanya, kenapa tidak menggunakannya? Mereka jawab, bahwa angkutan konvensional melarang mereka untuk beroperasi. Wokeh pak, antar saya ketempat titik tujuan saya....

Sudah panjang lebar saya menjelaskan benteng Marlborough ini, alasannya karena ditempat inilah kami memulai perjalanan selanjutnya. Memang tempat ini terasa spesial dihati kami, kalau yang spesial itu  feelnya dapat dan tanpa susah payah menjelaskan.


2. Pantai Tapak Paderi dan Pantai Jakat


Pantai Jakat

Pantai Tapak Paderi berada sebelah Timur benteng Marborough, Tempat ini dikenal dengan nama Bencoleen. Saat menjaleang sore dan hari libur tempat ini ramai diburu pengunjung yang mau menghabiskan waktu luangnya sengaja untuk nongkrong atau menikmati sore hari karena memang tempat ini cocok untuk dijadikan sebagai tempat tongkrongan atau sekedar mandi-mandi dipinggir pantai.

Disekitar pinggir pantai telah tersedia perlengkapan berenang seperti ban dan pakaian untuk renang yang siap disewa. Untuk sewa satu buah ban misalnya di tarif Rp. 15.000,- jika kita menggunakan fasilitas lain yaitu kursi meja yang disediakan, anda akan di kenakan biaya lagi Rp. 15.000,- lumayan mahal.

Yang pertama, Pantai Jakat memang diperuntukkan untuk tempat rekreasi karena memang aman untuk bermain dan berenang untuk anak-anak dan tentu tetap dalam pengawasan orang dewasa. Walaupun ombaknya terbilang mulus, tetapi tetap perlu diwaspadai jangan sampai terjadi hal yang tidak diinginkan.

Yang kedua, tempat ini aman karena tidak ada karang yang akan melukai diri kita saat asyik bermain disana. Namun sedikit berbeda dengan pantai Paderi. Dari pantauan kami, pantai ini sepi dari pengunjung dibanding dengan pantai Jakat. Walaupun jaraknya hanya beberapa meter saja, karena dapat jelas terlihat dari pantai Jakat. Kami menelusuri dengan berjalan kaki, karena jaraknya hanya mungkin berkisar 200 meter kearah utara. Ombaknya sedikit menggoda dengan pantai Jakat, dan memang kurang aman untuk bermain. Disana terlihat beberapa perahu nelayan yang sedang bersandar. Dugaan kami tempat ini difungsikan untuk para nelayan bongkar muat.



3. Pantai Taman Berkas

Taman pantai Berkas

Pantai Berkas adalah pantai yang terakhir dalam kunjungan saya kali ini. Bukan karena pantainya yang kurang bagus, tapi karena saya baru tahu bahwa pantai itu ada setelah melewati perjalanan mengelilingi sepanjang pantai panjang dan akhirnya terlihatlah pantai ini. Namanya pantai taman Berkas, yang pada dasarnya disekitar pantai tersebut terdapat taman untuk tempat bermain dan beristirahat. Ada beberapa arena tempat anak bermain dan sepeda untuk bersepeda. Taman berkas tempatnya terpisah dari pantai, karena berseberangan dengan pantai berkas. Tempat ini ditumbuhi tanaman sejenis Pinus nan asri yang bisa meneduhkan dari teriknya sinar matahari dan hembusan angin pantai.

Tempat ini sebenarnya aman untuk anak-anak, karena memang tersedia rekreasi anak-anak. Jadi, bagi ibu yang mau menghabiskan waktu bagi anak-anak namun mengkhawatirkan keselamatan anak-anak anda, tempat ini cocok untuk pilihan anda.


4. Pantai panjang.


Sudah 3 kali saya berkunjung ke pantai ini. Bagi saya pantai ini begitu istimewa. Salah satu alasannya yaitu karena tempat inilah salah satu destinasi wisata di Bengkulu yang pertama kali kaki saya berjejak di tahun 2013 silam. Meskipun baru kali ini saya menuliskannya, karena ini kesempatan yang baik untuk merangkum semua tempat wisata yang ada di Bengkulu.

