Gagal Mengatur Keuangan? Baca Dulu Rahasia Sukses dari Pakarnya

Belajar mengatur pendapatan dan pengeluaran
Perencanaan Keuangan//kredit photo//Ig:tgraneau


Mungkin kamu adalah salah satunya  orang yang selalu saja kehabisan uang. Sudah bertahun-tahun bekerja, keadaannya masih belum ada perubahan, masih gitu-gitu aja. Pengen bisa sukses, pengen bisa keluar dari masalah keuangan, pengen buka usaha tetapi selalu terkendala modal, pengen ini dan itu. Oke, saya paham itu 😊😊.  Kalau kamu sudah sadar bahwa kamu harus keluar dari masalah keuangan, kamu berada di tempat yang tepat. Kamu harus tahu rahasia ini bagaimana caranya keluar dari kegagalan mengatur keuangan dan disinilah rahasianya.

Waktu kita lulus sekolah kita disuruh kerja tapi tidak diajari cara melamar kerja, kita disuruh cari kerja tetapi tidak diajari cara mencari uang dan kecerdasan keuangan. Dan ternyata kecerdasan keuangan lebih tabu dari kecerdasan sexsual. Di kelas 3 sekolah dasar, kecerdasan seksual sudah diajarkan, Kecerdasan keuangan sampai S3 pun tidak diajarkan. Kecerdasan keuangan kita tahu dimulai dari dua hal yaitu PENDAPATAN dan PENGELUARAN (INCOME and SPENDING)



PENDAPATAN


Pendapatan adalah sejumlah uang yang diterima dari aktivitas perorangan ataupun perusahaan atau penjualan dari barang atau jasa.

Yang kita tahu pendapatan itu ada 3

1.aktive income /pendapatan aktif
2. Passive Income/ pendapatan pasif
2. Portpolio Income

◤Aktif Income


Aktive income adalah dimana anda dibayar untuk apa yang anda kerjakan. Aktif income ada 3 :


  • Kita dibayar atau digaji sebagai karyawan 
  • Kita dibayar sebagai profesional, jadi dosen, sebagai lawer, wartawan atau dengan kata lain kita menghasilkan saat kita ada.
  • Sebagai pengusaha tapi belum autopilot. Jadi terpaksa harus anda, anda yang merangkap direktur kebersihan, direktur keuangan, direktur penjualan, direktur pembelian. Semua anda yang rangkap. Bisnis tanpa anda disebut aktif income.

◤ Passive income.

Tidurpun dapat uang, rumah disewakan, ruko disewakan, properti disewakan,Tanah bagi hasil, sarang walet, franchise yang jalan tanpa kita, franchise yang banyak dikerjakan orang-orang, multi level yang jalan tanpa kita, Agen-agen asuransi yang agen-agennya sudah jalan tanpa kita. Tentu saja passifve income ini sangat penting, tapi sayang sekali banyak orang yang tidak punya goal untuk passive income. Akibatnya seumur hidup tidak punya passive income, begitu ia tidak bekerja, hidupnya susah.


◤Portpolio Income

Portofolio adalah pendapatan dari hasil berinvestasi
Secera sederhana adalah capital game atau tepatnya yang berhubungan dengan bursa saham, reksadana, kontak berjangka dan lain sebagainya. Sayangnya orang biasanya berinvestasi hanya rumah saja yang terjadi jika harga rumahnya meningkat, dulu, beli rumah 2,4 M sekarang 25 m. berarti ada 22,5 M itu invisible income,  Dengan income portpolio dengan tidurpun anda tambah kaya. harusnya tambah satu dan tanpa anda sadari


PENGELUARAN. 


Pengeluaran adalah expenditure atau pengeluaran sejumlah uang untuk pembayaran sejumlah barang atau  jasa baik saat sekarang maupun dimasa yang akan datang.

Secara umum ada 3 jenis pengeluaran:

a. Pengeluaran produktif 
b. Pengeluaran konsumtif
c. Pengeluaran kesannya Konsumtif tapi produktif.


◢ Pengeluaran produktif

Kalau yang disebut dengan pengeluaran produktif, itu tadi untuk investasi atau  disebut passive income dan portopolio income. Anda keluarkan uang untuk investasi ini pengeluaran produktif.

◢ Pengeluaran Konsumtif 

Pengeluaran konsumtif ini ada tiga jenis:

1. Pengeluaran langsung habis

Apa itu pengeluaran langsung habis? Saya mengajar anak-anak umur 12 sampai 21 tahun. Lalu saya mengajukan pertanyaan: kalau saya kasih uang 50 juta, kamu gunakan buat apa? Langsung ada yang tulis, 24 juta buat beli sepatu. Sepatu apa 24 juta? Ini merek tertentu pak, bapak ketinggalan, sepatu nya keren loh pak.

Ini pengeluaran langsung hilang. Tiga tahun kemudian sepatu dijual, laku atau tidak? Anda makan, beli baju, beli langsung habis, langsung hilang. Ini disebut pengeluaran konsumtif langsung hilang



2. Phase spending.

Anda langganan macam-macam yang tidak anda pakai, termasuk karyawan yang tidak pernah produktif. Anda kemudian beli mobil yang setiap bulan menghabiskan uang pengeluaran, selalu keluar bensin, sparepart. Ini semua phase spending, tidur pun uang harus keluar. Ini yang berat, sebaiknya anda harus sangat menghindari dari phase spending.


3. Invisible spending

Tidur pun Anda dirampok tanpa anda tahu dan sadari. Contoh harga mobil. Anda beli mobil tahun 2009,  kamu beli mobil merk Mercy  seri S-Class  seharga 1.850 M, begitu tahun 2017 kamu jual seharga 350 juta. Hilang 1.5 M. Kalau belinya pakai Income passive bisa kebayang, masih untung pada saat belinya pakai passive income jadi aman.

◢ Konsumtif tetapi produktif. 

Pengeluaran yang kesannya konsumtif tetapi sebenarnya produktif:
  1. Pengeluaran Untuk belajar
  2. Pengeluaran untuk bergaul dengan orang-orang kaya untuk belajar ilmu baiknya bukan dunia jeleknya yang anda pelajari tapi positifnya, jangan yang jeleknya diambil.
  3. Pengeluaran untuk amal. Kelihatnnya konsumtif tapi sebetulnya membawa berkat luar biasa bagi kita

Jadi penjelasannya adalan begini:

1. Sebelum anda punya penghasilan seperti anak-anak kecil diatas, negeri ini bisa bangkrut, rakyat-rakyatnya miskin, kenapa? Karena belum punya penghasilan sudah pinter boros-boros.


2. Banyak orang miskin tetap miskin, karena baru punya aktif income sudah kebanyakan gaya. Menurut hukum fisika, hukum alam ciptaan Tuhan; gaya sebanding lurus dengan tekanan, karena kalau kamu kebanyakan tekanan berarti kebanyakan gaya.

Boleh tidak kita bergaya? Boleh, ketika passive income anda jauh lebih besar dibanding gaya hidup anda maka anda hidupnya tanpa tekanan.


Semoga mulai hari ini kecerdasan keuangan diajarkan disekolah.

Sumber:
https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=1164410240376262&id=776952205788736
Gagal Mengatur Keuangan? Baca Dulu Rahasia Sukses dari Pakarnya Gagal Mengatur  Keuangan? Baca Dulu Rahasia Sukses dari Pakarnya Reviewed by Risda Nababan on November 30, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.