Tips dan Trik Aman Belanja Online Biar Terhindar dari Penipuan



Kemudahan bertransaksi hanya dengan sekali klik dimanfaatkan oleh pengguna gadget yang ingin hidup praktis. Kesempatan ini sangat membantu bagi pengguna yang terbiasa disibukkan oleh rutinitas. Belum lagi tawaran-tawaran yang menggoda membuat pengguna media sosial semakin tergiur dengan cara belanja online. Tapi yang perlu diingat jangan mudah terobsesi dengan iming-iming oleh tawaran harga murah. Apalagi belum jelas kredibilitas penjualnya. Perhatikanlah terlebih dahulu tips dan trik belanja aman online supaya kamu tidak mengalami tertipu dengan bisnis gadungan.


1. Pastikan situs belanja online kamu adalah situs terpercaya dan terverifikasi. Dengan cara ini uangmu akan aman saat belanja.




Banyak situs belanja saat ini yang memperjualbelikan jenis barang yang kamu butuhkan. Karena toko online sudah merupakan market yang banyak digemari oleh semua kalangan dan usia. Dibeberapa sisi toko online adalah tempat yang ideal untuk membeli barang dengan praktis dan murah. Barang yang diperjualbelikan beragam disini, mulai dari produk makanan,  fashion, kosmetik dan kecantikan, peralatan dan perlengkapan rumah tangga, perlengkapan sekolah serta kebutuhan lainnya.

Untuk lebih simpel mengetahui apakah situs atau toko online yang kamu tuju itu aman buat belanja atau tidak, sebaiknya cari dan baca dulu ulasan-ulasan yang ada didalam situs tersebut dan pastikan ada kontak yang bisa dihubungi dalam situs tersebut . Bisa juga kamu cari diartikel lain karena biasanya, jika pernah terjadi kejanggalan, atau penipuan, situs lain akan membahasnya. Untuk toko anline semisal Facebook, Instagram dan sejenisnya, kamu bisa baca testimoni orang yang sudah pernah belanja. Semakin banyak bukti yang bisa kamu kumpulkan tentang keberadaan toko tersebut, semakin jauh kamu dari korban penipuan.


2.  Cari situs toko online yang memberikan layanan Pembayaran COD (Cash On Delivery)



Saat ini beberapa situs telah menyediakan layanan sistem pembayaran COD. Ini suatu keuntungan bagi kamu yang sering berbelanja di toko online. Pembayaran ini dilakukan saat barang sudah kamu terima, jadinya tentu lebih aman. Disisi lain kamu tidak perlu ke Atm untuk transfer uang untuk barang yang kamu beli, cukup tunggu saja dirumah barang sampai ketangan kamu barulah kamu bayar.


Atau jika kamu punya kartu kredit bisa gunakan untuk belanja. Sebagian penyedia layanan kartu kredit, banyak yang memberikan tambahan diskon bagi pengguna. Yang harus kamu ingat jaga tetap keamanan kartu kredit kamu karena banyak modus yang digunakan untuk menipu meski dengan modus toko online. Jangan pernah memberi tahu nomor kartumu kepada orang lain



3. Sebelum membeli barang cek dulu beberapa toko online untuk mendapatkan harga terbaik..



Sangat mudah orang tergoda dengan harga murah. Kesempatan ini sering dimanfaatkan situs yang berkedok toko online untuk menipu calon pembeli. Padahal sudah tentu ada batasan harga dipasaran. Pebedaan harga mungkin saja terjadi tetapi tetap yang masuk akal dong.  Mana ada penjual yang mau menjual barangnya supaya rugi kecuali barang yang dijual berbeda kualitas yang ada dipasaran.

Jangan pernah terburu-buru membeli barang yang terdapat dalam situs hanya karena harganya lebih murah padahal kamu saja tidak membutuhkan. Pas barangnya sudah sampai, lihat barangnya kamu menyesal karena tidak sesuai ekspektasi kamu.


4. Baca tanggapan dan penilaian pembeli terhadap barang yang dibeli di situs toko online.



Kualitas barang yang akan kamu beli bagus atau tidak tergantung pembeli yang memberikan tanggapan pada kolom komentar yang tersedia. Biasanya pembeli dengan jujur menyampaikan respon terhadap barang yang mereka beli. Semakin banyak respon positif artinya barang yang kamu beli semakin bagus kualitasnya.

Kamu tidak bisa bermalas-malasan untuk membacanya karena itu sangat membantu mereferensikan suatu barang yang akan kamu beli.


5. Pelajarilah terlebih dahulu kebijakan situs sebelum melanjutkan untuk menyetujui pembelian.



Sebelum mengakhiri transaksi, situs yang kamu kunjungi seringkali menyuguhkan bacaan yang panjang kali lebar. Disaat itu pula seringkali kamu mengabaikan tulisan itu karena menganggap itu tidak penting. Belanja-belanja saja, yang penting barang yang dibeli sampai ketahap akhir. Karena setelah menemukan barang yang kamu cari kamu lebih senang mengklik tulisan "Ya" dan "Lanjutkan".  Padahal dalam kebijakan situs ini kamu bisa tahu informasi tentang barang yang sudah kamu beli. Disaat barang yang kamu beli tidak sesuai dengan harapan kamu lalu apa yang akan kamu lakukan?.

