Perlengkapan Pernikahan Yang Wajib Dipersiapkan Di Acara Resepsi Pernikahan Istimewa.

Menyediakan perlengkapan mulai akad sampai resepsi pernikahan.

Mengapa orang yang merencanakan pernikahan seringkali stress memikirkan biaya yang selangit? Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan perlu di support dana yang tidak sedikit. Sebelum mempersiapkan pernikahan ada banyak tetek bengek produk-produk perlengkapan pernikahan yang wajib dibeli dan disewa oleh calon pengantin di hari pernikahannya. Mulai dari aksesoris, biaya makan tamu sampai sewa gedung. Ke semua itu harus dipersiapkan sebaik mungkin, semua itu harus hadir dalam daftar pengeluaran yang walau jumlahnya kecil tetapi bila di total-total bisa sampai jutaan bahkan puluhan juta rupiah. Disinilah kadang-kadang orang tanpa mereka sadari budget yang sudah mereka siapkan bisa meleset dari perkiraan. Jumlahnya bukan menurun dari yang malah menanjak bak roket. Belum lagi permintaan pihak keluarga yang mengharuskan beli ini itu dan harus di turuti. Kadang pihak keluarga tidak begitu paham dan mengerti tentang kondisi keuangan calon pengantin. Menganggap orang yang akan menikah memiliki uang yang begitu banyak sehingga menjadikan calon pengantin menjadi ajang kesempatan untuk menuruti keinginannya. Misalnya untuk membeli seragam. Tahu sama tahulah, iya kan☺☺☺☺☺

Kadang tidak sadar, ternyata anggota keluarga sendiri ada juga yang menambah beban pengeluaran calon pengantin, lho. Tapi sudahlah kita sekedar memperingatkan jika ada anggota keluarga yang akan menikah, cobalah belajar memahami kondisinya supaya tidak membebani mereka tetapi sebaliknya supportlah mereka dengan segala upaya yang bisa anda lakukan.


Apa saja perlengkapan pernikahan yang harus dipersiapkan dengan matang jangan sampai gara-gara hal kecil yang kalian abaikan dapat merusak kebahagiaan anda dan membuat anda dan keluarga malu? Kalau di artikel lain ada yang sudah membahas tentang cara mempersiapkan pernikahan supaya tidak dibully. Ada beberapa aspek disana dijelaskan apa saja persiapan menikah. Ini adalah lanjutan dari persiapan tersebut supaya anda yang sudah dan sedang merencanakan pernikahan dalam waktu dekat, terlebih dahulu mengetahui semua kategori perlengkapan produk pernikahan yang tidak boleh terlupakan. Semuanya harus tertangani dengan baik. Jangan karena setitik nila rusak susu sebelanga.


Sebelum sampai kepada hari H, anda wajib croscek satu persatu list produk perlengkapan nikah anda. Sejauh mana kesiapan tertangani, apakah semuanya sudah rampung atau masih ada yang masih kurang dan di bereskan? Jika dulu generasi terdahulu bisa dengan modal nekat, modal suka sama suka lalu memutuskan menikah. Atau anda mau seperti itu? Nggak jaman lagi bro. Atau dalam pikiran, sudah ambil sahnya aja. Jangan!!! Nanti anda tidak siap menjalaninya. Sudah berbeda sekarang dengan dulu. Jauh malah. Pernikahan tidak bisa dianggap remeh. Jaman sekarang susah menghadapi orang akibat pengaruh media sosial. Pikirkan pernikahan lebih dari kata sah. Dulu, waktu jaman ibu - bapak kita, tidak ada beban moral untuk pernikahan sekalipun tidak ada persiapan yang matang sama sekali. Apalagi yang di jodohin. Jangan tanya.... Yang penting sah, karena yang datang ke acara pernikahan  hanyalah  keluarga dekat dan inti dan juga dihadiri oleh sedikit saja dari teman. Tapi anehnya orang tua kita adem-adem saja pernikahannya. Segala kekurangan dapat ditutupi dengan rapat dan hanya diketahui oleh segelintir orang yang sebagian besar adalah keluarga dan orang yang datang di acara pernikahan tersebut. Tidak seperti sekarang kebanyakan curhat, kebanyakan posting dan pamer, dimedsos lagi. Umbar kekurangan sendiri pun tidak ada malunya. Santuiii anak millenial....


