Cara mengubah Takdir agar Sukses mendapatkan uang

Harapan dimasa depan


Tidur tidak nyenyak, makan tidak nafsu, menghayal sampai jauh malam memikirkan nasib yang tidak kunjung berubah. Dari tahun monyet sampai tahun kelinci, beginilah keadaannya masih seperti dulu (jadi ingat lagu jaman dulu). Inilah takdir hidup kami; begitu sebagian orang berkata tentang yang mereka sebut sebagai nasib, tidak mungkin kami bisa melawan takdir. Siapa yang suruh melawan takdir, merubah takdir baru tepat.



Apa sih yang dimaksud dengan takdir? Yang dimaksud dengan takdir adalah garis hidup yang ditetapkan, ditentukan, dituliskan, diuraikan, diputuskan TUHAN kepada manusia. Sekarang tahu kan, jika takdir: sesuatu yang diputuskan, dituliskan, diuraikan, ditentukan bagi kita? Berarti kita harus terima takdir itu. .


Baiklah, supaya tidak salah memahami arti takdir bagi manusia, kita harus mengerti terlebih dahulu apa sih takdir yang ditentukan bagi manusia?


Pernahkah anda menyadari bahwa Tuhan menciptakan segala sesuatu itu baik adanya? Coba pandang sekelilingmu, pada saat kamu berdiri atau duduk, atau tiduran sambil memandang langit-langit dikamarmu, membayangkan apa yang tersedia didepan mata,  semuanya menceritakan hanya tentang keindahan, bukan?  Di dunia ini tidak ada sesuatu yang kurang atau yang buruk dari semua yang telah diciptakan sang Pencipta bagi manusia. Dengan kata lain semuanya baik dan sempurna adanya. Kalau begitu, TUHAN pun demikian pada takdir manusia, menghendaki semua yang baik-baik. Masalahnya apakah manusia itu berusaha mendapatkan yang baik sesuai takdir itu lalu menariknya kedalam kehidupan manusia itu?

Tidak ada yang mustahil asal mau kerja keras

Tuhan itu tidak pilih kasih sobat, yang membuat keadaan manusia berbeda satu sama lain dari setiap orang adalah apa yang ada didalam diri manusia itu sendiri setelah ia lahir, dibesarkan dan setelah dewasa dan bagaimana sikap - reaksi mereka terhadap keadaaan lalu caranya dalam bertindak.


Setiap dari kita tidak dilahirkan sebagai orang kaya, tetapi bukan berarti takdir mereka lebih baik dari anda. Anggap saja karena jalannya yang berbeda, sehingga sampainya lama. Apapun alasanyya jangan menyalahkan orang tua atau Tuhan, karena Tuhan tidak punya andil dalam kemiskinan anda, karena jelas TUHAN tidak pernah menghendaki manusia itu miskin. Sebagian menjadi miskin akibat keterbatasan manusia untuk memperoleh apa yang TUHAN sediakan di muka bumi ini.


Karena kita tidak dilahirkan dari keluarga konglomerat yang memiliki warisan, maka kita sadar bahwa Tuhan itu adil kepada manusia, maka manusia harus melawan kemiskinan itu dan meraih kembali takdir kita seperti yang sudah ditentukan bagi manusia itu, dan apa yang tertinggal kita kejar dengan cara-cara yang baik:


1. Rajin bekerja



Hasil tidak pernah berbohong dan itu selalu dimulai dari tindakan. Jika mau takdir kita berubah kita harus ringan tangan untuk mengerjakan apa saja yang yang bisa kita kerjakan. Lupakan gengsi jika kamu mau berhasil dalam banyak hal. Sejalan dengan itu harga diri terangkat saat kehidupan ekonomi juga naik. Sebaliknya, keangkuhan selalu menghasilkan kehancuran. Kerja keras melawan takdir dari keadaan miskin menjadi kaya raya.


