9 Cara Membuat Kamu Terhindar Dari Stres Saat Terjadi Masalah

Menekan stres. penyebab stress, obat stress, penyebab depresi, menghidari stress, melawan stress
Credits: casadahipnoteraphia


Sebelum tahu cara membuat kamu terhindar dari Stres dan bagaiman membuat hati damai saat terjadi masalah, ada hal penting yang harus kamu tahu. Kamu bisa jawab pertanyaan ini untuk memulai penjelasan selanjutnya:
apakah kamu sedang bermasalah? Apakah sudah tahu akar dari masalah itu?
Atau apakah kamu sedang tertekan karenanya?


Masalah yang dihadapi manusia itu bermacam-macam; ada masalah yang disebabkan kesalahan oleh manusia itu sendiri, dan masalah yang disebabkan orang lain yang membuat kamu tertekan
Yang pembaca alami pasti ada salah satu diantara kesalahan itu yang menuntun kamu akhirnya sampai di blog ini.


Semua orang pasti pernah melakukan kesalahan, bahkan ada sebagian yang menganggap kesalahan adalah hal biasa; yah,..  namanya manusia tidak luput dari kesalahan (kata orang yang suka melakukan). Tetapi jangan bilang "kesalahan itu adalah hak segala bangsa" :))


Tau enggak sih, bahwa ternyata masalah seringkali membuat hati gundah gulana bahkan sampai stress? Karena sebenarnya masalah bisa membunuh manusia. Beberapa kejadian yang kadang diluar pikiran kita sering terjadi pada orang yang sedang mengalami masalah:

1. Strees berat

2. Gila

2. Membunuh orang lain

3.  Bunuh diri


Peluang mendapat masalah dan berbuat salah pasti ada dalam diri manusia, sebab manusia sudah terkontaminasi dengan dosa yang dilakukan oleh manusia pertama dan dosa itu sudah berakar didalam hati dan pikiran manusia. Hati manusia sudah kotor. Dosa-dosa inilah yang merajalela didalam pikiran manusia sehingga menimbulkan masalah. Manusia sulit terhindar dari masalah dan kesalahan yang pada akhirnya menimbulkan masalah serta penderitaan.


Akibat dari masalah ini yang pertama kali dirasakan adalah rasa takut, cemas dan khawatir. Dan sebenarnya manusia sangat takut dengan yang namanya masalah. Awalnya dimulai dengan tidak nafsu makan, susah tidur dan akhirnya stress, frustrasi dan depresi.


Jangan sampai walau salah satu dari keempat hal diatas terjadi pada kamu, hindarilah itu karena bahaya bagi kamu. Sulit memang menghindari masalah, tetapi bisa teratasi dengan cara-cara dibawah ini




1.  Meminta ampun/ maaf.


Meminta ampun dan memaafkan diri sendiri serta orang lain sekiranya itu yang menjadi penyebab dari masalah yang kamu alami adalah salah satu tindakan gentleman yang bisa membuat hati kamu merasa damai. Saat kamu meminta maaf /ampun sesungguhnya kamu sedang mengubah atmosfir disekitarmu, dan dampaknya ada rasa damai.


Meminta maaf merupakan sikap yang rendah hati, walaupun kamu merasa tidak bersalah, tidak ada ruginya dan tidak kehilangan sesuatu dari diri kamu jika kamu minta maaf. Hanya satu kerugian besar yang kamu alami yaitu kehilangan EGO. Bersyukurlah kalau kamu harus kehilangan itu. Dengan hilangnya ego, kamu menjadi orang yang lemah lembut dan murah hati. Kalau kamu bertahan memelihara Ego, kamu akan kehilangan damai sejahtera sehingga bisa menciptakan jerat, dan tekanan dalam hatimu.


