Bahaya Sifat Iri Hati. Tips Dan Trik Cara Menghindari Serta Menyembuhkan Penyakit Akut Iri Hati.

cara mengatasi iri hati
Iri hati hanya untuk merusak dan menghancurkan anda.

Tips Dan Trik Menghindari Sakit Iri Hati  -  Ada banyak alasan kenapa banyak orang yang sering hidup dengan sifat iri hati dalam hatinya dan sering terjerembab jatuh di dalamnya. Padahal iri hati tidak menyenangkan sama sekali. Walaupun setiap orang pasti pernah merasakan dan tahu bagaimana rasanya, tetapi tidak semua orang menghindarinya. Iri hati adalah sifat bawaan manusia yang sudah turun temurun di turunkan dari nenek moyangnya kepada anak-cucunya. Malahan sering kali menjadi kultur bagi kebanyakan, ya kebanyakan orang membudayakan sifat iri hati. Atau yang datang tiba-tiba tanpa disadari sudah terjebak di dalamnya. Kebanyakan orang tidak sadar dirinya sudah jatuh dalam iri hati. Jika tidak ada orang yang dikasih tahu dia tidak tahu. Iri hati melahirkan tindakan yang dapat memicu masalah bagi orang lain bahkan merugikan dirinya sendiri. Dalam kenyataan, tidak baik dan tidak enak sampai ada iri-irian. Banyak dampak negatif yang boleh terjadi dan hampir tidak ditemukan sesuatu yang positif disana. Kalau bisa menolak ya harus di tolak, janganlah sampai ada yang menjadi korban.


Hal-hal yang dapat terjadi dari sifat iri hati ini sebetulnya cukup banyak dan dampaknya beragam sampai yang dapat mengantarkan kepada masalah besar. Sifat iri hati bukanlah sifat yang baik yang perlu dipertahankan. Walaupun tidak selamanya iri hati merupakan sifat seseorang karena sudah bertobat dan merubah pola pikir, tetapi di kemuadian hari bisa saja tuba-tiba masuk di dalam pikiran seseorang. Tiba-tiba bisa saja datang dan mengusik hidup seseorang. Apakah anda sedang mengalami iri hati saat ini? Jikapun karena dengan terpaksa tanpa disengaja harus datang itu si iri saat ini, buatlah suatu motivasi yang menguntungkan anda jangan sampai merugikan orang lain. Misalnya iri dalam dirimu menjadi alat untuk membangun dan memotivasi anda untuk berusaha lebih kerja keras dan lebih giat lagi. Iri hatimu cukup anda saja yang tahu, jangan sampai orang lain tahu lalu kelola dalam-dalam untuk melahirkan prestise yang menguntungkan bagimu dan tidak merugikan orang lain. Dan setelah itu tinggal dan buang jauh-jauh dari kehidupan anda. Beberapa dampak dan bahaya yang biisa ditimbulkan dari sikap iri hati adalah:




1. Dapat menimbulkan perasaan minder dengan orang yang hidupnya diatas rata-rata dengan hidup anda.

Apakah ini sebuah kesombongan atau bukan? Ada yang menganggap rasa minder adalah kesombongan. Orang minder seringkali menarik diri dari pergaulan terutama dari golongan kehidupan dengan standar yang lebih tinggi. Merasa tidak pantas, tidak layak, tidak level, tidak mampu untuk bergabung dengan mereka yang memiliki kehidupan diatas dirinya.