Dalam kebijakan situs ini sebenarnya kamu diberitahu jika barang yang kamu beli rusak atau gimana apa yang harus kamu lakukan,  bagaimana kamu akan mengembalikannya? Dalam kebijakan ini diatur semua mengenai transaksi yang kamu lakukan. Atau jika kamu membaca kamu tahu apakah kebijakan ini menguntungkan atau bahkan merugikan pembeli dan saat yang bersamaan juga kamu bisa putuskan akan tetap melanjutkan membeli atau membatalkan transaksi kamu.


6. Kenali dan pahami ukuran dan bentuk tubuh kamu. Ini berlaku saat sebelum membeli pakaian, sepatu dan aksesoris lainnya.



Hanya melihat sekilas gambar yang tertera disitus toko online, rasa tertarik kamu mincul, lalu dengan terburu-buru membeli. Langsung kamu pilih sesuai ukuran yang biasa kamu gunakan, padahal untuk ukuran dibeberapa negara bagian itu berbeda-beda.. Ukuran Amerika berbeda dengan ukuran eropa, ukuran Amerika berbeda dengan ukuran Indo. Maka sebelumnya, kamu harus benar-benar tahu rincian inch dari tubuh kamu. Sepatu misalnya,  kamu cari tahu dulu ukuran telapak kaki kamu mulai dari ukuran inch sampai cm.

Ukuran baju, cari penjelasan yang terperinci, mulai dari ukuran Lebar dada,  panjang, pinggul, pinggang, semuanya diteliti dengan baik. Banyak toko online yang menerapkan ukuran pakaian yang mereka jual hanya menggunakan ukuran standard : S,  M, L, XL, XXL, XXXL tanpa menjelaskan ukuran secara detail. Padahal itu penting untuk memdapatkan pakaian yang sesuai dibadan. Parahnya jika menggunakan ukuran all size, Fit to L, XL misalnya.


7. Cari situs atau toko Online yang menyediakan fitur layanan chat Online.



Dengan fitur ini akan memudahkan calon pembeli untuk menanyakan perihal barang yang akan mereka beli. Kadang perincian yang ada di deskripsi barang tidak memberikan rasa cukup puas dan tidak bisa menjawab semua pertanyaan yang ada dibenak kamu. Ada banyak type penjual dalam memasarkan barangnya, siapa yang akan menjawab itu semua jika tidak tersedia layanan chat online?.

Dari percakapan chat online sedikit banyak kamu bisa mendapat informasi tentang penjual apakah penjual merupakan type penjual yang serius atau bukan. Di fitur ini kamu bisa puas-puasin mengajukan banyak pertanyaan berkaitan barang yang akan kamu beli.


8. Baca baik-baik deskripsi /spesifikasi barang yang kamu incar terutama barang elektronik.



Jangan salah, tidak semua penjual itu jujur dalam memasarkan barangnya. Di beberapa toko online untuk merek dan type yang sama seringkali terjadi perbedaan dalam keterangan barang. Ditoko si A misalnya untuk merk dan seri yang sama bisa berbeda dengan toko si B dan si C. Ditoko A,  gadget merek SSm ram-nya 4GB sedangkan di toko B dan C ramnya 3 GB. Merek dan serinya sama tapi di toko A spesifikasinya lebih tinggi.

Setelah diteliti lagi dari ulasan pembeli, ternyata toko A tidak jujur menjelaskan spesifikasi barang. Yang sudah terlanjur membeli akhirnya kecewa. Tentu kamu tidak mau hal itu terulang dan terjadi pada kanu, bukan!?


9. Jika kamu membeli sepatu, celana dan pakaian, pilihlah situs yang menyediakan layanan coba dulu baru bayar.



Konsumen benar-benar dimanjakan dengan layanan ini. Benar-benar aman belanja, iya kan? Sayangnya belum banyak situs toko online yang menyediakan layanan ini. Dalam layanana ini kamu hanya membayar barang yang kamu suka dan pas,  sisanya kamu bisa kembalikan ke kurir tanpa repot. Meski demikian ada syarat dan ketentuan untuk pembelanjaan coba dulu baru bayar. Tapi tidak sulit kok.


10. Mintalah Resi pengiriman jika barang yang kamu pesan sudah diproses dan simpanlah dengan baik jangan sampai hilang.




Ini penting bagi kamu jika suatu saat kamu ingin melacak pengiriman barang kamu. Seringkali penjual tidak mau memberikan resi pengiriman ini kepada calon pembelinya. Mereka membuat banyak alasan untuk menutupi kebohongannya. Dengan begitu pembeli tidak bisa melacak barang yang mereka beli.. Dalam hal ini kamulah yang dirugikan.


Itulah Tips dan Trik Aman Belanja Online Biar Terhindar dari Penipuan, semoga ini membuat kalian menjadi pembeli yang smart ya!
Tips dan Trik Aman Belanja Online Biar Terhindar dari Penipuan Tips dan Trik Aman Belanja Online Biar Terhindar dari Penipuan Reviewed by Risda Nababan on October 23, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.