Ciri-ciri Blog Bagus, Cantik dan Keren versi Penulis

blog seo, fast loading, responsive, blog yang menghasilkan uang, blog cabtik

Memperbandingkan blog-blog orang lain dengan blog kita memang tidak ada habisnya. Dan pada dasarnya semua blog itu cantik dan keren adanya kalau menurut saya. Karena kecantikan itu relatif sesuai porsi masing-masing dalam mendesign dan melihat keindahan itu dari sisi mana. Begitu pun saya melihat seperti apakah ciri-ciri blog yang bagus, keren dan cantik itu.

Memang, mengelola blog tidaklah perkara mudah apalagi bagi yang masih pemula seperti saya. Dalam memilih Template pun sangat kesulitan. Lihat contoh-contoh templatenya para senior sekelas mas Sugeng, maxmanroe, strukturkode, jalan tikus, kompi ajaib, Arlina desain dan yang lainnya yang keren kadang ngiler dibuatnya.

Wajar memang karena mereka ahli otak-atik template dan hal bidang SEO, Blogging, HTML Nah kalau saya yang hanya meraba-raba soal itu dan kadang yang diraba pun tidak nemu karena tidak punya dasar yang cukup untuk itu. Kalau tidak baca tutorial mereka tidak bisa jalan.


Terkadang saya capek sendiri mengelola blog yang tidak berujung ini. Udah bertahun-tahun ngeblog soal template pun gak lulus-lulus, apalagi bagian html, breadcrumbs, atau bagian apalah itu. Lihat blog si Anak pengennya gitu, lihat lagi blog si C pengen lagi, lihat lagi blog si K tambah pusing. Kerja hanya bongkar pasang. Lalu kapan kerjanya?

Sampai suatu hari karena tertarik dengan tampilan blog seseorang lalu dengan semangat 45 saya putuskan untuk beli template. Template pun di beli. Malangnya template itu tidak kepake alias pengangguran di folder saya sampai hari ini. Alasannya pas dipasang, pengunjung nya terjun bebas sodara... Sedih hati ini 😫😫
Disitu saya mirisnya bukan kepalang. Kalau ditanya kenapa begitu?
Sayapun tidak tahu jawabannya.
Pokoknya nganggur aja.


So, kembali kejudul, seperti apakah ciri-ciri blog yang bagus, cantik dan keren itu? Tak perlu saya bicara SEO, itu cukup mereka yang ahli bicara soal itu karena sayapun gak ngerti tentang SEO. Saya hanya mendiskripsikan dari pandangan sederhana dan umum. Simak saja apa saja ciri blog menurut blog ini.


1. Banyak iklannya.

Secara orang tidak mungkin taruh rak pajangannya atau barang dagangananya ditoko yang jelek atau berantakan. Jadi sistematisnya jika dagangan kamu diserbu orang tandanya barang barang ditokomu  bagus dan keren.

Tak peduli kamu pakai dekor desain siapa, yang ecek-ecek bahkan yang design paling handal dan terkenal sekalipun tapi kalau blogmu sepi dari peng-iklan atau nyaris tak ber-iklan atau tak beriklan sama sekali tandanya bahwa blogmu buruk.

Blog bagus , keren dan cantik adalah blog yang dapat memberi impact yang bermanfaat dari semua sisi. Dan impact-nya adalah bahwa hasil tidak akan pernah berbohong. Kalau blogmu tidak memberikan hasil apa-apa dari apa yang sudah kamu lakukan jangan bilang itu blogmu bagus.


Blogku ini juga adalah termasuk blog terburuk yang pernah saya lihat. Bayangkan bertahun-tahun ngeblog gak di approve-approve sama google  adsense. Apalagi hal terburuk dari penolakan. Dan saya harus akui itu. Seandainya blog ini cantik dan keren tentu google adsense sudah meng-approve pendaftaran saya.


2. Ramai pengunjung.

Pengunjung adalah tolak ukur kedua yang saya pakai untuk menilai blog itu bagus apa tidak. Tentu banyak  dipengaruhioleh:
* Konten berkualitas
* SEO
* Kecepatan loading.