Membanding-bandingkan keadaan  dengan orang lain salah satu ciri orang yang memiliki iri hati. Tentu dalam banyak hal ada banyak perbedaan terjadi yang tidak di miliki sebagaimana orang lain miliki. Secara keuangan mungkin tidak sama dan ini alasan paling kuat penyebab munculnya rasa iri hati yang paling membahayakan. Orang lebih suka menonjolkan keBERADAan dari pada memberi pengertian kepada orang lain, itu sudah pasti. Tentu karena orang lain banyak tidak mampu mengimbangi dan besarnya kesenjangan, pilihan paling dianggap tepat adalah dengan menarik diri dari pergaulan yang sedang berjalan. Bagi mereka inilah cara menghindari kenyataan sakitnya tidak punya, bagi yang tidak mampu walau hanya urusan kesetaraan. Secara nyata, iri hati memang tidak selalu terlihat, tetapi dengan sikap menarik diri dari pergaulan itu menunjukkan bahwa dalam hati kecil masih tersisa sifat iri hati. Dengan anda membandingkan diri pun dengan orang lain itu wujud dari adanya iri hati didalamnya. Memang tidak terang-terangan tetapi anda sendiri bisa menilai. Bila anda mencoba menyelidiki lagi tentang perasaan dan perilaku anda yang mencoba membanding-bandingkan dengan orang lain, dimana terjadi seolah merupakan korban dari nasib. Rasa minder ini akan membuat anda menarik diri dari orang lain bahkan ketika itu sesuatu yang penting bagi anda saat ini untuk membangun sosialiasi dan relasi dengan teman dan kerabat.




2. Menimbulkan kemarahan dan dendam

Menanamkan rasa tidak ingin tersaingi dan berusaha ingin lebih baik dari orang lain adalah tujuan kebanyakan orang. Walaupun tanpa tahu kapasitasnya sampai dimana tetapi itu adalah sebuah tujuan yang harus dicapai. Bila itu tidak bisa terpenuhi, kemungkinan kemarahan dan demdam bukan sesuatu yang tidak mungkin dilakukan. Saling menjatuhkan dan merendahkan adalah sesuatu yang biasa terjadi. Tidak heran bila anda pun melakukannya kepada orang lain atau menjadi korban dari balas dendam. Begitu menarik rasanya ada saingan yang harus anda lempar dan kubur dalam-dalam supaya anda puas. Belum puas? Serang dia bila perlu dengan rudal yang diisi dengan tau biar kotor dan hina. Belum puas bawa ke pengadilan Tuhan. Jahat benar? Yah, itulah bahaya dendam jangan anggap enteng.


Iri hati adalah sifat jelek yang memiliki daya pikat untuk bisa merebut sekaligus membasmi apa yang dimiliki orang lain dan bisa berpindah. Walaupun dengan perbuatan yang keji. Sebab keberhasilan tidak selalu semulus jalan tol, ferguso, sekalipun merebut apa yang merupakan bagian orang lain. Kegagalan merebut hak orang lain untuk berpindah tempat dapat menimbulkan sakit hati dan dendam membara terutama saat ada bumbu pedas yang keluar dari mulut sasaran. Timbulah keinginan untuk mengkudeta dan membahayakan kehidupan orang lain..





3. Nasib manusia tidak sama, bisa saja mencoba mengukir dan mengubah garis tangan kalau-kalau punya kesempatan sama seperti orang lain.

Boleh saja pencapaian orang lain menjadi motivasi bagi anda, tetapi jangan sampai berpikir untuk menjadi sama dengan orang lain. Faktanya memang anda berbeda dan harus bisa menerima kenyataan itu karena Tuhan pun sudah menentukan anda berlainan dalam hal garis tangan (nasib) dan anugerah. Bagian anda adalah melakukan apa yang berbeda itu supaya saling menyeimbangkan dalam segala sesuatu. Masing-masing orang menerima sesuai dengan kapasitasnya dan talentanya. Lalu apa yang membuat anda harus iri? Pencapaian, takdir, kerja keras, kemampuan atau hal apa pun yang membuatmu sungguh berbeda? Ataukah soal penampilan atau kecantikan yang akan pudar pada masanya? Iri hati hanya membuat anda capek berpikir tentang apa yang di katakan oleh garis tangan. Kerjakan saja apa yang bisa kerjakan, lakukan apa yang bisa lakukan. Lakukan sesuatu yang berbeda dari yang biasanya, maka tunggu hasilnya. Dan anda akan melihat seperti apa yang digariskan oleh tangan anda dengan nasib anda.



