Cara Menumbuhkan Rasa Hormat kepada Orang Tua.

Cara menghormati orang tua

Seberapa sering Anda memberi kebahagiaan dan rasa hormat kepada orang tua? Kebahagiaan bukan melulu tentang uang lho ya. Ada banyak hal yang bisa membuat orang tua bahagia karena merasa dihormati. Misalnya melakukan hal-hal yang kecil. Jangan tunggu bisa berbuat banyak baru terpikir untuk buat mereka bahagia. Tindakan tindakan kecil yang sering kita abaikan ternyata jika kita terapkan itu bisa menjadi rupa atau bentuk  apresiasi kita untuk menumbuhkan kebahagiaan mereka.


1*. Kunjungan mereka setiap akhir pekan.

Orang tua juga tahu bahwa anda sibuk. Orang tua mana yang tidak memahami kondisi anaknya? Orang tua juga paham apa yang anda lakukan. Makanya tidak banyak orang tua yang menuntut pada anaknya. Paling kalau si anak jarang datang, orang tua pasti nanyain, kenapa jarang datang nengokin ibu atau bapak?


Jangan karena kita tahu orang tua kita besar pengertian jadi kita jarang mengunjungi, Jarang ingat. Orang tua ngerti kok. Sampai kapan? Kita harus sadar sebagai anak, memenuhi tanggungjawab sebagai anak untuk membahagiakan mereka. Orang tua sudah sangat senang anda datang dengan cucu-cucunya.
Kecuali kalau orang tua jauh, apa boleh buat ya kan. Ditambah lagi kalau kondisi ekonomi kurang baik, mungkin akan pulang pada saat hari besar saja. Tapi kalau tempatnya berdekatan, ya kalau tidak bisa tiap hari, sekali seminggu.


2*. Telepon mereka dan sapa orang tua dengan kalimat yang menyejukkan.

Cuma tanya kabar orang tua saja itu sudah membuat hati mereka merasa dihargai. Kalau banyak waktu luang, sesekali ajak bercerita. Orang tua mencari anaknya kadang hanya untuk mendengarkan cerita anda dan cucunya. Itu sudah membuat mereka tidur nyenyak. Jangan pula telepon orang tuamu hanya untuk mendengarkan cerita anda walaupun orang tua senang - senang saja dengan cerita anda. Sesekali, dengarkan juga dia. Berikan waktu untuk orang tua menyampaikan uneg-unegnya barangkali orang tua sedang memendam sesuatu yang membuat hatinya sedih. Dan setelah diceritakan, hatinya lega dan plong. Jadilah pendengar yang baik bagi orang tuamu.


Jangan telepon orang tua anda jika hanya untuk mengungkapkan kejengkelan dan kekesalan anda. Berapa banyak orang tua menangis hanya karena ocehan anak yang menjengkelkan malah tanpa rasa bersalah marah-marah dan bentak-bentak orang tuanya. Orang tua bukan tong sampah tempat membuang segala amarah dan kekesalan anda. Jika tujuan anda menelpon orang tua hanya untuk menyakiti, buat mereka menangis lebih baik tidak usah. Ajak dulu berdamai dengan diri anda sendiri. Barulah telpon dan sampaikan permintaan maaf anda.


3*. Belikan sesuatu untuk orang tua anda berupa parsel atau barang tertentu sebagai bentuk kepedulian.

Masak anda lebih care kepada rekan bisnis, teman, sahabat anda yang ketemu selagi anda berada dipuncak keberhasilan dan hanya karena ada kepentingan bisnis ketimbang orang tua yang merawat dan membesarkan anda sehingga menjadi manusia? Ayo... lebih berarti mana, orangyang membuatmu menjadi manusia atau sekedar membantumu untuk berhasil. Harga pemberian anda memang tidak seberapa, tetapi itu sudah membuat umurnya bertambah panjang dan bahagia.


4*. Kirimkan sesuatu buat orang tua anda.

Kita tidak bisa membalas kebaikan orang tua kita. Air susu yang anda minum pun tidak bisa anda kembalikan dengan nilai uang. Kalau kita memberikan bukan sebagai balas jasa. Tidak akan terbalas. Dan orang tua pun tidak pernah menginginkan uang kita kecuali mereka butuh dan tidak bisa lagi menafkahi mereka sendiri. Disini kita sebagai anak seharusnya sedih melihat orang tua yang telah membesar kita tanpa lelah. Begitu sudah tua, saat mereka tidak berdaya lagi siapa yang akan memperhatikan mereka kalau bukan anaknya.



