10+ Jenis Hewan Ini Sangat Meng-Inspiratif, Tips Bagus Belajar Sifat

cara menjinakkan, cara melatih burung merpati

Tidak selamanya binatang itu selalu konotasinya jelek, terbukti beberapa jenis binatang ini bisa menginspirasi pembaca bagaimana cara memaknai hidup, dan bahwa tanpa manusia sadari sebenarnya ada beberapa tindakan binatang yang bisa manusia contohkan ke kehidupan nyata tanpa maksud ingin merendahkan manusia itu sendiri  karena itu bisa memberikan inspirasi bagi kehidupan. Lalu kenapa harus ragu? Belajar sesuatu bisa dari mana saja sumbernya, dari keadaan, dari masalah, dari teman bahkan dari binatang.


Untuk belajar sesuatu kita perlu sedikit merendahkan hati. Sebab tanpa kerendahan hati seringkali ego manusia yang lebih menonjol dibanding kemauan untuk menerima sesuatu yang baru secara terbuka. Padahal disekitar tempat kita banyak pelajaran yang mesti kita angkat kedalam kehidupan kita, tak mesti keluar negeri atau ke universitas ternama di dunia. Terutama pelajaran tentang pembentukan karakter dan moral ada dimana-mana dan tak perlu mencarinya sampai ke negeri China, kejauhan.


Contohkan saja binatang ini, tidak perlu ke universitas Harvard untuk melakukan uji penelitian apakah perbuatan dan tindakan binatang ini harus di test dulu di laboratorium  apakah patut dicontoh atau tidak. Yang penting apakah dari hal-hal kecil kita terbuka akan sesuatu yang bermanfaat dipelajari?


Saya lebih respect kepada satu hal, bahwa Tuhan menciptakan segala sesuatu yang ada dimuka bumi ini bahkan yang terkecil sekalipun yang tidak kasad mata, bukan tanpa tujuan yang jelas Tuhan telah menciptakan itu semuanya. Bayangkan saja dari sesuatu yang bahkan tidak dipandang manusia bisa menjadi sebuah sumber inspirasi bagi manusia. Dari pada anda penasaran baiklah kita akan bahas jenis binatang / hewan yang sangat menginspirasi kehidupan yang bisa kita maknai kedalam hidup sehari har. Inilah jenis binatang tersebut:



1. Semut🐜

tips belajar perilaku dari semut, ciri-ciri semut yang harus kamu contoh. cara menangkap semut, cara mengusir semut

Hewan jenis serangga ini adalah salah satu hewan terkecil dari sekian banyak binatang yang hidup didunia ini. Sangat mudah ditemukan jadi memang bukanlah binatang yang langka atau hewan yang asing bagi kita.


Tentu semua tahu semut suka makanan apa, yang manis-manis tentunya. Seperti pepatah semut mengatakan  " ada gula ada semut". Gula adalah tempat berkumpulnya semut.  Tak jarang kita sering menemukannya dipantri,  dimeja makan, lalu dengan geramnya kita pitas-pitas satu satu saat ia makan hidangan di meja makan. Kita tahu makannya tidaklah banyak, tapi saking banyaknya gerombolan semut lama kelamaan bisa habis juga di makan dan dibawa kabur. Juga akibat rasa jijik karena apabila ia naik ke piring-piring makanan maka sebagian makanan pun dibuang. Selain itu ia kerap masuk ke wadah gula yang kebetulan sedang terbuka, atau ada lobang walau hanya lobang kecil asal tubuhnya bisa masuk maka  semut akan mengajak sekutu-sekutunya juga. Mereka siap berpesta pora disana.

Berikut sifat-sifat semut yang menjadi inspirasi bagi pembaca.

A. Hidup berkelompok.

Semut adalah serangga yang tidak pernah makan sendiri apalagi makan teman, beda sama manusia yang suka makan sendiri dan juga makan teman. Tak heran jika manusia sering berebutan kekuasaan dan makanan, bahkan jatah orang lain pun turut diembat untuk dinikmati sendiri lalu pura-pura pikun. Semut kemana-mana tidak pernah sendirian kecuali lagi tersesat. Semut tidak mau menikmati sendiri makanan yang kebetulan ia temukan diperjalanan, ia akan panggil dulu konco-konconya lalu sama-sama menikmati.