Beberapa kali saya menemukan kalimat baik yang dapat mengispirasi kita saat saya sedang baca buku atau ucapan yang berasal dari mulut orang lain berkata begini: keberhasilan atau kesuksesan seseorang tidak lepas dari waktu yang dihabiskan berlatih atau bekerja melebihi rata-rata  jam kerja pada umumnya.


Di beberapa negara bagian mungkin jam kerja berbeda dengan belahan dunia lain. Misalnya Indonesia, jam kerja biasanya antara 8-10 jam. Orang sukses menghabiskan waktu lebih dari pada itu setiap harinya, baik di jam awal maupun di jam akhir.

Tapi beberapa orang sukses menuliskan bahwa untuk memperoleh kesuksesan itu mereka harus lembur setiap harinya. John L. Mason dalam bukunya menulis waktu yang digunakan bekerja 12 jam sehari. Artinya ada waktu yang dilebihkan selama 2 sampai 4 jam. Wau.... ternyata ini toh kunci mereka, mereka tidak membiarkan hidup mereka menganggur.

Setelah saya membacanya saya mulai belajar menerapkan dalam hidup saya. Walaupun saya pikir ini agak terlambat. Tetapi terlambat lebih baik daripada tidak berbuat sama sekali.

Kita bisa merubah mindset kita tentang takdir. Takdir itu tidak selalu diartikan sebagai keburukan dan kemalangan. Karena kita sadar kita tidak dilahirkan dari keluarga konglomerat maka kita harus berusaha keras untuk mencapai sesuatu. Karena hanya dengan kerja keraslah kita bisa sampai kepada cita-cita kita. Itulah sebuah tantangan bagi kita yang tidak menerima warisan kekayaan




2. Optimalkan/ tingkatkan talenta

Semua orang dikaruniai talenta, karena dari talenta ini orang akan menentukan langkahnya kemana. Kita tidak perlu minder dengan talenta yang kita miliki, mungkin bagi kita talenta itu tidak ada artinya,, hanya secuil saja dibandingkan dengan orang lain atau saudara kita. Jangan jadikan itu alasan yang melemahkan kita

Jangan pernah meremehkan talenta kecil tersebut. Belajarlah menggali potensi yang ada padamu untuk memperbesar kapasitas talenta itu. Apabila kita bertekun mengasahnya maka yang kecil akan semakin besar dan terus bertumbuh semakin besar dan sangat besar. Seorang yang ahli dalam bidangnya tidak ujuk-ujuk langsung besar. Tetapi mereka ini yang tidak apa-apa tetapi tidak berhenti melatih dirinya untuk mengoptimalkan talenta itu sehingga pada saat kesempatan datang talenta itu sudah matang dan siap dipublikasikan pada publik.


Lihat mereka yang tidak pernah berhenti berjuang, menjadikan talenta sebagai sumber mata pencaharian mereka. Saya kadang terkesan dengan ajang pencarian bakat. Orang-orang berbakat itu kebanyakan berasal dari kalangn sederhana yang mencoba berusaha mengubah takdir. Apa yang terjadi jika mereka tetap menyembunyikan talenta mereka, saya percaya kehidupan mereka tidak jauh berbeda dari sebelumnya. Tetapi keputusan mereka untuk menunjukkan diri menuai hasil.  Ingatlah banyak cara yang yang bisa kita gunakan sebagai kendaraan menuju sukses termasuk talenta.


3. Miliki mimpi yang besar




Mimpi itu sama halnya dengn visi atau juga harapan atau pandangan akan masa depan. Masa depan kita yang tentukan toh? Makanya sesuai judul ini melawan takdir.


Saya punya mimpi untuk masa depan saya, dan mimpi saya ini yang memacu semangat saya untuk terus bekerja dan berkarya. Kita  yang tentukan kita akan seperti apa dan diposisi mana kita kelak, itu dimulai dari mimpi saat ini. Hidup saya susah saat ini, dan saya tidak mau bergelut terus menerus dalam situasi ini, saya tetapkan tujuan juga strategi bagaimana supaya saya mencapai garis yang sudah saya tentukan. Ibarat kita ini pelari, sebagai pelari kita disiapkan garis finish yang harus kita capai apabila kita ingin menjadi pemenang. Garis finish itulah yang menjadi tujuan kemenangn kita.