Kebahagiaan mereka kita abaikan ketika semua berjalan baik. Coba, ketika masalah datang yang pertama anda cari adalah orang tua. Betapa sedihnya hati orang tua, anaknya datang kepadanya saat anaknya bermasalah. Disaat senang, lupa.
Orang tua memang tidak selalu ngomong perasaanya kepada anaknya. Pasti takut menyakiti anaknya.


Kan aneh, orang tua yang lebih menjaga perasaan anaknya ketimbang anak yang menjaga perasaan orang tuanya. Coba bayangkan, dimana upah orang tua yang dengan susah payah dan bahkan hampir mati demi anaknya. Di lain pihak, anak tidak pernah menjaga perasaan orang tuanya. Anak buru-buru mencari orang tua saat mereka butuh saja. Berapa banyak yang seperti itu? Banyak sekali.


Sudah sangat beruntung anda sebagai anak. Tanpa susah payah anda bisa sekolah setinggi-tingginya. Anda hanya dibiarkan untuk melanjutkan hidup dengan bekal yang sangat mapan. Bahkan ada, sampai kerja pun masih atas campur tangan orang tua. Bayangin anda tidak ngapa-ngapain semua di urus sama orang tua. Begitu orang tua sudah tidak berdaya adakah anak rela menampung orang tua dirumahnya?
Ngeri sekali ya orang tua?
Panti jompo banyak dihuni para orang tua yang dulunya mapan dan sudah memberangkatkan anak-anaknya sukses mencapai mimpinya. Setelah tua mereka terbuang oleh anak yang egois.


Sampai kapanpun pengalaman orang tua yang kurang diperhatikan anak-anak tetap ada. Bahkan banyak. Makanya sebagai anak seharusnya berpikir bagaimana harus bertanggung jawab kepada orang tua kelak sudah tidak sehat dan kuat seperti dulu. Untuk membantu para orang tua yang yang malang itu, Saya menggali apa saja cara menumbuhkan rasa hormat pada orang tua.


1. Tanamkan dibenak anda, tanpa orang tua anda tidak pernah ada di dunia ini.

Ini dulu yang harus anda bangun dihati dan pikiran anda. Orang tua anda telah dipilih sebagai tempat anda berasal. Tidak perlu berandai-andai tentang siapa yang akan melahirkan dan membesarkan anda. Tuhan tidak pernah salah pilih. Intinya anda keluar dari rahim ibumu dari benih bapakmu. Itulah asalmu. Terlepas dengan siapa anda hidup setelah dilahirkan, itu adalah rahasia Tuhan yang tidak dapat diganggu gugat. Kelak suatu waktu jika jalan hidupmu berlawanan dengan keadaan tetap bahwa orang tua tetaplah orang tua. Apalagi yang dari orok sampai tua anda tetap berada ditangan orang tuamu.



2. Taati hukum yang mengajarkan tentang menghormati orang tua.

Tahukah anda? Orang lebih suka membicarakan hukum dari pada melaksanakan hukum itu sendiri. Saya tidak tahu siapa anda sebagai pembaca disini. Tetapi hukum selalu bicara universal. Siapapun yang memiliki hukum baik yang tersirat maupun yang tersurat harus tunduk kepada hukum itu. Ada baiknya manusia punya hukum didalam hatinya sebagai alarm untuk mengingatkan bahwa anda tunduk kepada hukum tersebut. Dan salah satu hukum tersebut bahwa manusia harus saling mencintai terutama yang berhubungan keluarga, termasuk, bahwa bagaimanapun orang tua harus dihormati dan dikasihi.


Orang lain pun yang tidak ada hubungan sama sekali dengan kita Wajib kita kasihi. Padahal mereka tidak pernah memberi dan berbuat apa-apa malah bikin susah. Tetapi tetap kita kasihi. Nah, orang tua kita yang sudah berperan bagi keberadaan kita dari yang tidak ada menjadi ada. Bukankah kita akan lebih lagi memberikan penghormatan kepada mereka yang dengan cinta membuat kita jadi ada?




