Jejak Perjalanan Wisata Pantai Terindah di Sungailiat ~ Pantai Tikus Bangka Belitung

Wisata terbaik di Indonesia
Pantai Tikus Lama

Tempat wisata dipulau Bangka belitung
- Pulau bangka yang terletak di pesisir selatan ujung pulau sumatera, tepatnya sumatera selatan, adalah salah satu destinasi tujuan wisata rekomendasi bagi wisatawan. Lokasi dapat ditempuh lewat perjalanan laut dan udara sehingga memudahkan pengunjung mencapai tempat-tempat  wisata Bangka Belitung.

Bicara Pulau Bangka pasti yang muncul dipikiran kebanyakan orang adalah pulau penghasil timah serta suguhan pesona laut yang luas, eksotis dengan pasir putih.


Pulau Bangka, terkenal dengan hasil timah yang melimpah sebagai komoditi terbesar masyarakat lokal. Kekayaan alam ini dimanfaatkan sebagai penghasilan utama penduduk dan dengan alasan  itu pula masyarakat Bangka Belitung terbilang masyarakat sejahtera. Terbukti bahwa untuk tingkat kejahatan sangat kecil sekali dibanding kota lainnya di sumatera bahkan dikota-kota lain diluar pula Sumatera.

Saya sempatkan bertanya kepada masyarakat setempat mengenai kondisi penduduk sekitar Bangka Belitung, mereka berkata bahwa Bangka adalah wilayah yang aman dari kejahatan. Saya juga merasakan hal yang sama ketika berkunjung kesana. Ya, sesekali pembaca juga harus menyempatkan diri untuk berkunjung ke Pulau Bangka ini. Kotanya yang tenang dan bersahabat dari kebisingan dan kejahatan.

Penduduk lokal sangat menghargai perbedaan, kerukunan begitu terjaga meski beragam suku, ras, dan agama yang mendiami. Mesjid, pura, gereja berdiri dengan gagah, meski disepanjang perjalanan banyak dijumpai kelenteng ukuran kecil karena didominasi oleh orang Tionghoa, tetapi mereka tidak saling mengusik.


Beberapa Tempat yang saya kunjungi, sangat berkesan dan menyenangkan. Bahkan Pulau Bangka - Belitung layak disebutkan sebagai Taman surga/ kepingan surganya Sumatera karena banyaknya dan indahnya pantai disana. Pantai tersebar diseluruh penjuru pulau dengan pesona yang berbeda-beda. Tidak puas dengan satu pantai, karena apabila berada dipantai yang satu, keinginan karena rasa penasaran mengunjungi pantai lain juga. Selain daya tariknya yang berbeda, pantai ini dibuat fungsi yang berbeda pula

Berikut beberapa penjelasan sekaligus nama-nama pantai yang sempat saya kunjungi yang bisa jadi rekomendasi apabila pembaca sengaja ingin berlibur dan memilih suasana pantai yang bersih dengan pasih putih.

1. Pantai pasir Padi.

Pantai Pasir Padi

Pantai ini terdapat disekitar dan dekat dengan kota Pangkal Pinang sebagai ibukota kepulauan Bangka Belitung. Mudah ditempuh dengan menggunakan kendaraan darat. Jika terbiasa dengan rutinitas dan ingin menyegarkan pikiran setelah seharian bergumul dengan kertas atau aktivitas lain, maka pantai Pasir Padi cocok untuk anda kunjungi.


2. Pantai Pukan.

Pantai Pukan

Pantai Pukan masih berada disekitaran kota Pangkal Pinang. Dari penuturan warga yang kebetulan membawa kami dalam plisiran kali ini, sepertinya tempat ini salah satu tujuan rekreasi keluarga karena selain pantai, jembatan Emas yang merupakan ikon wisata menjadi incaran berwisata atau sekedar menghabiskan waktu. Pantai ini menarik karena di area pantai ini berdiri megah sebuah jembatan besar dengan nama "jembatan emas/ Gold bridge" dan yang menariknya Jembatan Emas ini tidak difungsikan tiap saat. Ada pengaturan jadwal buka tutup.


3. Pantai Koala.

Pantai Koala















Rimbunnya pohon yang tumbuh di sekitar pantai, membuat pemandangan terasa adem, tenang dan damai. Ombaknya yang tenang membuat pengunjung tidak merasa ketakukan saat bermain - mengekspresikan kebahagiaan dikejaran ombak-ombak kecil. Viewnya tetap keren meskipun belum disulap sebagai pusat destinasi liburan, dan justru dengan keasrian dan keasliannya pantai ini menjadi tempat yang unik dengan view alami.