Inilah produk-produk perlengkapan pernikahan yang wajib ada dan disiapkan jauh-jauh hari menjelang dihari pernikahanmu.




1. Baju pengantin atau baju pernikahan.

Perlengkapan pernikahan

Baju pernikahan adalah saksi bisu pernikahan anda. Sudah menjadi tradisi dan lazim digunakan oleh orang di belahan dunia manapun, karena baju pengantin adalah salah satu simbol dari sebuah pernikahan. Nah, usahakan kalian yang akan menikah punya baju pengantin ya. Biar ada sejarahnya nanti kalau sudah tua dan punya cucu. Nanti anda akan bangga mengenang masa itu.  Baju pernikahan ada yang disesuaikan dengan adat, budaya atau sekedar mencaplok budaya lain. Sah-sah saja. Intinya baju pernikahan adalah simbol dari kebesaran pernikahan itu. Maka milikilah baju pengantin disaat acara pernikahan sesederhana apapun itu.


Beberapa negara menonjolkan sisi peradaban di suatu negara tersebut yang diasosiasikan dalam sebuah pakaian pernikahan. Jadi selain pakaian pernikahan yang diadopsi dari beberapa negara atau beberapa kelas desainer dan hasil pemikiran yang diterjemahkan dalam pemilihan baju saat pernikahan, baju kebesaran atau baju daerah juga hadir sebagai konsep dalam pernikahan tersebut


Beberapa kalangan tertentu mempersiapkan beberapa baju buat diganti-ganti pada saat acara dan resepsi pernikahan berlangsung. Jadi tidak ada salahnya menggelontorkan dana besar khususnya untuk baju pernikahan. Itu bagi yang mampu ya. Kalau rezekinya masih dikandung badan, satu baju pun tetap berbangga. Hakekat pernikahan bukan terletak pada banyaknya dan seringnya gonta-ganti pakaian.



2. Harus ada penghulu/ pendeta/ pastor/ pandita atau guru spiritual untuk menikahkan .

Pemegang jabatan ini ditentukan hadir di setiap acara perkawinan. Tanpa keterlibatan orang-orang ini bisa dikatakan pernikahan yang sudah berlangsung tidak sah. Orang-orang ini selain sebagai saksi yang mengokohkan sebuah pernikahan juga mewakili kehadiran negara untuk melindungi masyarakat dari hukum sebagai hukum yang melindungi sebuah keabsahan sebuah pernikahan serta membantu menyemaikan surat-surat pernikahan.





3. Mencetak undangan kepada para tamu yang akan menghadiri acara pernikahan.

Persiapan pernikahan

Jauh-jauh hari undangan pernikahan sudah harus didesain dan dipesan ke bagian percetakan. Di percetakan pun undangan bisa mengalami masalah teknis. Semua harus diantisipasi jangan sampai ada yang kebobolan. Tentukan orang-orang yang akan diundang dan setelah dikompromikan kepada pihak keluarga berapa perkiraan jumlah undangan yang disebarkan. Mengingat undangan adalah bagian penting dalam pernikahan. Tamu yang akan diundang mungkin berada di luar negeri atau di luar kota, segera harus dikirimkan.


4. Gedung dan panggung, pelaminan tempat dilaksanakannya acara pernikahan.

Persiapan pernikahan + pelaminan +dekorasi

Pemilihan gedung sebagai tempat digelarnya resepsi perlu diperhatikan kapasitasnya dan kemudahan untuk menjangkau. Sebagian besar tamu yang datang berasal dari lokasi yang berbeda dan jauh. Jika tempat yang dipilih sulit dijangkau maka tamu bisa saja tidak akan sampai ke lokasi karena kesasar dijalan dan akhirnya pulang dengan rasa kecewa. Tentu kejadian seperti ini tidak ingin terjadi. Sesuaikan juga kapasitas ruangan sesuai perkiraan jumlah undangan yang akan datang mengacu pada undangan yang sudah disebarkan.