4. Keberhasilan orang lain bisa saja awal dari kesusahan hati anda atau kesuksesan anda menjadi penderitaan bagi orang lain.

Iri hati dapat mengakibatkan anda menjadi orang aneh, Yah, aneh saja jika anda tidak tahan melihat orang lain sukses bahkan membuat anda gelisah hati  dan menderita. Untuk menjadi bodoh tidak perlu bersusah payah, cukup lihat orang lain berhasil lalu buat diri anda jadi kesusahan. Itu sudah membuat anda jadi orang bodoh. Tetapi banyak orang yang melakukan kebodohan ini. Menyangka dengan cara bodoh ini bisa memperbaiki dirinya menjadi lebih sukses. Bisa saja anda geli dengan kalimat itu, jangan - jangan anda terlibat di dalamnya. ☺☺☺☺.Seperti terlibat cinta segitiga memperebutkan seorang janda. Apabila anda merasakan hal yang sama yaitu ada yang menderita karena melihat orang sukses melebihi dari anda, jangan-jangan anda mengidap sebuah penyakit akut, bukan? Bukannya apa, takutnya nanti di tengah jalan tiba-tiba anda strok ☺☺☺☺. Kasihan anda! itu saja.




5. Bagi pesaing: mengapa mereka lebih mudah mendapatkan sesuatu yang mereka cari, sedangkan anda walau dengan susah payah dan bahkan mati-matian tetap saja tidak mengalami dan menerima yang anda cari?

Mungkin ada yang salah cara mempraktekkan hidup anda. Jangan buru-buru menyalahkan takdir yang tidak pernah berbuat jahat pada hidup anda. Tuhan selalu memberi kesempatan untuk memperbaiki kehidupan anda selagi anda belum menghadap dia untuk selama-lamanya☺☺☺☺. Bisa saja kan anda belum melakukan apa yang merupakan jalan hidup anda atau tidak siap jika sukses diberikan pada anda karena apabila itu terjadi, anda buru-buru menceburkan diri kedalam lumpur yang membuat hidup anda dan orang lain juga ikut terseret dalam kesusahan dan menderita. Sedangkan orang lain yang menurutmu bisa dengan mudah untuk dilangkahi, ternyata dengan sangat mudah meraih apa yang mereka cari, tak butuh waktu lama langsung dikasih, kontan /cash. Jauh meninggalkan anda.


Seringkali kan anda menganggap bahwa hidup ini tidak adil setelah melihat fakta bahwa orang lain sungguh-sungguh mudah mendapatkan apa yang di cari. Sayangnya, anda tidak pernah bertanya kunci suksesnya mereka. Malah ada yang menuduh, dia itu pake pesugihan, babi ngepet, pakai tuyul, begu ganjang, ada ilmu gaibnya. Eeebusyet deh... Kerja donk, keja... tapi jangan korupsi. Iri kok berprasangka buruk dengan orang. Hidup kok begitu amat...😈😉😊



6. Ketika anda membutuhkan bantuan namun tidak ada yang membantu, tetapi  anda sudah berbuat sesuatu yang membantu orang lain.

Anda sedang mempertimbangkan niat baik anda selama ini dan ternyata tidak berbalas? Seolah apa yang anda lakukan hanya bertepuk sebelah tangan? Iri hati melahirkan banyak pertimbangan-pertimbangan untuk tidak "lagi" melakukan kebaikan sekalipun itu dilakukan sudah lama. Namun karena anda merasa perbuatan anda tidak berbalas, sehingga membuat anda tidak merasa diuntungkan, lalu anda berhenti berbagi. Anda iri karena tidak pernah menerima dari jasa anda selama ini (?)