Namun saya sedikit kecewa, karena masih kurangnya kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan. Sampah menjadi pemandangan yang buruk ditepi pantai sehingga mengurangi keindahan pantai Koala. Masyarakat harusnya sudah tahu apa dampak membuang sampah dengan sembarangan. Selain merusak ekosistem  juga membuat pemandangan yang tadinya asri menjadi buruk. Ini bukan hanya berlaku di area sekitar pantai, bahkan dimana pun berada. Jangan karena orang lain buang sampah sembrangan, lalu dengan pesimis anda berlaku seperti orang lain juga ikut-ikutan buang sampah sembarangan. 


4. Pantai Tikus (lame)

traveling wisata alam sungailiat


wisata menakjubkan, pantai terbaik


Turun dari jalan raya, saya melihat pantai ini. Disemua sisi pantai ini keren dan menakjubkan, paling keren dari semua pantai yang pernah saya kunjungi. Pesonanya sangat melekat dihati saya, mungkin juga pembaca akan sepaham dengan saya yang menyukai keindahan alam. Saya berlari kesana kemari untuk mengambil gambar dan video, karena ini pemandangan yang menurutku patut diabadikan karena sangat mengena dan menakjubkan dihati saya. Dari mana saja saya mengarahkan lensa kamera, pantai ini terlihat keren sekali dengan lautnya yang membiru mendefinisikan Indonesia yang sesungguhnya. Batu-batunya, pasirnya, pohonnya, ombaknya... saling tersenyum  membuat pantai Bangka benar-benar sebagai taman dan kepingan surga.


5. Pantai Tongaci.

Pantai Tongaci

Untuk masuk kelokasi pantai Tongaci, pengunjung harus membayar tiket masuk seharga Rp. 5.000,- (lima ribu rupiah) per kepala. Harga itu standard mengingat dengan banyaknya wisata yang disuguhkan bagi pengunjung yang datang kesana. Selain wisata pantai, ada pula wisata edukasi yang cocok bagi anda yang tidak sekedar suka berwisata, tetapi yang butuh menambah wawasan yang luas, karena memang Pantai Tongaci diperuntukkan untuk wisata keluarga dan edukasi.

Apa saja yang ada dipantai Tongaci?

Pantai Tongaci disuguhkan berbagai permainan pantai dan juga wisata edukasi, diantaranya:
- Museum
- Penangkaran penyu
- Patung Tikus Emas
- Tempat nongkrong berbayar yang disediakan bagi pengunjung.
- Permainan pantai



6. Pantai Penyusuk



Pantai yang letaknya di kecamatan Belinyu, berjarak 83,3 Km dari kabupaten pangkal Pinang dengan jarak tempuh sekitar dua jam perjalanan. Sebelum memasuki area pantai penyusuk ini, ada dua buah batu besar yang berdiri kokoh disisi kiri dan kanan jalan. Kedua batu besar tersebut seolah menjadi pintu gerbang masuk ke pantai. 

7. Pantai Romodong

Pantai Romodong













Pantai Romodong tidak jauh dari dari pantai Penyusuk, disekitar pantai terdapat batu-batuan besar sama seperti kebanyakan pantai Bangka lainnya, dan dari yang saya pernah berkunjung kesana, ombaknya pun juga lumayan besar saling bersahut-sahutan menghempas bebatuan karang dipinggir pantai, pantainya luas dan batu karangnya yang kokoh membuat kita tertantang untuk berbuat sesuatu, seolah membangkitkan adrenalin. 

8. Puri Tri Agung

Puri Tri Agung

Puri Tri Agung, adalah tempat persembahyangan bagi agama Budha. Tempatnya tepat berada di perbukitan sebelah kiri pantai emas sehingga saat berada diantara puri ini kita bisa melihat kesisi kiri deretan perbukitan dan saat menoleh  kebagian sisi kanan dan depan terbentang laut Bangka dengan pantai Tikus yang mempesona.

Apabila kamu tertarik untuk berkunjung dan berwisata ke Bangka Belitung jangan lupa mengunjungi tempat-tempat yang saya sudah sebutkan diatas. Karena untuk mengunjungi pantai-pantai Bangka Belitung, butuh berhari-hari karena banyaknya tempat-tempat menarik yang harus dikunjungi.

Selain pantai diatas masih banyak pantai lain yang harus selesai untuk saya kunjungi, berhubung plisiran kali ini waktunya sangat terbatas jadi saya harus siapkan waktu dan pundi-pundi lagi supaya lebih banyak lagi yang akan saya share disini, misalnya:

9. Pantai Tanjung Pesona

10. Pantai Laskar Pelangi pulau Belitung

12.Dan pantai lainnya


Semoga kedepan ada kesempatan untuk mengunjungi pantai lain, sehingga dapat melanjutkan dan menuliskannya diblog kita kesukaan ini.
Pantai Tikus
museum tongaci

pantai Tikus


Jejak Perjalanan Wisata Pantai Terindah di Sungailiat ~ Pantai Tikus Bangka Belitung Jejak Perjalanan Wisata Pantai Terindah di Sungailiat ~ Pantai Tikus Bangka Belitung Reviewed by Risda Nababan on September 14, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.