Pantai panjang, tempat dimana bisa menyaksikan indahnya sunset (matahari terbenam) dan menjadi tempat Balada cinta pencari Sunset di bawah langit Samudera Indonesia. Menurut keterangan pengunjung yang pernah datang kesana mengatakan bahwa tidak semua pengunjung yang pernah datang kesana bisa menyaksikan sunset tersebut. Terbukti, selama dua Minggu berada disana, tidak sekalipun saya menyaksikan sunset, karena selama dua Minggu tersebut langit Bengkulu selalu terlihat mendung, jadi sama sekali tidak terlihat.



Sudah tahu kan gambaran destinasi wisata Bengkulu? Bagi kamu yang ingin berkunjung, tempat-tempat yang sudah saya sebutkan diatas bisa menjadi referensi perjalanan kamu kali ini. Jika kamu penasaran tempat mana lagi yang akan saya kunjungi selanjutnya, nantikan kami ya diperjalanan berikutnya. Sampai jumpa.





Tempat Wisata Terkenal di provinsi Bengkulu yang wajib kamu kunjungi Tempat Wisata Terkenal di provinsi Bengkulu yang wajib kamu kunjungi Reviewed by Risda Nababan on January 23, 2019 Rating: 5

Makanan Khas Bangka Belitung Yang enak dan sedap sebagai Oleh-oleh Wisata kuliner

September 28, 2018





Ada banyak jenis makanan khas Bangka Belitung yang mengoyangkan lidah. Makanan itu pada umumnya terbuat dari bahan dasar ikan yang diolah menjadi makanan khas Bangka Belitung yang lezat. Selain dapat nikmatnya dapat pula manfaatnya karena mengandung omega 3 dan vitamin yang baik untuk kesehatan.


Setiap kali berkunjung,  hal yang tidak mungkin terlupakan selain tempat-tempat wisata Bangka Belitung yang menarik juga makanan khasnya. Karena Bangka Belitung sediri adalah daerah kelautan yang menghasilkan banyak hasil laut sehingga menjadi keuntungan bagi daerahnya dengan menciptakan makanan yang khas pula. Seperti namanya makanan khas, khas pula makanannya dilidah.


Tempat penjualan makanan khas Bangka Belitung tersebar dibanyak tempat jadi sangat mudah menemukan makanan khas yang dicari. Yunna snack salah satu tempat biasa berburu oleh-oleh. Tempatnya lumayan jauh karena memang berada diperkampungan penduduk. Soal kualitas tak usah diragukan. Saya memang belum pernah tanya apakah dari tempat ini asalnya makanan khas yang tersebar ditoko-toko khusus penjual oleh-oleh khas Bangka atau bukan. Tempat ini adalah tempat pembuatan oleh-oleh yang biasa dibawa atau dikirim keluar kota. Meskipun lokasi berada diperkampungan, tetap saja toko ini ramai diburu oleh pecinta oleh-oleh khas Bangka, termasuk kami.


Apa saja macam-macam khas makanan Bangka?

Kategori oleh-oleh untuk dibawa.


Tidak afdol rasanya jika berkunjung ke pulau Bangka tanpa membawa sesuatu sebagai buah tangan. Oleh karena itu berapapun harga oleh-oleh pasti dibeli. Pokoknya mampu aja beli berapapun harganya, tak peduli dolar naik atau situasi kondisinya belum gajian.  Itu sesuatu harga mati yang tidak bisa tidak,...harus.

Nah, yang ingin mencicipi oleh-oleh Bangka Belitung cekidot langsung kepusat oleh-oleh nya :


1. Getas.




Getas merupakan perpaduan dari tepung terigu dan ikan yang dibuat dengan bentuk bulat ataupun lonjong. Rasanya enak dan gurih, karena rasa yang dihasilkan dari ikan tenggiri. Getas Bangka merupakan termasuk dalam golongan kerupuk yang cocok dinikmati kapanpun. Bisa juga untuk mememani makan anda agar lebih nikmat. Untuk harga bevariasi, mulai dari 15.000 - 35.000 per 250 gram. Tergantung kualitas getasnya.  


2. Kritcu. 




Bentuknya mirip stick keju yang beredar dipasaran. Bedanya ada pada rasa. Kritcu terbuat dari Bahan ikan dan tepung jadi saat mendarat dimulut ikannya terasa dilidah. Hargapun maaih terjangkau dengan isi dompet, berkisar 25.000 -40.0000 per 280gr atau sesuai dengan kualitas Kritcu.