3. Lihat orang tua sebagai orang yang pertama dan seumur hidupnya mencintai dan mengasihi kita.

Mungkin ada yang tidak merasakan kasih sayang orang tua dari kecil sampai dewasa.
Oke,,,,, untuk anda yang mengalami pengalaman naas itu, anda bisa kembali ke poin nomor 1 dan 2.


Ada tuh lagunya: Kasih ibu kepada Beta tak terhingga sepanjang masa. Hanya memberi tak akan kembali. Bagaikan Surya menyinari dunia.

Bayangkan seumur hidup orang tua tidak penah henti dan tidak pernah lelah menyayangi anaknya. Bagaimana anda bisa tidak menyayangi orang yang telah menyayangi anda dengan seluruh cintanya? Tidak ada yang tersisa. Semua diberikan pada anda. Barangkali para anak yang sudah menjadi orang tua, tahu bagaimana anda menyayangi anak-anak  anda. Tentu tidak dengan separuh jiwa kan?



4. Camkan, bahwa anda pun kelak akan menjadi orang tua dan menjadi Tua.

Apa ada manusia yang tetap muda dan tidak akan mengalami masa tua? Kalau anda dikasih Tuhan umur panjang, suatu saat penuaan itu pasti terjadi. Anda tidak bisa menolak takdir menjadi tua. Itu kodrat manusia dan alam. Kecuali umur anda dikasih pendek. Apa boleh buat, saya yakin anda tidak akan pernah menjadi orang tua apalagi tua.


Hampir semua manusia menginginkan umurnya panjang. Berarti pasti tua dong. Iya, pasti tua. Kan di dunia ini hukumnya tahu kan? Tidak ada yang abadi. Dan tahu hukum tabur tuai kan? Apa yang di tabur itu yang di tuai.
Kalau demikian anda harus menabur yang baik bagi orang tua supaya kelak anda pun tua, anda menuai apa yang anda sudah tabur. Saya pikir hidup ini karena memiliki siklus ibarat sebuah mata rantai. Tidak putus. Hukum tabur tuai pun demikian. Makanya harus rajin-rajin perhatiin orang tua. Penuhi segala kebutuhan mereka. Senangkan mereka. Karena kalau anda punya anak, anda berharap apa yang anda dapatkan dari anak, ya perlakukan yang baik-baik. Apa bedanya dengan anda kepada orang tua anda? Itulah mutar-mutar.



5. Jati diri anda berasal dari orang tua. Identitas anda berasal dari orang tua.

Anda tahu silsilah? Silsilah adalah daftar garis keturunan kita. Nama besar kita berasal dari nama besar orang tua kita. Tidak heran, nama besar orang tua sering dipakai untuk mempermudah dan mengangkat derajat. Sebenarnya apa yang kita banggakan? Kita pasti bangga memiliki garis keturunan yang jelas, besar apalagi terhormat. Kita membawa gen/ DNA orang tua didalam tubuh ini. Yang turut menjadi pertimbangan dalam banyak hal entah jadi apa dan menjadi siapa.


Misalkan untuk saya pribadi, Nama besar bapak saya yang menempel dibelakang nama saya turut mempengaruhi kehidupan saya lho. Percaya diri semakin bertambah dengan kita membawa nama besar keluarga. Jangan dikira, kalau anda berada pada posisi yang tinggi karena anda berhasil berdiri sendiri. Ada genetik orang tuamu yang turut membesarkan nama anda. Ada jati diri dan identitas orang tua anda yang ikut serta membesarkan nama anda. So, apakah anda masih tidak menghormati orang tua anda? Ketika anda berhasil?



Kalau anda tidak bisa melakukan itu pada orang tua anda, anda benar-benar keterlaluan. Jangan-jangan ada otak anda yang mingsil atau membelot. Sepertinya perlu dibawa ke bengkel ketok magic untuk perbaikan. Mungkin setelah diketok bisa bergeser dan kembali menjadi baik dan normal.





Cara Menumbuhkan Rasa Hormat kepada Orang Tua. Cara Menumbuhkan Rasa Hormat kepada Orang Tua. Reviewed by Risda Nababan on November 15, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.