B. Selalu bekerjasama.

Beda bangat sama manusia, walau nature-nya makhluk sosial, rasa sosialnya kadang kalah sama semut. Semut memang jagonya dalam hal kerjasama, meski ia punya ratu yang disebut " Ratu semut" tapi memang semut nature-nya suka kerjasama walau tanpa menunggu aba-aba dari sang ratu. Semut sehati - sepakat memboyong makanan untuk dibawa ke sarang untuk dimakan bersama. Semut bekerja sama untuk mengangkut makanan tanpa menunggu komando, karena sebenarnya semut tidak ada pemimpin. Semut enggak pahit seperti manusia, mana susah diajak kerja sama yang ada menusuk dari belakang.


C. Suka memberi hormat sesama semut.

Pernah perhatikan semut yang sedang berjalan dan sedang berpapasan sesama semut? Kalau belum, coba cari semut, lalu pelototin dan perhatikan satu persatu perilakunya (atau lihat gambar diatas), bagaimana semut bertutur sapa ketika barisan semut berpapasan dijalan. Semut saling memberi hormat, mungkin kalau manusia saling bersalaman lalu sedikit memberi senyum kalau lagi moodnya enak. Kalau lagi tidak enak? Ya buang muka.


D. Semut tidak membangkang

Hahahahayyy, semut memang para prajurit yang terlatih sodara. Perhatikan saja ia tidak suka membangkang lalu mengambil jalan sendiri-sendiri yang ia suka, lalu bilang "suka-suka gue lah mau jalan dimana saya kok elo yang ngatur hidup gue". Semut itu jalannya lurus dan memilih satu jalan sesuai jalan yang dipilih pertama kali dilalui semut pertama. Sampai semut yang ke berapa ribu pun itulah tetap jalannya. Jadi barisan semut yang luar biasa.

Manusia? Pemimpinnya aja di caci maki, dihina, difitnah, direndahkan, tidak dihormati. Semut lebih bermartabat dari manusia padahal ada yang lulus es satu, es dua, es tiga, es Mambo sampai es teler. Soal karakter semut masih ahlinya.


E. Hemat dan bijaksana.

Anda harus memang benar-benar belajar dari semut dalam banyak hal terutama dalam hal kebijaksanaan. Belajarlah dari semut, semut perawakannya kecil dan bangsa yang tidak kuat tetapi ia menyediakan makanannya dimusim panas sehingga ketika musim hujan atau musim dingin ia tidak mengalami kelaparan.


Semut tidak pernah turun ke jalan-jalan demo berjilid-jilid menyatakan mereka kekurangan makan, anak mereka menggeliat kelaparan. Pada musim panas para pasukan semut bekerja keras tanpa henti-hentinya dan tak bermalas-malasan untuk menyediakan makanan dimusim dingin. Apakah semut lebih bijaksana dari anda? Semut tidak menghambur-hamburkan makanan ketiga semut sudah kenyang, tetapi membawanya dan mengumpulkannya didalam lumbung mereka.



2. Cicak.

rahasia dibalik cerita cicak, cicak menurut alkitab, arti dari cicak jatuh , makna cicak menurut islam

Cicak adalah jenis binatang reptil yang selalu ada diantara manusia, di rumah-rumah, gedung-gedung. Makanannya adalah serangga sejenis nyamuk, laron. Cicak ini sebenarnya bisa saja jadi teman manusia, karena sering membantu  dengan suka makan nyamuk yang suka ngisapin darah kita, kita pun terhindar dari gigitan yang menyebabkan bintik-bintik merah pada kulit.


Meski sebagian orang merasa jijik dengan binatang ini, dan ada juga yang merasa ketakutan padahal badannya yang tidak ada sejengkal dan rapuh ini. So what gitu loh? Masak sih sama cicak ketakutan padahal ini binatang tidak pernah mengganggu apalagi menggigit manusia. Sungguh keterlaluan orang yang menaruh rasa takut pada cicak ini^ :> kasihan sekali. Namun apapun itu kita harus tetap hargai kelemahan orang lain :)).


