Makanan Khas Bangka Belitung Yang enak dan sedap sebagai Oleh-oleh Wisata kuliner






Ada banyak jenis makanan khas Bangka Belitung yang mengoyangkan lidah. Makanan itu pada umumnya terbuat dari bahan dasar ikan yang diolah menjadi makanan khas Bangka Belitung yang lezat. Selain dapat nikmatnya dapat pula manfaatnya karena mengandung omega 3 dan vitamin yang baik untuk kesehatan.


Setiap kali berkunjung,  hal yang tidak mungkin terlupakan selain tempat-tempat wisata Bangka Belitung yang menarik juga makanan khasnya. Karena Bangka Belitung sediri adalah daerah kelautan yang menghasilkan banyak hasil laut sehingga menjadi keuntungan bagi daerahnya dengan menciptakan makanan yang khas pula. Seperti namanya makanan khas, khas pula makanannya dilidah.


Tempat penjualan makanan khas Bangka Belitung tersebar dibanyak tempat jadi sangat mudah menemukan makanan khas yang dicari. Yunna snack salah satu tempat biasa berburu oleh-oleh. Tempatnya lumayan jauh karena memang berada diperkampungan penduduk. Soal kualitas tak usah diragukan. Saya memang belum pernah tanya apakah dari tempat ini asalnya makanan khas yang tersebar ditoko-toko khusus penjual oleh-oleh khas Bangka atau bukan. Tempat ini adalah tempat pembuatan oleh-oleh yang biasa dibawa atau dikirim keluar kota. Meskipun lokasi berada diperkampungan, tetap saja toko ini ramai diburu oleh pecinta oleh-oleh khas Bangka, termasuk kami.


Apa saja macam-macam khas makanan Bangka?

Kategori oleh-oleh untuk dibawa.


Tidak afdol rasanya jika berkunjung ke pulau Bangka tanpa membawa sesuatu sebagai buah tangan. Oleh karena itu berapapun harga oleh-oleh pasti dibeli. Pokoknya mampu aja beli berapapun harganya, tak peduli dolar naik atau situasi kondisinya belum gajian.  Itu sesuatu harga mati yang tidak bisa tidak,...harus.

Nah, yang ingin mencicipi oleh-oleh Bangka Belitung cekidot langsung kepusat oleh-oleh nya :


1. Getas.




Getas merupakan perpaduan dari tepung terigu dan ikan yang dibuat dengan bentuk bulat ataupun lonjong. Rasanya enak dan gurih, karena rasa yang dihasilkan dari ikan tenggiri. Getas Bangka merupakan termasuk dalam golongan kerupuk yang cocok dinikmati kapanpun. Bisa juga untuk mememani makan anda agar lebih nikmat. Untuk harga bevariasi, mulai dari 15.000 - 35.000 per 250 gram. Tergantung kualitas getasnya.  


2. Kritcu. 




Bentuknya mirip stick keju yang beredar dipasaran. Bedanya ada pada rasa. Kritcu terbuat dari Bahan ikan dan tepung jadi saat mendarat dimulut ikannya terasa dilidah. Hargapun maaih terjangkau dengan isi dompet, berkisar 25.000 -40.0000 per 280gr atau sesuai dengan kualitas Kritcu.



3. Kemplang.






Ada beraneka ragam rasa yang dihasilkan kerupuk kemplang Bangka. Ada kemplang rasa ikan tenggiri, kemplang cumi, kempang udang. Semuanya enak-enak. Ada yang digoreng ada yang dipanggang.  Yang dipanggang cocok buat kamu yang tidak suka diolah dengan minyak atau yang diet ketat. Harga sesuai dengan jenis dan kualitas kemplangnya. Kemplang cumi dan udang sedikit lebih mahal dibanding dengan kemplang tenggiri. Harga dimulai dari 12.000 - 40.000 per 250 gram.



4. Piang nanas.





Selainya yang tebal maknyos pecah dimulut. Melihat piangnya nanasnya saja rasanya ingin makan karena rasanya enak. Rasanya mirip-mirip dengan kue nastar. Walaupun bentuknya mirip pia dengan isi nanas, bedanya piang nanas kulitnya tidak berlapis. 



5. Rintak.




Terbuat dari tepung tapioka, gula dan santan serta campuran bahan lainnya, rasanya manis, enak dan cocok dijadikan sebagai cemilan ditemani teh saat sendirian ataupun saat berkumpul dengan keluarga. Penganan yang berbentuk bunga ini merupakan oleh-oleh yang harus kamu coba bila kamu bekunjung ke Bangka Belitung.




6. Rusip Bangka.





Rusip merupakan olahan permentasi dari ikan bilis yang pas disantap dengan nasi. Bagi wisatawan yang berkunjung atau berwisata ke Bangka, Rusip menjadi incaran baik dijadikan oleh-oleh ataupun untuk dinikmati disaat makan. Saya sebenarnya belum pernah mencicipi, tapi ketika makan bersama teman, bilangnya enak banget. Dan teman yang sama-sama keBangka sangat antusias buat bawa rusip pulang buat keluarga besarnya.