Di saat anda melakukan itu, anda sedang membangun rasa iri hati. Aku sudah lakukan ini ke sianu, si aono,tapi giliran saya minta bantuan, semua bilang "tidak ada?". Anda yang merasa cukup berjuang tetapi begitu anda butuh dibantu, anda tidak tertolong.
Sebagai makluk sosial, adakalanya membutuhkan orang lain atau saudara sendiri untuk membuatmu keluar dari masalah. Tetapi tidak pernah mendapatkan kesempatan akan pertolongan itu bahkan anda merasa  diacuhkan. Keberadaan anda dianggap seperti uang receh, hanya akan dicari bila butuh saja pada saat keadaan sedang terdesak. Lewat dari masa itu, jika tidak diperlukan biasa akan ditaruh disembarang tempat bahkan ditempat yang gampang diinjak-injak oleh kaki kotor anda.


Saya terbiasa melihat uang receh tergeletak dan tercampak ditengah jalan. Sama sekali tidak dihiraukan. Di jalan yang berlumpur bersama dengan kotoran terinjak-injak karena tidak ada orang yang merasa membutuhkan. Hanya Alfa Mart dan Indomaret yang menerima uang receh tersebut buat dijadikan donasi. Uang receh yang dianggap tidak bernilai, jika di kumpulkan akan dapat memberi makan sekampung dan membantu anak-anak Indonesia yang kurang beruntung. Orang yang menghargai uang receh adalah orang menghargai sebuah nilai. Yang kecil berguna untuk menggenapkan yang besar. Karena nilai yang kecil bila dikumpulkan dalam kesabaran jumlahnya akan menjadi besar.

Anda mungkin melihat hidup anda hanyalah koin recehan yang hendak terlempar kejalanan dan kedalam lumpur. Dan yang membuat anda iri karena tidak bisa melakukan banyak hal bagi kebaikan kemanusiaan sebab anda hanyalah ceceran recehan. Atau membuat bibir orang untuk sekedar tersenyum. Jika itu yang membuat anda iri, senyumin saja. Katakan pada diri anda, kapan kamu bisa melakukannya, wahai recehan? Jangan buat diri anda tidak bernilai karena anda hanyalah koin receh. Uang receh lebih tahan dalam lumpur walaupun terlindas ban tronton. Ia tidak akan hancur dalam gesekan kerikil tajam dan batu-batu cadas. Kalau anda hanya sebagai uang receh, tetaplah menjadi uang receh. karena ketika anda bersatu anda akan mampu sejajar dengan uang kertas.




7. Iri hati menutup dan membungkam kenaikan anda.

Didalam hati manusia ada yang namanya kebaikan yang dalam tatanannya merupakan bagian dari naturnya manusia. Entah pada ujung perjalanannya menjadi tidak berakal. kebaikan adalah motion manusia dalam bertindak serta menghindar dari kejahatan. Kebaikan berguna untuk menghindarkan diri dari rasa iri hati. Kebaikan bisa saja mendekati kata kehabisan ketika anda berusaha menjadi orang jahat. Kebaikan bisa kandas jika iri hati semakin kuat dan kebaikan semakin menipis dihati anda. Ujungnya tidak akan bisa melihat sesuatu yang baik di dalam diri orang lain ketika anda terus memperbesar rasa iri hati. Jika menginginkan sesuatu dan merasa bersaing dengan orang lain lupakan dengan motivasi yang salah karena itu akan merusakkan nilai positif didalam hati anda. Sedangkan kebaikan itu adalah bekal anda untuk bertahan dan senantiasa bersyukur. Godaan iri hati terlalu kuat untuk membuang jauh-jauh nilai kebaikan anda


8. Iri hati menutup pintu berkat

Tak diragukan lagi bahwa iri hati akan membangun suatu tembok pemisah dan menyebabkan gesekan-gesekan dalam hubungan dengan orang lain. Tidak jarang hubungan bisa retak karena ditimbulkan akibat iri hati ini. Sedangkan hubungan itu, asal kamu tahu adalah berkat sebenarnya. Tapi jarang sekali orang yang menyadari ini dan tidak berusaha menyadarkan dirinya supaya jangan sampai jatuh dan terjerembab disana. Semakin lama berada disitu semakin menjauhlah orang-orang yang pernah makan dan minum bersama dengan anda. Orang yang suka iri hati tidak bagus sifatnya karena itu tidak perlu anda pertahankan. Anda bisa kehilangan orang-orang baik di sekitar anda. Kan banyak kehilangan'kesempatan-kesempatan yang seharusnya bisa menguntungkan jika anda bisa tetap mempertahankan natur yang Tuhan sudah beri.