Untuk menghindari bekerja dua kali, jika gedung menyediakan fasilitas panggung, sebaiknya dibooking bersamaan. Biasanya akan lebih murah. Booking lah tempat jauh-jauh hari. Apalagi jika menjelang musim kawinan, sulit mendapatkan tempat yang sesuai dengan keinginan. Karena manusia juga ada musim kawin πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†




5. Pemilihan catering pernikahan.

Catering jamuan makan di acara pernikahan

Tamu yang sudah diundang harus dijamu bak tamu kehormatan. Bukan saja mereka sudah datang dengan sukarela menyaksikan momen bersejarah anda, tetapi tentu mereka juga membawa sesuatu untuk kebahagiaan bagi anda. Tamu yang anda undang turut berbahagia dengan anda walaupun diantara para tamu ada yang membawa beban dari rumah masing-masing dan berusaha menyembunyikan itu dari hadapan anda. Sebagian juga ada yang menghabiskan waktunya menyaksikan dan menyelesaikan tugas keluarga supaya nama baik keluarga anda tetap terjaga.


Banyak tamu yang suka bertahayul dan berfilosofi dengan suka mengait-ngaitkan makanan pesta dengan kehidupan pengantin. Walaupun sebenarnya tidak ada hubungannya dengan makanan tetapi tetap masih ada yang masih percaya mitos. Bukan hanya itu saja, makanan yang dihidangkan dimeja tamu seringkali menjadi alat ukur seseorang untuk menilai pesta pernikahan anda. Usahakan tamu jangan sampai kekurangan bahan makanan dan minuman. Lebihkan porsi makanan untuk tamu undangan ya, jangan sampai ada tamu yang pulang dengan perut lapar. Jangan sampai ada orang yang menuding pernikahanmu tidak dipersiapkan dengan baik. Kalau untuk masalah jenis masakan dan rasa relatif lah karena rasa tidak selalu sama di lidah setiap orang.



6. Penata rias pengantin atau salon kecantikan.

Makeup pengantin

Photo pernikahanmu akan dipajang di media sosial dan semua mata akan tertuju kepadamu. Momen itu akan dikenang sepanjang masa. Tentunya harapanya akan terlihat cantik dihadapan para tamu. Yah namanya momen sekali seumur hidup. Ini memang akan sedikit terdengar agak lebay 😊 tetapi saya akan membahasnya disini. Bercermin dari yang sudah pernah terjadi dan faktanya ada, kesalahan  pemilihan perias pengantin dapat merusak seluruh bagian dari rangkaian pernikahanmu. Sedih kan? Harus mendapat bully-an dari mana-mana. Padahal masalahnya sederhana tapi fatal. Mau marah, marah sama siapa memang fakta? Mau membela diri, tapi apa daya hanya sendiri. Lebih banyak mereka sebenarnya bukan menyerang hanya menyampaikan fakta dan pendapat. Cek story disini https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=2409154812662547&id=1679988325579203


Perias pengantin yang tidak profesional, dapat membuat acara pernikahan anda jadi bully-an karena menghasilkan riasan seperti muka kena bogem, dodol lapuk, badut, atau seperti hantu. Kalau sudah masuk ke ranah publik, bisa stress menghadapinya. Para pembully kenyataannya kejam dalam menyampaikan pendapat yang datang bertubi-tubi.

Carilah perias yang memiliki fasilitas yang paling lengkap, itupun kalau budgetnya besarπŸ€—πŸ€—πŸ€—πŸ€—. Kalau cuma budget yang pas-pasan, cari yang biasa saja tapi profesional ya, jangan yang abal- abal supaya anda dapat paket yang lengkap ( sanggul, bunga sanggul pengantin yaitu bunga melati hidup biar wanginya semerbak), tusuk konde dan semuanya dan menghasilkan riasan wajah yang cantik.



7. Cincin pernikahan.

Cincin pernikahan + cincin kawin

Cincin pernikahan adalah sebuah simbol penyatuan dua insan (ikat janji) untuk saling mencintai, menerima apa adanya pasangan dalam hal apapun. Cincin pernikahan biasanya berupa emas atau permata. Kenapa emas dan permata? Kedua benda ini adalah lambang kemurnian sekalipun ditempa dan dibakar benda ini tetap tetap murni dan bersinar. Seperti itulah harapan pernikahan setiap pasangan tetap kokoh selamanya. Emas dan Permata adalah barang berharga yang tidak akan pernah dibuang. Kecuali orang itu bodoh, mungkin akan di buang dan diinjak-injak.