  7. Terasi Bangka



Terasi terbuat dari udang perairan Bangka yang disukai oleh hampir sebangian besar penduduk Indonesia. Aroma udang yang sangat kental pada terasi ini cocok dijadikan sebagai pelengkap masakan. Untuk tumis cah kangkung, bisa, untuk pelengkap sambal juga oke. Dari harga cukup terjangkau meskipun kualitas super atau premium. Untuk ukuran 1/4 Kg harga dibandrol sekitar 20 ribuan, termasuk murah kan?. Meskipun terasi merupakan pelengkap makanan, tidak ada salah jika memborong untuk dijadikan oleh-oleh buat dibagikan kepada para tetangga dan keluarga besar sobat.


Note : Terasi ini rasanya asin ya sobat, jadi kalau untuk masak, sebelum membubuhkan garam, cicipi terlebih dahulu masakan sobat.


8. Cacing laut.





Cacing laut berasal dari laut bangka-belitung yang sudah dikeringkan lalu digoreng. Sekilas dengan nama cacing, yang terlintas dipikiran adalah cacing yang biasa ditemukan ditanah gembur. Tetapi ini beda jauh, makanan ini ini berasal dari laut Bangka sobat, maka coba lupakan tentang cacing tanah yang menggeliat itu. Cacing laut ini rasanya krenyes, enak dengan kriuk-kriuk. Harganya? lumayan..

lumayan mahal maksudnya hehehe... Untuk satu bungkus  mungkin ukurannya ±100 gr harganya 80an ribu. Cukup mahal untuk ukuran dompet.


Adalagi untuk kategori makanan, Di Bangka Belitung makanannya enak-enak loh, jadi kalau sobat selagi berkunjung kesana, pokoknya wajib berburu makanan khas Bangka Belitung. Bukan saja buat oleh-oleh wisata untuk dibawa pulang tetapi juga untuk makanan pengenyang perut saat berada di Bangka Belitung seperti makanan-makanan khas dibawah ini.

9. Ikan lempah kuning.




Masakan ikan lempah kuning mirip ikan pindang masakan khas Palembang, semua menggunakan rempah-rempah seperti: kunyit, serai, bawang. Untuk memberi kesegaran pada masakan ada yang menambahkan nanas atau daun kemangi. Ikan yang digunakan adalah ikan yang berasal dari perairan Bangka atau yang biasa disebut dengan ikan lempah dimasak kuning, sedangkan Pindang menggunakan ikan patin atau baung.



10. Otak-otak Ikan.





Otak-otak merupakan primadona makanan khas Bangka Belitung yang terbuat dari ikan terbungkus dengan daun pisang lalu dibakar diatas arang. Bagi sobat yang tertarik dengan makanan seafood, sobat bisa mencari makanan yang tidak berbungkus seperti pempek, karena pempek Bangka berbeda dengan pempek Palembang meskipun bahannya sama-sama terbuat dari ikan. Bangka-Belitung kaya sumber daya laut termasuk ikan maka tak ada salahnya berkuliner mencari otak-otak yang paling enak di Bangka belitung. Makanan bisa dimakan langsung atau dengan sensasi cocolan sambal khas bangka atau saus sambal terasi atau cuka terasi.




11. Sambalingkung.




Sambalingkung berasal dari kepualuan Belitung yang terbuat dari ikan tenggiri dan bentuknya hampir sama dengan abon sapi yang sering kita kenal, hanya saja serat sambalingkung atau abon ikan tenggiri ini teksturnya lebih kasar dari abon sapi yang menyerupai parutan kelapa gongseng. Rasanya manis, gurih dan sedikit asin dan ada juga rasa pedas. Sayangnya, harganya masih tergolong mahal meskipun membeli langsung ditempat ia berasal. Tetapi bagi yang merasa penasaran dengan rasa abon sambalingkung tak ada salahnya untuk mencoba.




12. Pantiau





Pantiau adalah makanan yang  berasal dari Bangka Belitung yang berbahan dasar tepung beras. Bentuk mienya mirip dengan kwetiau, yang berbeda hanya dalam penyajiannya. Pantiau disajikan dengan topping ikan diatasnya sedangkan kwetiau terdiri dari campuran daging dan udang dan juga sayuran.




13. Lempok cempedak. 




Lempok atau dodol cempedak khas Bangka Belitung dibuat dari buah murni daging cempedak dengan campuran gula pasir.  Diolah dengan cukup lama,  karena  namanya dodol diolah dengan waktu yang cukup lama sampai kekentalannya mirip selai. Rasanya dijamin enak dan cocok dijadikan oleh-oleh buat keluarga dan teman-teman.


Kalau kamu ingin mencicipi dan memuaskan lidah kamu langsung aja kunjungi Bangka Belitung - Indonesia. 


Makanan Khas Bangka Belitung Yang enak dan sedap sebagai Oleh-oleh Wisata kuliner Makanan Khas Bangka Belitung Yang enak dan sedap sebagai Oleh-oleh Wisata kuliner Reviewed by Risda Nababan on September 28, 2018 Rating: 5

1 comment:

  1. wah, denger nama cacing laut agak gimana gitu yaa, saya mungkin gak akan berani coba hehe tapi yang lain kelihatannya lezat semua


    bantu kita juga dengan klik di sini ya, terimakasih :)

    ReplyDelete

Powered by Blogger.