Apa sih keunikan dan inspiratif nya dari hewan reptil ini? Meskipun orang menganggapnya binatang, mungkin menggelikan bahkan menjijikkan namun binatang ini memiliki keistimewaan. Ia adalah hewan kecil yang bisa kita tangkap dengan tangan kita, tapi ia ada di istana raja-raja. Ayo.... Siapa yang sudah pernah ke istana raja? Atau ke kantor kepresidenan, atau dikamar raja-raja atau para ratu?. Kalau belum pernah dan kepengin, silahkan tanya kepada cicak tips dan trik masuk istana raja.



3. Rusa.

cara berburu rusa . kaki rusa yang kokoh dan kuat, tips jitu belajar cara tetap berdiri teguh saat masalah

Rusa disebut Raja batu, salah satu hewan berkuku belah ukurannya lebih besar dari kambing itu memiliki tanduk bercabang dan memakan rumput. Rusa salah satu hewan yang suka diburu oleh pemangsa, mulai dari singa, harimau, sampai manusia. Katanya dagingnya enak buat dimakan, penasaran sih karena belum pernah nyoba, dan tanduknya yang bagus menjadi buruan manusia pemburu karena sangat elegan ditaruh didinding bangunan


Hewan ini biasa hidup dipadang semak-semak belukar didalam hutan mencari makan, dan suka berpetualang ke bukit-bukit. Itu sebabnya rusa disebut sebagai hewan raja batu. Salah satu keunggulan dari rusa adalah kakinya kokoh dan kuat dan tanpa kendala berlari melompat dibukit berbatu. Kaki yang kuat menandakan bahwa ia kuat menghadapi masalah, tidak mudah mewek, tidak mudah menyerah, tidak gampang takut tidak gampang kuatir.




4. Pelanduk

cara pintar jitu membangun rumah, contohlah binatang pelanduk

Pelanduk adalah hewan kecil menyusui sebangsa dengan rusa atau kijang. Ada juga yang bilang sebangsa dengan kancil. Apapun itu hewan ini termasuk hewan lemah sama seperti hewan-hewan kecil lainnya dan termasuk kedalam hewan mamalia. Uniknya hewan ini sangat cerdik. Ukuran tubuhnya yang kecil dan lemah tidak ia biarkan menjadi santapan binatang-binatang predator yang lapar yang tubuhnya lebih besar dari ukuran tubuhnya. Binatang ini pintar menjaga kelangsungan hidupnya dan anak-anaknya, sehingga membangun rumahnya di atas bukit-bukit batu yang sulit dijangkau oleh predator. Sekilas bentuk binatang yang menyerupai kancil ini lucu dan menggemaskan.


5. Burung rajawali.

cara mengatasi berdiri didalam masalah, tips menjadi orang kuat. cara menangkap burung rajawali

Burung rajawali adalah sebangsa unggas yang bersarang di dahan-dahan tinggi, dan makanannya mau tahu? biasanya jenis unggas makasannya adalah biji-bijian tetapi burung ini sangat istimewa karena burung ini mencari makanannya dilaut untuk mencari ikan dan sering diumpamakan sebagai burung yang gagah dan perkasa. Apa saja yang menjadi ciri dan kerakteristik dari burung rajawali? Yuk simak, apa saja Inspirasinya bagi kita.

A. Burung ini mendirikan sarangnya dibukit batu yang tinggi.

Sulit mendapatkan tempat bersarangnya burung ini karena ia membuat tempatnya memang jauh ditempat-tempat yang tinggi yang sulit dijangkau oleh predator. Rajawali bukanlah burung iprit yang takut kepada ketinggian yang hanya membuat sarang di ilalang dan ranting-ranting kecil yang bila di terpa angin bisa runtuh.