3. Kemplang.






Ada beraneka ragam rasa yang dihasilkan kerupuk kemplang Bangka. Ada kemplang rasa ikan tenggiri, kemplang cumi, kempang udang. Semuanya enak-enak. Ada yang digoreng ada yang dipanggang.  Yang dipanggang cocok buat kamu yang tidak suka diolah dengan minyak atau yang diet ketat. Harga sesuai dengan jenis dan kualitas kemplangnya. Kemplang cumi dan udang sedikit lebih mahal dibanding dengan kemplang tenggiri. Harga dimulai dari 12.000 - 40.000 per 250 gram.



4. Piang nanas.





Selainya yang tebal maknyos pecah dimulut. Melihat piangnya nanasnya saja rasanya ingin makan karena rasanya enak. Rasanya mirip-mirip dengan kue nastar. Walaupun bentuknya mirip pia dengan isi nanas, bedanya piang nanas kulitnya tidak berlapis. 



5. Rintak.




Terbuat dari tepung tapioka, gula dan santan serta campuran bahan lainnya, rasanya manis, enak dan cocok dijadikan sebagai cemilan ditemani teh saat sendirian ataupun saat berkumpul dengan keluarga. Penganan yang berbentuk bunga ini merupakan oleh-oleh yang harus kamu coba bila kamu bekunjung ke Bangka Belitung.




6. Rusip Bangka.





Rusip merupakan olahan permentasi dari ikan bilis yang pas disantap dengan nasi. Bagi wisatawan yang berkunjung atau berwisata ke Bangka, Rusip menjadi incaran baik dijadikan oleh-oleh ataupun untuk dinikmati disaat makan. Saya sebenarnya belum pernah mencicipi, tapi ketika makan bersama teman, bilangnya enak banget. Dan teman yang sama-sama keBangka sangat antusias buat bawa rusip pulang buat keluarga besarnya.




  7. Terasi Bangka



Terasi terbuat dari udang perairan Bangka yang disukai oleh hampir sebangian besar penduduk Indonesia. Aroma udang yang sangat kental pada terasi ini cocok dijadikan sebagai pelengkap masakan. Untuk tumis cah kangkung, bisa, untuk pelengkap sambal juga oke. Dari harga cukup terjangkau meskipun kualitas super atau premium. Untuk ukuran 1/4 Kg harga dibandrol sekitar 20 ribuan, termasuk murah kan?. Meskipun terasi merupakan pelengkap makanan, tidak ada salah jika memborong untuk dijadikan oleh-oleh buat dibagikan kepada para tetangga dan keluarga besar sobat.


Note : Terasi ini rasanya asin ya sobat, jadi kalau untuk masak, sebelum membubuhkan garam, cicipi terlebih dahulu masakan sobat.


8. Cacing laut.





Cacing laut berasal dari laut bangka-belitung yang sudah dikeringkan lalu digoreng. Sekilas dengan nama cacing, yang terlintas dipikiran adalah cacing yang biasa ditemukan ditanah gembur. Tetapi ini beda jauh, makanan ini ini berasal dari laut Bangka sobat, maka coba lupakan tentang cacing tanah yang menggeliat itu. Cacing laut ini rasanya krenyes, enak dengan kriuk-kriuk. Harganya? lumayan..

lumayan mahal maksudnya hehehe... Untuk satu bungkus  mungkin ukurannya ±100 gr harganya 80an ribu. Cukup mahal untuk ukuran dompet.


Adalagi untuk kategori makanan, Di Bangka Belitung makanannya enak-enak loh, jadi kalau sobat selagi berkunjung kesana, pokoknya wajib berburu makanan khas Bangka Belitung. Bukan saja buat oleh-oleh wisata untuk dibawa pulang tetapi juga untuk makanan pengenyang perut saat berada di Bangka Belitung seperti makanan-makanan khas dibawah ini.

9. Ikan lempah kuning.




Masakan ikan lempah kuning mirip ikan pindang masakan khas Palembang, semua menggunakan rempah-rempah seperti: kunyit, serai, bawang. Untuk memberi kesegaran pada masakan ada yang menambahkan nanas atau daun kemangi. Ikan yang digunakan adalah ikan yang berasal dari perairan Bangka atau yang biasa disebut dengan ikan lempah dimasak kuning, sedangkan Pindang menggunakan ikan patin atau baung.