4. Miliki semangat yang kuat.

Dalam perjalanan sering kali kita menemui jalan buntu dan berbenturan dengan hal yang tidak kita inginkan. Kadang buat sesak, lakukan ini gagal, lakukan itu gagal. Rasanya ingin meninggalkan saja pekerjaan kita padahal dengan susah payah memulainya, tak jarang merasa ngos-ngosan. Hidup itu tidak gampang bro - sis. Yups betul bangat... Hidup itu memang tidak gampang. Itu sebabnya banyak orang gagal ditengah jalan sekalipun mereka bekerja ekstra giat dan keras.


Seorang prajurit sebelum berperang harus mempersiapkan mental terlebih dahulu. Disamping mereka latihan, mental juga harus siap. Karena mereka berhadapan dengan pertempuran lawan yang tangguh. Demikin pula kita harus memiliki semangat sekalipun mengalami kegagalan. Siap sukses harus siap gagal. Jika anda belum siap mental untuk bersaing maka tunda dulu harapan anda. Hanya orang - orang yang bermental baja dan pemenang yang akan masuk dalam pertandingan yang mental keong silahkan minggur dulu, anda belum layak masuk arena. Silahkan siapkan dulu semangat anda baru sudah siap baru mendaftar. Dunia ini kejam...bapak, ibu, kakak, abang, adek..



5. Konsisten.

Kesuksesan tidak diperoleh dengan instant, ada harga yang harus dibayar. Bukan hanya itu perlu konsistensi untuk mengerjakan sebuah proyek jika ingin berhasil. Konsistensi sama hal dengan kesetiaan karena berlaku untuk jangka pendek, menengah dan jangka panjang.

Hasil itu perlu perjuangan. Seorang atlet profesional membutuhkan latihan keras untuk bisa meraih kemenangan. Latihan tidak cukup sebulan dua bulan jika mereka ingin menguasai lapangan untuk meraih medali. Saya senang dengan sebuah kalimat : jangan lihat hasilnya tapi lihatlah prosesnya.

Hasil ditentukan oleh proses, namun sering kali orang tertegun dengan pencapaian; wauuu keren... wau enak sekali ya hidup mereka bisa sukses. Wau kok mereka bisa seperti itu. Sadarlah wahai kamu yang tertidur..
Tanyakan kepada mereka yang sudah beehasil, berapa lama mereka berusaha untuk memperoleh semua pencapaian itu. Tanyakan juga bagaimana sakitnya perjalanan mereka untuk sampai kesana. Tidak mudah bro....


Setelah semua itu kamu lakukan satu hal yang tak boleh dilupakan adalah tetap dibarengi doa. Doa dapat membuka banyak pintu dan membuatmu berhikmat untuk melakukan segala sesuatu supaya tidak terjadi kesalahan yang fatal. Saat kita melakukan semua hal diatas tentu akan bertemu banyak orang. Ketika kita berdoa, TUHAN akan memimpin kita baik saat bertemu orang atau saat melakukan pekerjaan. Saat bertemu orang, kita tidak salah dengan orang karena sekarang ini banyak orang hanya memanfaatkan orang lain demi kepentingannya. Karena hikmat TUHAN akan menghindarkan kita dari orang-orang salah dan mengajarkan kita segala sesuatunya sesuai yang dikehendaki.


Semoga pembahasan ini memberi jalan kaluar bagi anda yang merasa takdir tidak berpihak pada anda. 




Cara mengubah Takdir agar Sukses mendapatkan uang Cara mengubah Takdir agar Sukses mendapatkan uang Reviewed by Risda Nababan on September 17, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.