Merasa Sedih ? Cari Tau Penyebabnya!!!

Manusia yang sifatnya perasa menyebabkan bisa dengan mudah merasa sedih, marah, bahagia, takut, cemas. Perasaan itu datang silih berganti dalam hidup manusia tergantung suasana yang sedang dialami. Namun seiring berjalannya waktu rasa bahagia, gembira, suka, senang, marah dan sedih itu berganti pula. Siklus rasa manusia memang tidak dapat diduga, tiba-tiba saja bisa berganti tanpa bisa diprediksi. Manusia tidak ada yang hidup dan tetap berada dalam satu siklus saja, misalnya bahagia, tidak ada manusia yang hidupnya tetap hanya dengan suasana bahagia saja dan tidak merasakan rasa yang lain, tetapi semua rasa itu pernah mampir menghiasi hidup manusia dan dari situlah setiap manusia dapat memaknai hidup entah apapun rasa yang dialami. Hidup manusia akan berwarna jika semua rasa yang ada pernah hinggap dalam perjalanan hidup manusia, rasa senang, bahagia  atau tidak itu pasti datang. Tidak masalah manusia berjuang untuk pertahankan suasana itu agar tetap bertengger dalam diri manusia tersebut, tetapi sekuat apapun berusaha mempertahankan, tanpa disadari ia akan pergi juga dan akan datang kembali. Begitulah seterusnya.

Perasaan Sedih


Sedih dan bahagia
Kesedihan merupakan bagian siklus kehidupan manusia

Yang saya bahas kali ini buat pembaca adalah bagaimana pengaruh rasa sedih itu terhadap mood seseorang dan apa penyebab rasa sedih itu timbul. Tidak ada yang tahu kapan rasa sedih itu menghampiri kalian, dan siapa tahu juga kan saat ini kalian juga sedang merasakan hal yang sama makanya kalian pengen tau banyak tentang perasaan sedih kalian itu. Keingintahuan kalian, membawa kalian bertemu dengan saya di mari, dan kita satu perasaan...hehehe.


Waktu yang dihabiskna oleh seseorang saat dalam menikmati pesaaan tergantung pada diri masing-masing memutuskan apakah akan dipertahankan dengan berlama-lama atau akan segera bangkit dari rasa sedih. Kendati demikian tidak boleh terlalu lama menghabiskan waktu dalam satu perasaan saja karena ada perasaan lain yang menunggu giliran. Perasaan harus di mix biar lebih berwarna dan hasilnya menjadi sama seperti pelangi indah saat berwarna warni.


Perasaan yang dialami oleh manusia adalah sebuah gelombang kehidupan dimana setiap orang pasti akan mengalami. Manusia diberikan target untuk sampai kesana, itu sebabnya karena siapa saja pasti mengalaminya: tua, muda, kaya, miskin, terhormat, dan orang biasa mendapat gilirannya, Rasa sedih yang dialami oleh setiap manusia sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia yang tidak bisa terpisahkan. Sejak kejatuhan manusia kedalam dosa dan pelanggaran-pelanggaran yang masih terjadi membuat rasa sedih hinggap dalam kehidupan manusia.


Timbulnya rasa sedih sangat beraneka ragam penyebabnya dan saat ada dalam perasaan tersebut tak jarang sering ditunjukkan melalui ekspresi. Datangnya rasa sedih bisa saat duduk, bisa saat kerja, saat bersama teman dll, tiba-tiba perasaan itu datang begitu saja, ada yang merespon dengan melamun, gelisah ada yang menangis bahkan sampai penyebab bunuh diri. Padahal sebenarnya rasa sedih itu sesuatu yang normal dialami oleh setiap manusia apalagi sedang mengalami kesusahan, pergumulan hidup. Memang terkadang susah mengendalikan perasaan sedih ini, karena semakin di pikirkan semakin dalam rasa itu mengakar dalam diri manusia.