B. Pandangan matanya yang tajam.


Bayangkan dari ketinggian berapa mil burung ini mampu melihat mangsanya dari jauh sehingga dengan sigap tanpa ragu dapat mencengkeram mangsa dengan cakar kaki yang kuat. Dalam sekejap ia langsung menangkap dan membawanya terbang tinggi. Tak heran kalau ia membuat sarangnya di bukit-bukit dan dahan-dahan yang tinggi, matanya yang tajam dapat mendeteksi keberadaan musuh maka dengan mudah ia mengendalikan situasi

C. Kecepatan terbang


Dalam menangkap mangsa bisa dilakukan secepat kilat menyambar, tanpa sempat memberi peluang kepada mangsanya untuk menyelamatkan diri. Coba bayangkan kalau iia sebangsa bekicot, bisa-bisa ia tidak makan karena kalah cepat dengan yang lain. Sekali kepak, ia terbang bersama angin mengarungi samudera luas


D. Kuat menghadapi badai.


Salah satu ciri khas dari burung rajawali adalah kekuatan sayapnya dalam menghadapi badai. Orientasinya bahwa burung rajawali terbang tinggi bukan hanya faktor sayapnya yang panjang dan besar tetapi selain sayap yang membuat burung ini terbang membubung tinggi jauh ke angkasa adalah kemampuan menghadapi angin kencang, semakin kuat angin bertiup semakin tinggilah ia terbang. Supaya ia terbang lebih jauh, burung rajawali akan menunggu angin kencang menerbangkannya untuk mengangkasa. Jadi dengan kata lain burung ini senang bermain-main dengan badai. Kalau anda mau kuat menghadapi badai belajarlah seperti burung rajawali.



6. Singa

cara melawan singa. cara terhormat, belajar dari induk singa yang tidak makan anaknya

Singa disebut sebagai raja hutan karena merupakan lambang kekuatan dan kekuasaan. Singa lebih kuat dar semua binatang, suara aumannya yang keras membuat hewan lain lari ketakutan dan segera berlari mencari tempat persembunyian untuk menyelamatkan diri.


Dalam falsafahnya singa adalah makhluk paling buas dan ganas sehingga binatang ini disebut penguasa hutan. Tetapi yang lebih buas dari pada itu ternyata masih ada. Singa yang disebut makhluk pemangsa tidak akan pernah mau memakan anaknya sendiri untuk mengenyangkan rasa laparnya, bahkan ia rela mati kelapangan asal tidak makan anaknya. Lain hal dengan manusia yang tega membunuh anaknya sendiri bahkan lebih buas dari binatang bahkan singa sekalipun.


7. Beruang

cara meracuni beruang supaya mati. ciri orang pendendam ada dibinatang beruang,

Beruang hampir mirip ganasnya dengan dengan singa, perbedaan dari kedua binatang ini meski sama-sama binatang buas tapi singa yang disebut dengan Raja hutan, bukanlah pendendam. Yang tidak boleh jangan sampai beruang kehilangan anaknya, karena memang beruang ini sifatnya pendendam ia tidak rela kehilangan anaknya. Ia akan mencabik-cabik orang yang memangsa anaknya.


Sebuah perjuangan yang luar biasa dari seekor beruang untuk menyelamatkan anaknya. Kuku panjang dan tajam merupakan senjata beruang untuk mengoyak-ngoyak tubuh yang mencoba memburu anaknya. Ayo siapa disini pendendam, hati-hati nanti jadi beruang kutub :)).


8. Ayam jantan.

cara meracuni ayam tetangga yang menyusahkan, ayam si raja kawin

Suka sekali daging ayam jago, saat menyebut ayam yang terlintas di otak saya adalah dagingnya yang enak dan lezat. Tapi tahukah dibalik bulunya yang cantik berwarna-warni rupanya ayam jantan ini disebut hewan yang angkuh atau kalau lebih pas disebut binatang yang angkuh.

Tahukah anda, saat ayam ini berjalan ia mendongakkan kepalanya dan suka kawinin semua ayam-ayam betina yang bersama dengannya, menunjukkan seolah-olah ia adalah ayam jantan yang terhebat diantara semua ayam-ayam yang ada. Sambil mengepak-ngepak sayapnya berusaha menggoda ayam-ayam yang sedang ayik mematoki biji-biji di tanah.