10. Otak-otak Ikan.





Otak-otak merupakan primadona makanan khas Bangka Belitung yang terbuat dari ikan terbungkus dengan daun pisang lalu dibakar diatas arang. Bagi sobat yang tertarik dengan makanan seafood, sobat bisa mencari makanan yang tidak berbungkus seperti pempek, karena pempek Bangka berbeda dengan pempek Palembang meskipun bahannya sama-sama terbuat dari ikan. Bangka-Belitung kaya sumber daya laut termasuk ikan maka tak ada salahnya berkuliner mencari otak-otak yang paling enak di Bangka belitung. Makanan bisa dimakan langsung atau dengan sensasi cocolan sambal khas bangka atau saus sambal terasi atau cuka terasi.




11. Sambalingkung.




Sambalingkung berasal dari kepualuan Belitung yang terbuat dari ikan tenggiri dan bentuknya hampir sama dengan abon sapi yang sering kita kenal, hanya saja serat sambalingkung atau abon ikan tenggiri ini teksturnya lebih kasar dari abon sapi yang menyerupai parutan kelapa gongseng. Rasanya manis, gurih dan sedikit asin dan ada juga rasa pedas. Sayangnya, harganya masih tergolong mahal meskipun membeli langsung ditempat ia berasal. Tetapi bagi yang merasa penasaran dengan rasa abon sambalingkung tak ada salahnya untuk mencoba.




12. Pantiau





Pantiau adalah makanan yang  berasal dari Bangka Belitung yang berbahan dasar tepung beras. Bentuk mienya mirip dengan kwetiau, yang berbeda hanya dalam penyajiannya. Pantiau disajikan dengan topping ikan diatasnya sedangkan kwetiau terdiri dari campuran daging dan udang dan juga sayuran.




13. Lempok cempedak. 




Lempok atau dodol cempedak khas Bangka Belitung dibuat dari buah murni daging cempedak dengan campuran gula pasir.  Diolah dengan cukup lama,  karena  namanya dodol diolah dengan waktu yang cukup lama sampai kekentalannya mirip selai. Rasanya dijamin enak dan cocok dijadikan oleh-oleh buat keluarga dan teman-teman.


Kalau kamu ingin mencicipi dan memuaskan lidah kamu langsung aja kunjungi Bangka Belitung - Indonesia. 


Makanan Khas Bangka Belitung Yang enak dan sedap sebagai Oleh-oleh Wisata kuliner Makanan Khas Bangka Belitung Yang enak dan sedap sebagai Oleh-oleh Wisata kuliner Reviewed by Risda Nababan on September 28, 2018 Rating: 5

Jejak Perjalanan Wisata Pantai Terindah di Sungailiat ~ Pantai Tikus Bangka Belitung

September 14, 2018
Wisata terbaik di Indonesia
Pantai Tikus Lama

Tempat wisata dipulau Bangka belitung
- Pulau bangka yang terletak di pesisir selatan ujung pulau sumatera, tepatnya sumatera selatan, adalah salah satu destinasi tujuan wisata rekomendasi bagi wisatawan. Lokasi dapat ditempuh lewat perjalanan laut dan udara sehingga memudahkan pengunjung mencapai tempat-tempat  wisata Bangka Belitung.

Bicara Pulau Bangka pasti yang muncul dipikiran kebanyakan orang adalah pulau penghasil timah serta suguhan pesona laut yang luas, eksotis dengan pasir putih.


Pulau Bangka, terkenal dengan hasil timah yang melimpah sebagai komoditi terbesar masyarakat lokal. Kekayaan alam ini dimanfaatkan sebagai penghasilan utama penduduk dan dengan alasan  itu pula masyarakat Bangka Belitung terbilang masyarakat sejahtera. Terbukti bahwa untuk tingkat kejahatan sangat kecil sekali dibanding kota lainnya di sumatera bahkan dikota-kota lain diluar pula Sumatera.