8. Menyiapkan mahar kepada calon mempelai dan mertua.

Mahar banyak macamnya, ada yang berupa uang tunai/ cek, emas, rumah, mobil atau juga binatang. Biasanya, besarnya mahar tergantung kesepakatan kedua belah pihak dan menurut kesanggupan pihak pemberi mahar. Tetapi walaupun ada kata "kesepakatan" tidak serta merta penentuan nilai mahar berjalan mulus. Ada beberapa kejadian ketidaksesuaian nilai mahar yang di tetapkan kedua belah pihak akhirnya berujung batal nikah. Hayo, siapa yang pernah mengalami ini,,, gimana rasanya bila ini sampai terjadi. Bukan saja anda akan menunda pernikahan tetapi bisa berujung gagalnya anda menikah.


Barangkali supaya ini tidak sampai terjadi, banyak-banyaklah cari uang buat melamar anak orang, bila perlu sering-sering bujuk rayu calon pendampingmu dan calon mertuamu supaya tidak terlalu tinggi buat tarif anaknya πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…. Kantong tebal dapat menghindari lawan dan saingan menyalib dari depanmu.



9.  Siapkan fotografer atau dokumentasi.

Photography + cameraman + video pernikahan

Fotografer dan dokumentasi adalah bagian dari acara termasuk pernikahan. Seluruh rangkaian acara pernikahan harus didokumentasikan dengan baik dan dengan kualitas tinggi. Tidak lengkap rasanya tanpa profesional ini. Dari mulai prewedding sampai pernikahan suatu kewajiban menyewa mereka diacara pernikahan.



10. Siapkan Musik dan MC dan Penyanyi untuk menghibur tamu dan menghidupkan suasana.

Apa jadinya sebuah acara pernikahan jika tidak ada sentuhan musik. Meskipun tanpa hingar bingar akan tetapi sentuhan musik syahdu nan romantis mampu menghidupkan suasana hati para tamu undangan. Musik membuat hati undangan menjelma menjadi bahagia. Ditambah lagi jika mengundang penyanyi yang membuat orang yang hadir larut dalam kebahagiaan. Jika mampunya hanya sewa biduan kampung, tidak masalah. Atau hanya mampu sewa organ tunggal, kenapa tidak?


11. Persiapkan dan bentuk panitia di acara pernikahan.

Anda dan keluarga anda tidak bisa bekerja sendirian. Perlu orang lain untuk membantu mempersiapkan acara anda. Orang-orang ini nantinya yang akan mempersiapkan dan mengatur jalannya acara sekaligus mempermudah hidup anda. Menghandle bagian-bagian yang tidak mungkin anda tangani pra dan saat acara berlangsung. Fokus anda tidak cukup terarah untuk mengerjakan semua bagian untuk mengurusi dan menangani ratusan bahkan ribuan orang. Anda perlu membentuk panitia untuk membantu anda. Atau meminta tetangga bergotong royong untuk mempersiapkan segala sesuatunya jika anda tidak mau membentuk panitia resmi.



12. Pernak-pernik pernikahan.

Pernak-pernik pernikahan


Ini adalah bagian-bagian kecil yang melengkapi prosesi pernikahan anda. Ialah pernak-pernik pernikahan namun wajib ada. Mungkin hanya rangkaian benda-benda kecil namun kehadirannya lebih dari sekedar pelengkap semua produk-produk perlengkapan pernikahan. Cara pemilihannya pun tidak kalah penting serta biaya untuk mempersiapkan rangakaian kecil ini membutuhkan biaya yang besar juga. Untuk jenis aksesories dan pernak pernik pernikahan silahkan buka linknya Aksesoris Dan Pernak - Pernik Pernikahan Yang Tidak Ketinggalan Pada Saat Acara Dan Resepsi Pernikahan   disini ⇦⇦ya .


Bagi kamu yang akan kesana mungkin pusing dan bahkan ketakutan. Soalnya banyak sekali yang harus dipersiapkan dan harus terpenuhi. So tidak usah takut kita akan bantu untuk mempersiapkannya. Bacalah seluruh rangkaiannya biar anda enjoy menjalaninya.
Perlengkapan Pernikahan Yang Wajib Dipersiapkan Di Acara Resepsi Pernikahan Istimewa. Perlengkapan Pernikahan Yang Wajib Dipersiapkan Di Acara Resepsi Pernikahan Istimewa. Reviewed by Risda Nababan on September 30, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.