Tips memilih Handphone / Smartphone sebelum memutuskan untuk membeli




Memilih smartphone atau hp Android sebelum membeli sebenarnya bukan perkara sulit bila memiliki budget yang banyak. Harga Smartphone Android akan mengikuti kualitas dan spesifikasi barang, semakin mahal maka semakin lengkaplah fitur yang digadang dan semakin unggul spesifikasinya.


Pertimbangan-pertimbangan berat saat membeli suatu barang terjadi saat uang yang kita miliki saat itu terbatas. Coba kalau uang banyak, yang dipertimbangkan hanyalah merek barang yang akan dibeli. Sekilas info saja membaca ulasan, hanya menjawab rasa keingintahuan saja. Tetapi kan tidak ada salahnya juga mempelajari tips memilih Hp smartphone sebelum memutuskan untuk membeli, bukan? Inilah hal-hal yang harus kamu ketahui sebelum memutuskan untuk membeli HP smartphone:

1. Pertimbangan ukuran RAM (Random Acces Memory)




RAM disini berfungsi untuk mendukung kecepatan kinerja prosesor yang lebih baik. Hal penting yang perlu diperhatikan saat ingin membeli hp adalah RAM, semakin besar kapasitas RAM yang dimiliki sebuah smartphone, maka semakin cepat untuk membuka akses ke aplikasi.  Semua aplikasi yang kamu jalankan, soal kecepatan sangat bergantung dengan RAM selain sinyal tentunya, saat aplikasi berjalan secara otomatis file cache akan tersimpan di dalam RAM.


2. Kapasitas memory Internal.



Dukungan memory Internal sangat berpengaruh terhadap pertimbangan sebelum membeli. Kenapa? 
A. Dalam memory internal tersimpan semua aplikasi, tools dan data mengenai smartphone yang ada ditangan kamu.

B. Kebutuhan browsing semakin banyak, dan dapat dipastikan akan semakin banyak aplikasi yang akan kamu install kedalam smartphone kamu, dan itu ditampung didalam memory internal.

C. Aplikasi baik bawaan maupun hasil instalasi setiap waktu melakukan pembaharuan dan tentu kapasitas nya lebih besar dari sebelumnya. Maka untuk menampung kapasitas itu diperlukan tambahan tempat, jika tidak mencukupi maka upgrade tidak bisa terjadi dan kamu akan menggunakan aplikasi yang kadaluarsa.

Meskipun tersedia memory eksternal yang bisa di up sampai 100-an mega pixel, tapi itu tidak untuk aplikasi. Memory eksternal hanya berguna untuk penyimpanan foto, videa, musik, dll dan tidak untuk aplikasi.


3. CPU & Prosesor. 


Ada beberapa prosesor yang diluncurkan untuk mendukung kelancaran dalam multitasking sebuah smartphone. Kenyaman pengguna smartphone juga sangat bergantung pada tingkat prosesor yang disematkan dalam smartphone kamu, core-nya berapa dan prosesor apa dan kecepatan berapa hertz. Semakin bagus Prosesernya maka semakin tinggi pula dukungan aplikasinya.


4. OS (Operating System).


Semua tergantung pada kebutuhan pengguna, karena juga tidak semua pengguna smartphone tahu tentang kegunaan OS. Tapi bagi mereka yang bergelut dengan bisnis offline maupun online, OS merupakan pertimbangan penting dalam memilih sebelum membeli smartphone. Seiring kemajuan jaman ada aplikasi yang tanpa didukung OS yang tinggi tidak bisa menjalankan operasinya. Semisal untuk aplikasi perbankan, hanya bisa digunakan di aplikasi dengan sematan OS tinggi. Saat ini OS yang disematkan pada android masih versi android oreo.


5. Camera / kamera.



Model saya yang suka berpetualang dan senang mengabadikan setiap momen yang saya kunjungi, selain yang sudah diulas diatas, tentu keberadaan kamera dengan hasil jepretan yang bagus menjadi salah satu pertimbangan dalam memilih sebelum membeli HP smartphone android. Karena selain simpel karena tidak perlu lagi beli  kamera khusus berpoto, jadi pilihannya adalah Smartphone yang mendukung kamera beresolusi tinggi dan kapasitas mega piksel yang memadai.


6. Display


Berbicara display menyangkut ukuran layar dan kerapatan warna sebuah smartphone. Ukuran layar smartphone bervariasi, dan semakin kesini semakin besar pula ukuran inch layar display yang diluncurkan. Penggunaan smartphone yang terus menerus membuat layar kecil tidak lagi digemari, karena ukuran kecil semakin menyulitkan menggunakannya. Saat artikel ini diluncurkan smartphone sudah memiliki layar IPS LCD 6.3 inch. Cukup besar tentunya.


7. Kapasitas Daya 🔋 Baterai.



Baterai salah satu pendukung penting aktivitas smartphone tetap menyala /on. Banyaknya aplikasi yang dimiliki sebuah smartphone yang selalu aktif memungkinkan cepat habisnya daya baterai yang tersedot. Smartphone masa kini sangat jauh berbeda dengan handphone masa dulu yang bisa menyala dalam siaga selama 6 hari.  Aktivitas aplikasi smartphone yang banyak sangat mendorong cepat kehabisan daya baterai. Oleh karena itu kapasitas daya baterai sangatlah perlu diperhatikan. Kamu tidak mau aktivitas browsing dan online kamu terganggu karena daya baterai yang terlalu kecil atau tidak sesuai spesifikasi smartphone kamu.


8. Flash charge (Kecepatan isi daya baterai)



Industri tinggi teknologi VOOC  telah menciptakan tegangan rendah dengan resolusi pengisian arus tinggi sehingga memungkinkan pengisian yang lebih cepat.  Tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam menunggui saat baterai di charge sampai penuh. Keunggulan ini tentu sangat membantu terutama saat perjalanan lama. Tidak  dapat dipungkiri semua harus serba cepat. Inovasi untuk menciptakan teknologi fast charge sangat disambut antusias oleh pengguna smartphone yang mengiginkan kecepatan beraktivitas.


9. Harga Smartphone


Bagian terpenting adalah harga untuk sebuah smartphone yang akan kamu beli. Setelah mempertimbangkan semua aspek diatas tentu harga juga tak kalah penting. Setelah melirik beberapa merek dan membaca deskripsi, apabila harga sesuai dengan budget kamu, dan deskripsinya sudah pas, tidak akan ragu-ragu untuk menjatuhkan pilihanmu kepada salah satu merek dan type smartphone.


10 Garansi smartphone yang diberikan oleh counter.


Sebelum memutuskan untuk membeli kamu juga harus tahu dan bila masih ragu-ragu tanyakan kepada petugas counter garansi barang yang dijual. Ini demi kenyamanan kamu apabila suatu waktu smartphone yang kamu beli mengalami kendala selama pemakaian.

Counter yang mencover penjualan smartphone, biasanya memberikan garansi selama satu tahun. Sebelum mencapai waktu itu biaya servis untuk smartphone yang kamu beli,  Gratis. Carilah garansi sesuai merek smartphone bukan garansi toko atau garansi distributor.

Itulah beberapa tips memilih smartphone sebelum kamu memutuskan untuk membeli.
Tips memilih Handphone / Smartphone sebelum memutuskan untuk membeli Tips memilih Handphone / Smartphone sebelum memutuskan untuk membeli Reviewed by Risda Nababan on November 15, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.