Saya sempatkan bertanya kepada masyarakat setempat mengenai kondisi penduduk sekitar Bangka Belitung, mereka berkata bahwa Bangka adalah wilayah yang aman dari kejahatan. Saya juga merasakan hal yang sama ketika berkunjung kesana. Ya, sesekali pembaca juga harus menyempatkan diri untuk berkunjung ke Pulau Bangka ini. Kotanya yang tenang dan bersahabat dari kebisingan dan kejahatan.

Penduduk lokal sangat menghargai perbedaan, kerukunan begitu terjaga meski beragam suku, ras, dan agama yang mendiami. Mesjid, pura, gereja berdiri dengan gagah, meski disepanjang perjalanan banyak dijumpai kelenteng ukuran kecil karena didominasi oleh orang Tionghoa, tetapi mereka tidak saling mengusik.


Beberapa Tempat yang saya kunjungi, sangat berkesan dan menyenangkan. Bahkan Pulau Bangka - Belitung layak disebutkan sebagai Taman surga/ kepingan surganya Sumatera karena banyaknya dan indahnya pantai disana. Pantai tersebar diseluruh penjuru pulau dengan pesona yang berbeda-beda. Tidak puas dengan satu pantai, karena apabila berada dipantai yang satu, keinginan karena rasa penasaran mengunjungi pantai lain juga. Selain daya tariknya yang berbeda, pantai ini dibuat fungsi yang berbeda pula

Berikut beberapa penjelasan sekaligus nama-nama pantai yang sempat saya kunjungi yang bisa jadi rekomendasi apabila pembaca sengaja ingin berlibur dan memilih suasana pantai yang bersih dengan pasih putih.

1. Pantai pasir Padi.

Pantai Pasir Padi

Pantai ini terdapat disekitar dan dekat dengan kota Pangkal Pinang sebagai ibukota kepulauan Bangka Belitung. Mudah ditempuh dengan menggunakan kendaraan darat. Jika terbiasa dengan rutinitas dan ingin menyegarkan pikiran setelah seharian bergumul dengan kertas atau aktivitas lain, maka pantai Pasir Padi cocok untuk anda kunjungi.


2. Pantai Pukan.

Pantai Pukan

Pantai Pukan masih berada disekitaran kota Pangkal Pinang. Dari penuturan warga yang kebetulan membawa kami dalam plisiran kali ini, sepertinya tempat ini salah satu tujuan rekreasi keluarga karena selain pantai, jembatan Emas yang merupakan ikon wisata menjadi incaran berwisata atau sekedar menghabiskan waktu. Pantai ini menarik karena di area pantai ini berdiri megah sebuah jembatan besar dengan nama "jembatan emas/ Gold bridge" dan yang menariknya Jembatan Emas ini tidak difungsikan tiap saat. Ada pengaturan jadwal buka tutup.


3. Pantai Koala.

Pantai Koala















Rimbunnya pohon yang tumbuh di sekitar pantai, membuat pemandangan terasa adem, tenang dan damai. Ombaknya yang tenang membuat pengunjung tidak merasa ketakukan saat bermain - mengekspresikan kebahagiaan dikejaran ombak-ombak kecil. Viewnya tetap keren meskipun belum disulap sebagai pusat destinasi liburan, dan justru dengan keasrian dan keasliannya pantai ini menjadi tempat yang unik dengan view alami.

Namun saya sedikit kecewa, karena masih kurangnya kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan. Sampah menjadi pemandangan yang buruk ditepi pantai sehingga mengurangi keindahan pantai Koala. Masyarakat harusnya sudah tahu apa dampak membuang sampah dengan sembarangan. Selain merusak ekosistem  juga membuat pemandangan yang tadinya asri menjadi buruk. Ini bukan hanya berlaku di area sekitar pantai, bahkan dimana pun berada. Jangan karena orang lain buang sampah sembrangan, lalu dengan pesimis anda berlaku seperti orang lain juga ikut-ikutan buang sampah sembarangan. 