Saat berani meminta maaf sebenarnya kamu sedang menundukkan ego itu kepada kebenaran. Karena ego adalah manifestasi kesombongan. Saat melakukan kesalahan sebetulnya ada dua hubungan yang sedang tercemar:

1. Hubungan dengan manusia yaitu hubungan horizontal, dan 

2. Hubungan kepada Tuhan atau hubungan vertikal

Jadi, kalau kamu melakukan kesalahan, meminta maaf kepada manusia saja tidak cukup, kamu harus minta ampun juga pada Tuhan karena hidup bukan berurusan hanya dengan manusia saja melainkan berurusan juga kepada Tuhan.  Kalau mau berbuat kesalahan pikirkn dua sisi ini, hukum manusia dan hukum Tuhan.
Berikut dampak yang terjadi bagi orang yang suka memaafkan orang lain:


Yang pertama: Orang yang suka meminta maaf / dan memaafkan adalah orang yang rendah hati.
Orang yang rendah hati hidupnya selalu tenang, senang berdamai.
Orang yang suka meminta maaf dan memaafkan sangat besar pengaruhnya bagi kehidupan orang tersebut dan juga orang lain, ada rasa lega dan tidak terbebani dengan kesalahan yang dibuat.


Meskipun kadang-kadang kata maaf tidak cukup membayar kesalahan kepada orang lain, karena kerugian besar yang diderita tetapi setidaknya kamu telah melakukan tindakan yang bertanggung jawab. Diterima ataupun tidak itu bukan lagi urusan kamu. Yang penting kamu sudah  melakukan bagianmu.


Yang Kedua: Orang yang meminta maaf kepada kamu akibat kesalahan orang lain, kamu harus berlapang dada dan berbesar hati menerima dan memaafkan orang itu. Jika kamu merasa, dengan tidak memaafkan orang lain kamu bisa merasa tenang, sebenarnya kamu sedang menimbum virus berbahaya didalam hatimu. Kamu menjadi orang yang kepahitan, tidak bahagia dan akan menjadi penyakit mematikan.

gagal memaafkan sama seperti gagal bayar utang

Maka dari itu jangan pelit kasih pengampunan bagi orang yang datang minta maaf meskipun bagi kamu tidak layak di maafkan karena sudah terlalu banyak membuat hidup kamu menderita. "tidak memberikan maaf sama halnya kamu gagal membayar hutang"



2. Berdoa

Tidak ada yang lebih dasyat dari kuasa doa, Doa membuat hati tenteram sekalipun banyak masalah. Saat masalah datang buru-burulah membangun doa. Jalan hidup kamu hanya Tuhan yang tahu secara sempurna. Tuhan akan menolong jika kamu berseru memanggil nama-Nya dan memohon dengan kerendahan hati. Walaupun dengan cara menangis dihadapan Tuhan tidak ada masalah, saat kamu bisa mengangis bisa sebagai tanda bahwa kamu bersungguh-sungguh kepada-Nya.


Apabila masalah yang terjadi akibat dari kesalahnmu, maka minta ampun terlebih dahulu kepada Tuhan supaya pengampuan itu turun kepadamu dan kamu dilayakkan untuk menerima damai dari-Nya. Jangan yang pertama kamu cari dukungan kepada manusia, atau tetangga, bisa dapatnya tetangga yang salah pula, bukannya dapat dukungan malah di jeblokin dengan masalah baru.


Biarlah Tuhan yang tahu duluan masalahmu. Tuhan tidak marah bila kamu mengadu kepada Dia, sebaliknya Dia akan kasih damai didalam hatimu supaya kamu bisa tenang menyelesaikan masalahmu. Tuhan tidak bilang; kamu cengeng, kamu lebay...,


Katakan pada-Nya:
"Tuhan tolong saya, saya sangat menderita karena kesalahan ini, saya tahu saya salah, tolong ampuni saya dan lepaskan saya dari dari rasa bersalah ini" Tuhan sangat bersabar kepada manusia asalkan mau bertobat setiap hari. karena bagi Dia, kita ini seperti anak -anaknya.



3.  Kembali kejalan yang benar


Kembali memilih berbuat baik dan berjalan dijalan yang benar
Credits:pic.trips

Setelah kamu berdoa, kamu harus berani dan siap meninggalkan kesalahan itu dan tidak mengulanginya lagi. Kamu bisa belajar dari pengalaman yang sudah terjadi, bagaimana rasanya melakukan kesalahan dan dampaknya.