9. Anjing 🐕

cara memelihara anjing. Anjing cirinya adalah penurut dan setia

Jangan dibayangkan sayur kol, nanti pada ngiler pengen nyicipin. Lupakan dulu sayur koolnya, kita tidak mau bahas itu. Anjing adalah hewan carnivora yang disukai banyak orang bahkan tak segan untuk menciumnya karena memang sangat dekat dengan manusia. Anjing banyak dipelihara dan diberdayakan manusia untuk menjaga rumah dan tuan rumah, mencari mayat, menjadi pelacak karena anjing memiliki penciuman yang sangat tajam sehingga sering dilatih untuk kepentiangan pencarian.

Hampir di seluruh dunia terdapat anjing peliharaan, walaupun disetiap negara terdapat ras anjng, anjing Shitzu, buldog, westy, chi hua-hua, Hasky dll
Anjing terkenal dengan kesetiannya terhadap tuannya dan ganas dengan orang yang tidak pernah ia kenal. Kebiasaan anjing menjilat tangan tuannya sebagai tanda anjing sayang dan hormat kepada tuannya bahkan kepada orang lain yang suka memberinya makan, menggoyangkan pantat dan ekornya saat tuanya pulang dari bepergian dan mengikuti dari belakang saat mau bepergian.

Anjing sangat menghargai orang yang memberinya makan, dan tidak menggigit dari belakang saat  dia lapar dan setelah kenyang, dia tidak menggonggong saat dimarah-marah.

10. Burung merpati.


cara menangkap burung merpati. merpati lambang kemurnian, ketulusan, dan kedamaian. memelihara burung

Burung merpati adalah salah satu jenis unggas yang tidak memiliki empedu. Dulu waktu saya masih SD saudara laki-laki saya banyak memelihara burung merpati. Jinak-jinak. Satu hal dikatakan Abang saya bahwa burung merpati kalau ia di sembelih jangan sampai temannya mencium bau darahnya. Kalau sampai kawanan merpati lain mencium maka merpati-merpati yang masih hidup ini akan meninggalkan rumah-rumah mereka dan pergi menemui kawan-kawannya ditempat lain.

Jadi saya menduga kalau kebetulan ada yang memelihara burung merpati ditempat yang berbeda tiba-tiba ada merpati datangan, bisa jadi ditempat ia berasal terjadi pembunuhan.

Burung merpati dilambangkan sebagai simbol kemurnian, ketulusan, kejujuran. Ia tidak punya empedu yang melambangkan kepahitan didalam dirinya ataupun dendam. Itu juga sebabnya merpati sering dipakai ikon dalam suatu acara atau perayaan hari besar. Bahkan anak muda yang tahu tentang hari valentine tahu dengan lambang merpati ini, yang dilambangkan sebagai lambang kemurnian cinta.


11.  Ular🐍


cara menghilangkan bisa ular. ular binatang paling licik didunia. tips menangkap ular

Selain ditakuti karena giginya yang tajam dan berbisa, ular binatang paling cerdik diantara semua binatang dimuka bumi ini. Bayangkan waktu kejatuhan manusia kedalam dosa, ularlah yang punya andil besar sebab berhasil membuat bujuk rayu kepada perempuan itu (hawa) untuk memakan buah pengetahuan tentang yang baik dan burukr. Dari bentuk tubuhnya yang menggeliat, licin dan melilit persis bentuk dan liuk tubuhnya membuat ular ini sulit di prediksi, kita jadi sadar ularlah yang pertama kali memperdaya manusia dengan segala kelicikannya.


Suatu pelajaran penting bahwa kelicikan seringkali sarana untuk menjatuhkan seseorang kedalam jurang kehancuran. Seperti bisa yang mematikan membunuh karakter orang lain. Mulai tipu-tipu yang menjanjikan padahal dibalik itu tersirat maksud jahat untuk menjatuhkan dan membunuh orang lain.


Itulah 10+ jenis binatang yang menginspirasi dan mengisahkan sebagian besar perilaku manusia. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua 
10+ Jenis Hewan Ini Sangat Meng-Inspiratif, Tips Bagus Belajar Sifat 10+ Jenis Hewan Ini Sangat Meng-Inspiratif, Tips Bagus Belajar Sifat Reviewed by Risda Nababan on March 26, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.