4. Pantai Tikus (lame)

traveling wisata alam sungailiat


wisata menakjubkan, pantai terbaik


Turun dari jalan raya, saya melihat pantai ini. Disemua sisi pantai ini keren dan menakjubkan, paling keren dari semua pantai yang pernah saya kunjungi. Pesonanya sangat melekat dihati saya, mungkin juga pembaca akan sepaham dengan saya yang menyukai keindahan alam. Saya berlari kesana kemari untuk mengambil gambar dan video, karena ini pemandangan yang menurutku patut diabadikan karena sangat mengena dan menakjubkan dihati saya. Dari mana saja saya mengarahkan lensa kamera, pantai ini terlihat keren sekali dengan lautnya yang membiru mendefinisikan Indonesia yang sesungguhnya. Batu-batunya, pasirnya, pohonnya, ombaknya... saling tersenyum  membuat pantai Bangka benar-benar sebagai taman dan kepingan surga.


5. Pantai Tongaci.

Pantai Tongaci

Untuk masuk kelokasi pantai Tongaci, pengunjung harus membayar tiket masuk seharga Rp. 5.000,- (lima ribu rupiah) per kepala. Harga itu standard mengingat dengan banyaknya wisata yang disuguhkan bagi pengunjung yang datang kesana. Selain wisata pantai, ada pula wisata edukasi yang cocok bagi anda yang tidak sekedar suka berwisata, tetapi yang butuh menambah wawasan yang luas, karena memang Pantai Tongaci diperuntukkan untuk wisata keluarga dan edukasi.

Apa saja yang ada dipantai Tongaci?

Pantai Tongaci disuguhkan berbagai permainan pantai dan juga wisata edukasi, diantaranya:
- Museum
- Penangkaran penyu
- Patung Tikus Emas
- Tempat nongkrong berbayar yang disediakan bagi pengunjung.
- Permainan pantai



6. Pantai Penyusuk



Pantai yang letaknya di kecamatan Belinyu, berjarak 83,3 Km dari kabupaten pangkal Pinang dengan jarak tempuh sekitar dua jam perjalanan. Sebelum memasuki area pantai penyusuk ini, ada dua buah batu besar yang berdiri kokoh disisi kiri dan kanan jalan. Kedua batu besar tersebut seolah menjadi pintu gerbang masuk ke pantai. 

7. Pantai Romodong

Pantai Romodong













Pantai Romodong tidak jauh dari dari pantai Penyusuk, disekitar pantai terdapat batu-batuan besar sama seperti kebanyakan pantai Bangka lainnya, dan dari yang saya pernah berkunjung kesana, ombaknya pun juga lumayan besar saling bersahut-sahutan menghempas bebatuan karang dipinggir pantai, pantainya luas dan batu karangnya yang kokoh membuat kita tertantang untuk berbuat sesuatu, seolah membangkitkan adrenalin. 

8. Puri Tri Agung

Puri Tri Agung

Puri Tri Agung, adalah tempat persembahyangan bagi agama Budha. Tempatnya tepat berada di perbukitan sebelah kiri pantai emas sehingga saat berada diantara puri ini kita bisa melihat kesisi kiri deretan perbukitan dan saat menoleh  kebagian sisi kanan dan depan terbentang laut Bangka dengan pantai Tikus yang mempesona.

Apabila kamu tertarik untuk berkunjung dan berwisata ke Bangka Belitung jangan lupa mengunjungi tempat-tempat yang saya sudah sebutkan diatas. Karena untuk mengunjungi pantai-pantai Bangka Belitung, butuh berhari-hari karena banyaknya tempat-tempat menarik yang harus dikunjungi.

Selain pantai diatas masih banyak pantai lain yang harus selesai untuk saya kunjungi, berhubung plisiran kali ini waktunya sangat terbatas jadi saya harus siapkan waktu dan pundi-pundi lagi supaya lebih banyak lagi yang akan saya share disini, misalnya:

9. Pantai Tanjung Pesona

10. Pantai Laskar Pelangi pulau Belitung

12.Dan pantai lainnya


Semoga kedepan ada kesempatan untuk mengunjungi pantai lain, sehingga dapat melanjutkan dan menuliskannya diblog kita kesukaan ini.
Pantai Tikus
museum tongaci

pantai Tikus


Jejak Perjalanan Wisata Pantai Terindah di Sungailiat ~ Pantai Tikus Bangka Belitung Jejak Perjalanan Wisata Pantai Terindah di Sungailiat ~ Pantai Tikus Bangka Belitung Reviewed by Risda Nababan on September 14, 2018 Rating: 5
Powered by Blogger.