Sisi buruk yang paling akut menurut saya adalah konten. Kualitas konten sangat mempengaruhi kegemaran pembaca dalam memilih bacaan yang dia suka dan bermanfaat. Walaupun tampilan bagus kalau kontennya tidak jelas juntrungannya kemana, bahasanya sulit dimengerti, tidak ada makna yang didapat, lambat lain akan membuat pencari berita menyingkirkan blog kita meski ketemu di halaman depan pencarian google.


Sama seperti saya, kalau misalkan saya cari tutorial tentang blog, pas saya coba tutorialnya tidak berhasil, kalau dilain waktu saya lihat alamat blog itu meski diurutan pertama pencarian, saya akan cari blog lain meski kehalaman kedua, ketiga dan seterusnya. Saya tidak akan klik itu situs, meski dalam pencarian kata kunci yang berbeda. Jadi jangan asal buat konten. Konten mahal karena bisa menjawab kebutuhan pembaca. Spesial lebih mahal dari umum. Jadi bermurah hatilah dalam memberikan konten yang bermutu, jangan memanipulasi pencari informasi sekalipun blogmu sudah dalam urutan ranking terbaik di google. Hanya blog yang menyajikan konten/ tutorial akurat dan teruji baik yang akan bertahan eksis dari kegenerasi ke generasi.


3.Tampilan template blog yang menarik.


Ada beberapa hal yang harus mendominasi kenapa tampilan menjadi jelek terutama nih dimata saya dan barangkali mata pembaca pada umumnya.:

* Tulisannya terlalu kecil.

Tidak semua pembaca yang matanya sehat dan normal dan bisa melihat semua ukuran text. Jadi jangan buat mata kita jadi acuan untuk menampilkan jenis tulisan untuk pembaca. Pakailah ukuran standard dan normal, jadi siapa saja yang mengunjungi blog kamu tidak buru-buru mengklik tanda silang atau tanda panah buat putar haluan. Suguhkan ukuran tulisan yang nyaman buat pembaca.

* Template yang terlalu sederhana.

Mungkin dengan alasan yang fast responsive sampai tidak menampilkan apa-apa pada blog. Gak begitu juga kali.
Pengunjung juga tidak tertarik blog yang sangat sederhana yang tidak memberikan warna yang berbeda, iya kan?
Perlu ada warna yang bisa memberi sentuhan keindahan pada blog.


4.  Iklan yang ditaruh ditempat yang nyaman yang tidak menutupi konten.

Ais kalau udah begini, meletakkan ikan sampai menutupi konten kelihatan banget niatannya buat uang, iya kan?
Aku pengalaman loh, waktu buka situs seseorang, yang pertama disuguhkan adalah iklan. Sampai bingung, gimana nutupnya? apalagi ko bukanya pakai gadget, internet lagi kurang stabil. Pas di klik-klik malah buka tab lain, dah buru-buru aku tutup. Kan ujungnya tidak jadi deh baca konten padahal judulnya udah bagus dan bikin penasaran. Eh lihat iklan nongkrong di konten keburu balik kanan. Eh orang itu ya butuh informasi dari situsmu lewat kata kunci, bukan iklannya. Tidak salah ngiklan tapi ada aturannya, iya kan?
Main cantik gitu....

Jangan bilang karena blogku gak ada iklan ya! Suatu saat ada iklan gak akan buat model gitu. Aku akan hargai pengunjung ku biar pada ketagihan.😃😎😎😎😎🤣🤣.

Dalam ber-iklan juga perlu etika serta attitude, bukan asal taroh. Mentang punya layanan iklan jadi sembarang taruh dimana. kasihan pengunjung yang kuotanya terbatas. Uang juga penting tapi jangan sampai mengabaikan kenyamanan pengunjung.
Masih ingat kan filosofi pembeli?
Pembeli adalah raja.Dimana-mana pelayanan prima dicari orang, bayar mahalan dikit asal nyaman gak masalah.

Silahkan bagi anda yang mau menanggapi apakah anda setuju dengan apa yang saya sajikan tentang ciri-ciri blog yang bagus, cantik dan keren versi blog ini?. Dilarang tersinggung karena saya juga menyinggung diri saya sendiri sebagai pemilik blog yang tidak beriklan. Ini bak pedang bermata dua.
Ciri-ciri Blog Bagus, Cantik dan Keren versi Penulis Ciri-ciri Blog Bagus, Cantik dan Keren versi Penulis Reviewed by Risda Nababan on February 13, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.