Manfaat Daun Sukun untuk kesehatan dan pengobatan


Manfaat daun sukun bagi kesehatan dan pengobatan


Selain buahnya yang empuk dan lezat saat dijadikan cemilan, ternyata manfaat daun sukun untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit sudah terbukti dan berkhasiat menjaga kesehatan.  Manfaat yang terdapat dalam daun sukun,  membuat daun ini banyak dimanfaatkan dan dijadikan sebagai obat herbal.


Terkadang kita tidak menyadari bahwa Tuhan sudah menyediakan banyak tumbuhan dan tanaman bermanfaat  untuk menjaga kesehatan dan bermanfaat menyembuhkan berbagai penyakit, termasuk tanaman yang satu ini. Tanaman dan tumbuhan ini sangat mudah didapatkan, sehingga tidak perlu mengeluarkan gocek yang besar,  asal kita berusaha untuk menemukannya.


Tanaman sukun terdapat hampir diseluruh wilayah di Indonesia, sehingga bagi saudara yang belum familiar dsangat mudah mengenali pohon yang satu ini. Daunnya yang berukukuran besar dan bentuknya berjari-berjari menjadi ciri khas tanaman ini.


Untuk mempersingkat pembahasan kita kali ini, saya akan langsung pada poin penting dari manfaat daun sukun untuk menjaga kesehatan dan menyembuhkan berbagai penyakit, diantaranya adalah :


Manfaat Menyembuhkan sakit pinggang.

Keluhan sakit pinggang yang sering dialami seseorang tentu sangat mengganggu aktivitas seseorang bahkan sering menyulitkan penderitanya. Daun sukun terbukti dapat menyembuhkan sakit pinggang yang saudara alami. Bagi saudara yang masih sehat juga bisa mengonsumsi seduhan dari daun sukun ini sebagai pencegahan berbagai penyakit.


Manfaat Menjaga kesehatan ginjal

Ginjal adalah salah satu bagian organ vital manusia yang kesehatannya harus terjaga dengan baik. Dengan kandungan senyawa yang terdapat dalam daun sukun dapat mendorong efek duretik dalam ginjal saudara sehingga bisa memelihara ginjal supaya tetap bisa bekerja dengan optimal


Manfaat Menjaga kesehatan jantung

Sama halnya dengan dengan ginjal jantung juga sebagai organ tubuh yang memompa darah ke otak. Apabila jantung terganggu dalam menjalankan fungsinya dengan baik maka organ tubuh manusia akan turut berpengaruh. Gangguan jantung disebabkan oleh karena adanya kelainan dalam jantung, pengerasan pada pembuluh darah dan flak yang terdapat pada pembuluh darah.  Hal ini perlahan,- lahan bisa dikurangi dengan rutin meminun air rebusan daun sukun.


  • Manfaat Menurunkan kadar kolesterol

Kadar kolesterol yang meningkat akibat kelebihan lemak dalam darah dapat memicu menyebabkan darah tinggi, penyakit stroke dan jantung,  tetapi hal itu dapat di cegah dengan cara rutin mengkonsumsi seduhan air rebusan daun sukun. Dengan rajin menyeduh rebusan air daun sukun akan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh saudara.


  • Manfaat Mencegah penyakit kanker

Penyakit kanker adalah penyakit yang sangat menakutkan bagi siapa saja. Penyakit ini ditimbulkan adanya sel dalam tubuh yang mengalami kerusakan dan pengaruh dari radikal bebas. Kanker ini dapat menyerang organ apa saja dalam tubuh manusia. Tetapi sebelum itu terjadi saudara bisa melakukan pencegahan lebih awal. Jangan sampai saudara mengalaminya.  Karena bisa dibayangkan betapa mahalnya biaya untuk pengobatan bagi yang terindikasi mengalami penyakit kanker. 


  • Manfaat Mengobati asam urat 

Bagian tubuh yang sering diserang penyakit asam urat ini berada pada area persendian misalnya area dengkul/ lutut sampai kaki.  Untuk pencegahan dan pengobatan,  saudara harus rajin dan rutin supaya kadar asam dalam tubuh segera menurun. Daun sukun memiliki sifat anti inflamasi,  sehingga manfaatnya sangat berkhasiat menurunkan resiko peradangan sendi. Keluhan ini tidak hanya dialami oleh lansia tetapi orang dewasa bisa terserang oleh penyakit asam urat. 


Manfaat Mengatasi penyakit liver

Kebiasaan buruk yang sering dilakukan orang akan berdampak nyata pada kesehatan.  Sauadara harua berusaha menjaga diri saudara supaya tetap sehat. Penyakit liver merupakan penyakit gangguan hati. Liver berfungsi untuk menetralisir racun yang masuk dalam tubuh. Jika liver mengalami gangguan maka akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Daun sukun dapat mengembalikan fungsi liver dwngan normal apabila rutin meminum hasil rebusan daun sukun. 


Manfaat Mengatasi penyakit  limpa 

Limpa berfungsi untuk menghasilkan cairan yang disebut getah bening. Cairan ini membantu mencerna makanan dan membersihkan darah, dan juga berfungsi untuk menyehatkan dua organ tubuh penting lainnya yaitu hati dan ginjal. Kerusakan limpa dalam tubuh akan menjadi sebuah persolan. Kerusakan enzim dan hormon dalam tubuh mengakibatkan limpa tidak berfungsi dengan normal. Untuk menghindari kerusakan ini saudara bisa meminum rebusan air daun sukun sebagai pencegahan. 


Manfaat Mencegah pendarahan. 

Daun sukun memiliki senyawa yang dapat melancarkan sistem pembuluh darah serta dapat menghentikan pendarahan berlebih. 


CARA MENGOLAH DAUN DAUN SUKUN 

Cara mengolah daun sukun untuk pencegahan dan pengobatan berbagai penyakit:


- ambil daun sukun yang sudah tua (yang sudah berwarna kuning kecoklatan). Daun yang sudah tua biasanya akan gugur dan jatuh kebumi. Daun yang baru  jatuh juga bisa saudara kumpulkan untuk dijadikan obat yang penting tekstur daunnya masih segar.

Manfaat daun sukun bagi kesehatan dan pengobatan
Daun sukun


- Ambil 2 atau beberapa helai daun sukun,  lalu bersihkan sampai benar-benar bersih


- Keringkan daun sukun yang sudah dibersihkan


- Rajang daun sukun tersebut sampai agak halus, agar kandungan obat yang terdapat dalam rebusan air sukun keluar ( untuk 2 lembar daun sukun dapat digunakan dalam 3 kali pemakaian/ rebusan) atau tergantung kebutuhan


-Setelah mendidih dan airnya sudah berwarna coklat kemerahan seperti seduhan teh angkat dan saring.

- Air rebusan bisa dicampur dengan gula (teh manis), campur madu atau diseduh tanpa campuran rasanya sedikit agak sepat. Aroma yang keluar dari rebusan daun sukun sangat menyegarkan jadi saat menikmatinya terasa seperti menyeduh teh yang biasa saudara beli dipasar atau tempat perbelanjaan.

- Air rebusan daun sukun hanya dapat digunakan satu hari saja.

Itulah beberapa manfaat daun sukun bagi kesehatan dan untuk pengobatan. Selain itu daun sukun juga dapat membeningkan air kencing yang sudah menguning dan agak kecoklatan. 


Manfaat Daun Sukun untuk kesehatan dan pengobatan Manfaat Daun Sukun untuk kesehatan dan pengobatan Reviewed by Risda Nababan on February 17, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.