Cara mengatasinya Iri Yang Menyiksa hidup kamu.


Tidak ada orang yang walaupun mencoba membangun opini untuk mengkaji ulang bagaimana cara mengatasi jangan sampai penyakit ini datang pada anda. Penulis katakan penyakit, karena kenyataan bukan saja menyakiti hati anda karena setiap kali menahan gejolak yang ada didalam hati anda karena tidak tahan melihat ada orang lain hidupnya lebih baik dari anda. Disamping itu akan menimbulkan penyakit bagi orang lain saat membuat keputusan buat menyakitinya. Maka sebelum rasa iri menguasai dan menggunung dalam hati anda ada baiknya anda mengobatinya.



1. Mulailah belajar mensyukuri segala sesuatu yang ada.

Ucapan syukur sebagai obat penawar yang paling baik untuk menghindari dari rasa iri. Bersyukur membuat anda mampu menerima kenyataan walaupun dalam kenyataannya hidupmu jauh dari kata sempurna, seimbang atau anda berada di bawah standar orang lain. Tidak semua apa yang orang lain punya anda juga harus punya. Kalaupun apa yang dimiliki orang lain, namun anda memiliki kelebihan yang orang lain tidak miliki termasuk saingan anda. Kata saingan ini yang sering membuat anda lebih keras lagi untuk mendapatkan sesuatu untuk dapat paling tidak mengimbangi. Syukuri apa yang ada padamu saat ini bahwa walaupun, betapa pun keadaan dan kondisi yang anda saat ini, itulah yang sudah ditentukan bagi anda. Bersyukur kamu bisa menikmati fasilitas walaupun sederhana yang semuanya apa adanya. Serba terbatas!...., tanpa memprotes kebijaksanaan Tuhan dalam memberikan berkat bagi anda.


2. Mulai berdamai dengan dirimu.

Ajak dirimu melihat bahwa apapun yang ada padamu belum selesai. Masih ada kesempatan yang akan datang untuk membawamu kepada harapanmu. Kesempatan kedua, ketiga bahkan kesempatan keseribu. Giatlah bekerja dan lakukan apa yang bisa anda lakukan. Pasti akan ada yang tumbuh dari yang ditanam sekalipun di masa kekeringan. Jika anda bisa berdamai dengan hati, pasti tidak akan lagi melihat keberhasilan orang lain sebagai perusak reputasi Anda, tidak lagi keunggulan orang lain sebagai penderitaan anda, bukan lagi kesuksesan orang lain sebagai kemalangan anda. Hanya masalah waktu saja yang membuat anda serasa ketinggalan dan jauh tersaingi. Ingat, Masih ada banyak kesempatan...



3. Anda diciptakan tidak dengan nasib dan di waktu yang sama.

Boleh saja orang lain berada diatas anda satu langkah sekarang ini tetapi tidak menutup kemungkinan, jika waktunya sudah tiba anda akan dibawa naik kepuncak kesuksesan anda melampuai pencapaian sahabat atau temanmu atau orang lain. Makanya perlu belajar dan giat  menggali potensi. Jangan pernah lelah dan menyerah karena mungkin sedikit waktu lagi kamu menuju kesana. Happyyyyy,,,,, happyyy
Bahaya Sifat Iri Hati. Tips Dan Trik Cara Menghindari Serta Menyembuhkan Penyakit Akut Iri Hati. Bahaya Sifat Iri Hati. Tips Dan Trik Cara Menghindari Serta Menyembuhkan Penyakit Akut Iri Hati. Reviewed by Risda Nababan on November 13, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.