Mungkin ada banyak orang sering terbawa perasaan atau yang biasa di sebut baper, Baper yang tidak bisa di kontrol bisa saja menimbulkan perasaan yang bercampur dengan emosi. Perasaan sedih datang bukan hanya karena sedang menghadapi masalah, saat tidak bermasalah pun bisa saja muncul perasaan tersebut. Beberapa sebab-sebab timbulnya perasaan sedih diantaranya:


1 .Merasa bersalah/ melakukan kesalahan

Kalian pasti pernah melakukan kesalahan bukan??. Kalau kata orang sih ada yang menyebut kesalahan besar dan kesalahan kecil. Iya sih... kesalahan kecil kalian biasanya cuek aja kan? Karena dampaknya sekarang tidak begitu terlihat sehingga kitapun mudah melupakannya. Namun meskipun hal itu sebuah kesalahan kecil itu tetap diperhitungkan sebagai dosa lho. Lalu bagaimana dengan kesalahan besar? Kesalahan besar ini yang sering membuat kalian merasa bersalah, akibatnya kalian dibuat galau, sedih, nyesakkan dada, gelisah. Begini - begitu bawaanya serba salah, tidak tenang, kepikiran terus bahkan ada yang sampai terbawa mimpi, yang lebih buruknya lagi, kejadiaanya  udah lama pun berlalu seolah bayangan dari perbuatan dari kesalahan itu selalu menghantui. Apabila terkenang maka kesedihan datang lagi , lagi dan lagi.


2. Doa yang belum terjawab

Terlalu lama menantikan jawaban yang tak kunjung-kunjung datang bisa membuat hati sedih. Banyak pertanyaan tersirat yang tak kunjung berakhir dipikiran manusia, kenapa ya belum terjawab. Sebagian orang ada yang iklas dan menerima apa adanya apalagi sebuah yang menyangkut hal yang sangat penting bagi kita, seperti misalnya penyakit tidak sembuh-sembuh, belum dapat kerja, sudah berumur alias dewasa belum juga kawin, udah lama menikah tapi belum dikarunia anak, sudah lama bekerja tapi kehidupan masih begitu-begitu saja. Sudah doa siang malam, sudah puasa, sudah bantu sesama, udah bersedekah tetapi doa belum juga tergenapi. Maka dalam keadaan yang belum mengalami perubahan seringkali dari kalian menjadikannya sebuah masalah yang harus dipikirkan, lihat teman udah berhasil, lihat yang dibawah umur udah pada nikah, lihat tetangga dulu masih anak-anak eh tidak tahu udah punya anak. Lihat diri kalian, dan bertanya "Aku kapan nih? udah jauh ketinggalan? Pada akhirnya kalian menjadi sedih dan meratapi nasib..


3. Ditinggal orang yang dikasihi.

Tidak mudah melupakan orang yang kalian kasihi terutama bila orang itu meninggalkan kalian. Rajutan yang kalian bangun bersama orang tersebut membuat kalian selalu teringat, bayangan kehadirannya selalu saja tergambar dengan jelas di bayangan kalian. Apalagi orang itu sangatlah berarti bagi kalian, dikit-dikit teringat... sehingga kalian pun tidak bisa fokus melakukan sesuatu untuk diri kalian dan orang lain. Karena itu kalian jadi sering gagal fokus terhadap hidup kalian karena rasa sedih yang mengganggu bahkan ketika teman kalian bicara sesuatu dan kalian tidak bisa menganggpnya dengan baik karena konsentrasi terpecah, mata mulai berkaca-kaca sedang menggambarkan kesedihan.


4. Kehilangan sesuatu

Kalian pernah kan kehilangan sesuatu yang berharga? contohnya nih barang yang kalian anggap sangat berharga, pekerjaan kalian, padahal itulah sumber penghasilan utama kalian, atau uang kalian padahal sudah susah payah mengumpulkannya.