Kedamaian sejati hanya dimiliki oleh orang yang tetap berjalan dalam kebenaran dan tanpa kebenaran tidak mungkin orang mencapainya. Kebenaran membuat hati tentram, damai, sehingga membuat kamu bisa menikmati hari-hari dengan kebahagiaan. Jangan berpikir bahwa orang yang melakukan kesalahan hidupnya akan tenang atau baik-baik saja. 



 4. Memotivasi diri sendiri / membebaskan diri dari rasa kesedihan.

Memotivasi diri sendiri dapat dilakukan dengan cara-cara seperti : membaca buku-buku yang berisikan motivasi, mendengar saran dari orang yang berkompeten, memberi pernyataan pada diri sendiri bahwa sudah bebas dari rasa bersalah (katakan pada rasa bersalah, heyyy,.. rasa bersalah, engkau tidak berkuasa menyakiti, membelenggu saya, saya sudah bebas dari jeratmu).

Memotivasi diri sendiri , bernyanyi, membaca buku motivasi
Credits: thoughtwavespro


Motivasi lain yaitu dengan bernyanyi; menyanyikan lagu-lagu gospel dapat mendatangkan rasa damai dihati kamu. Cari lagu-lagu yang bisa memberi harapan baru, jangan cari lagu rock n roll atau melankolis yang bisa membuat hati tambah pusing. Bergabung dengan komunitas yang anggota-angotanya dapat menginspirasi, bisa saling medoakan dan memberi  kata-kata penguatan.


Media ini cukup bagus untuk membantu membebaskan hatimu dari ketakutan akibat kesalahan tersebut. Atau  jika ada hal lain yang bisa obat untuk menyembuhkan kamu dari penderitaan tidak ada salahnya melakukannya, karena segala upaya  yang baik tidak akan sia-sia .



5. Bersyukur

Tidak mudah mengucap syukur ditengah kesulitan dan sebagian orang akan berkata "yang benar saja, mana mungkin saya bersyukur dengan kondisi seperti ini, kamu enak saja bilang bersyukur karena kamu tidak mengalaminya, coba kalau kamu ada diposisi saya apa kamu bisa melakukannya?


Terima atau tidak, tapi benar adanya bahwa bersyukur dapat mengurangi penderitaan kamu. Awalnya memang sulit mengucapkan syukur saat dalam masalah, rasanya mulut ini berat sekali mengatakannya karena terkadang orang berpikir "mana mungkin saya bersyukur dengan masalahku"? Ops... kita bukan bersyukur karena kita sedang menghadapi masalah, karena siapapun tidak suka mensyukuri atas masalah yang menimpanya. Coba saja katakan kepada teman kamu" syukurlah kamu terkena masalah, pasti dia akan marah. 


Bersyukur maksudnya, saat kamu mengalami masalah namun Tuhan ada bersama kamu, sehingga kamu tidak mengalami masalah yang fatal.  Itulah yang kamu syukuri. Saat kamu mampu bersyukur, saat itulah Tuhan menolong kamu. Bersyukur mengenalkan kamu banyak hal yang tidak kamu pahami sebelumnya.


Banyak alasan yang membuat kamu harus tetap bersyukur meski dalam kondisi tidak baik. Dengan ucapan syukur yang seperti ini kamu akan  merasa kuat saat menghadapi masalah, lebih tenang, lebih damai, dan itulah kuasa dari mengucap syukur.


6.  Menyibukkan diri dengan melakukan hal-hal yang bersifat positif.

bekerja, bergabung dengan teman yang dapat memotivasi
Credits: wsndzrlust

Menyibukkan diri dengan berbagai hal positif dapat membantu mendatangkan damai di hatimu. Paling sederhananya, dalam aktivitas sehari-hari, terutama yang sibuk bekerja diluar rumah paling berpotensi melupakan masalah jika bersama temannya. Orang-orang disekitar kamu dapat mengalihkan perhatian kamu dari masalah yang terjadi.


Pelan-pelan kamu bisa melupakan masalahmu paling tidak sehari saja.  Kalau setiap hari kamu disodorkan kegiatan positif dan keseruan lainnya, lama kelamaan kamu bakal lupa benaran sama masalah itu. Intinya lakukan apa saja yang bisa membuat perhatianmu teralihkan dari masalah tersebut.



7. Berupaya mengoptimalkan kemampuan dan mengabaikan kelemahan.


Berupaya mengoptimalkan kemampuan dan mengabaikan kelemahan.
Credits: beas.lifestyle


Langkah ini tidak jauh berbeda dengan motivasi diri, tetapi cara ini lebih mengarah kepada pengembangan diri dan pembangunan karakter. Saat kamu berupaya mengoptimalkan kemampuan dan mengabaikan kesalahan, maka pikiran kamu akan tertuju kepada kesenangan yang sebaiknya kamu miliki.


Semakin besar kapasitas seseorang semakin cakap pula kemampuannya mengendalikan masalahnya. Jadi kapasitas membantu seseorang menyelesaikan kerumitan masalah yang dihadapinya. Ruang yang tersedia sanggup mengolah dan memberi pertimbangan sehingga lebih meminimalisir masalah. Kemampuan yang kamu bangun bila sudah cukup besar maka dilain waktu apabila masalah datang kepada kamu maka dengan cepat  bisa mendeteksi untuk melakukan penyesuaian menyelesaikan masalah.




 8. Melibatkan Tuhan dalam segala hal bahwa Tuhan sudah atur sedemikian rupa hidup manusia.

Melibatkan Tuhan dalam segala hal bahwa Tuhan sudah atur sedemikian rupa hidup manusia
Credits: emilysarmo


Adakalanya manusia tidak bisa menyelesaikan masalahnya sendiri karena sudah terlalu besar. Kesana kemari mencari solusi, meminta saran teman-teman, keluarga, tetangga tetapi ada satu yang ia lupakan yaitu bertanya kepada Sang Ahlinya.


Dalam situasi tertekan yang harus kamu lakukan adalah mencari Tuhan untuk melibatkan-Nya. Kamu harus sadari bahwa manusia penuh keterbatasan karena hanya ciptaan. Ketahuilah bahwa Tuhanlah yang menciptakan segalanya dan yang atur semua dunia ini. oleh karena Dia yang atur tentu harus dikembalikan kepada yang punya otoritas itu.


Ada bagian yang tidak bisa diselesaikan oleh manusia itu sendiri. Nah, disinilah kamu harus  tahu meletakkan apa yang tidak bisa kamu diselesaikan dan kamu harus libatkan Tuhan. Dan percaya apa yang terjadi akan mendatangkan kebaikan. Dan kamu harus bisa memandang segala keadaan merupakan bagian dari rencana Tuhan asal itu bukan karena kesalahan kamu.



 9. Optimis bahwa bagaimana pun situasi masalah, hidup harus tetap berlanjut.


Optimis bahwa bagaimana pun situasi masalah, hidup harus tetap berlanjut
Credits: sarahwells400mh

Tidak baik berlama-lama hidup dalam masalah, bisa - bisa kamu sendiri yang dikerdilkan oleh masalah tersebut. Makanya kamu yang harus gesit cari akar dari masalah itu supaya bisa menemukan solusinya dan cepat-cepat mengakhirinya. Semakin lama masalah menekan hatimu, maka semakin menjauh rasa damai itu darimu.


Jika semua poin diatas kamu lakukan,  saya yakin hati kamu bisa damai dengan segera dan keluar sebagai pemenang. Kamu bisa pandang masalah sebagai sekolah karakter dimana terus belajar untuk peningkatan mutu. Tetapi  kamu harus pastikan saat ujian datang kamu harus dinyatakan lulus ujian dan mengalami kenaikan level hidup.

Oke sobat sekian dulu ocehan saya yang panjang kali lebar ini.  Semoga sobat yang membaca bisa tertolong dan menjadi sumber motivasi bagi semua orang.  Yang penting jangan pernah berhenti belajar.

9 Cara Membuat Kamu Terhindar Dari Stres Saat Terjadi Masalah 9 Cara Membuat Kamu Terhindar Dari Stres Saat Terjadi Masalah Reviewed by Risda Nababan on March 07, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.