5. Tidak/belum bisa memenuhi janji.

Tenyata seseorang bisa sedih bahkan menangis karena tidak bisa memenuhi janji yang dibuatnya, sekalipun barangkali tidak diucapkan janji itu secara langsung dan terdengar kepada orang yang bersangkutan kepada siapa berjanji itu ditujukan akan tetapi janji yang dibuat akan menjadi sebuah hutang yang harus dibayar. Untuk menggenapi janji itu, orang tersebut harus berusaha bagaimana janji itu sampai terbayarkan. Didalam usaha yang sungguh-sungguh memang terkadang sulit untuk merealisasikan, padahal sudah dengan sekuat tenaga dan sudah berusaha keras untuk memenuhi janjinya tersebut ternyata dengan usahanya itu ia tidak bisa memenuhinya. Apabila dalam kurun waktu masih juga belum bisa di penuhi, seringkali akan menjadi sebuah beban bagi seseorang yang terus membayanginya, akibatnya jika sewaktu ia teringat, maka akan membuat hati menjadi sedih. Jadi ternyata janji yang kalian buat dengan sungguh - sungguh, jika tidak bisa direalisasikan bisa membuat bukan hanya rasa sedih bahkan sebuah tangisan.


6. Terkenang masa lalu

Semua orang tentu punya masa lalu, hanya saja, masa lalu tiap-tiap orang berbeda-beda. Ada masa lalunya pahit, ada yang manis, dan ada yang kecut. Kalau masa lalunya manis, puji Tuhan? kalau masa lalunya pahit alias kelam, lalu apa mau dikata udah jalan hidup (kata sebagian orang). Kendati denikian terlepas dari pahit, manis, getir dan kecut setiap orang punya kenangannya masing-masing. Yang terjadi apapun masa lalu seseorang itu bila di flashback bisa membuat hati sedih, tangisan dan rasa pilu yang mendalam. Adapula yang menyesali dan ketika punya kesempatan untuk merajut kembali hidupnya dan mengarahkan diri sesuai dengn tujuan yang harus dicapai.


7. Karena murtad.

Apa yang menjadi pilihan kalian tidak selalu mendatangkan damai sejahtera dan kebahagiaan bagi kalian apalagi dengan keputusan akibat dari  adanya tekanan dan paksaan. Karena apabila sudah menentukan pilihan adakalanya susah untuk mengembalikan kepada pilihan lain yang akhirnya baru kalian sadar ternyata yang kalian singkirkan atau tinggalkan itu sebenarnya pilihan terbaik. Dari kegagalan menentukan pilihan membuat sering terjadi penyesalan.


Kenapa saya singgung masalah pilihan?

Ada banyak pilihan yang disodorkan pada kalian. ada pilihan yang memang baik untuk kalian dan ada juga pilihan yang tidak baik. Kalian harus memilih apa yang baik untuk hidup kalian dimasa kini dan dimasa yang akan datang; baik dimasa hidup ini dan setelah kematian. Bila sudah mencapai umur yang di tentukan Tuhan, kalian tidak ada pilihan lain selain hanya bisa menerima kenyataan apa yang akan terjadi bagi kalian.


Banyak orang yang merasa bangga terhadap apa yang sudah dipilih dalam hidupnya, dan diantaranya ada yang karena selama ini karena pengaruh sehingga dia lihat dan akhirnya merasa tertarik. Mengenal sesuatu tidak boleh hanya pada kulitnya saja. karena kebanyakan orang murtad bukan karena apa yang dia yakini kurang baik atau tidak benar, tetapi yang sering terjadi karena orang biasanya akan berbondong-bondong untuk masuk dalam suatu komunitas karena ada sesuatu yang berbeda, yang menarik perhatian dan dianggap bisa memberi keuntungan meski sifatnya sementara. itu sudah merupakan tabiat manusia pada umumnya.


Berkeyakinan tidak bisa seperti itu, kalian harus punya dasar yang kuat, dan yang menjadi kunci dalam menjalankan sebuah keyakina yaitu dengan pemahaman, pengenalan dan pengalaman. jika kalian tidak mau dan berusaha memahami , mengenal dan mengalami buah dari keyakinan kalian, percaya atau tidak, kalian akan tersesat, mudah terbawa arus, Dengan mudah akan berpaling dari kepercayaan, dan dengan dasar yang mudah ditebak; karena pacaran beda agama, gila jabatan dan kehormatan atau karena pengaruh mayoritas serta karena menganggap kepercayaan itu sama saja dengan yang akan dianut atau faktor lain. Tetapi ada kalanya sepanjang perjalanan kehidupan keyakinannya baru merasa sesuatu ada yang mengganjal dalam bathinnya, mau kembali udah sulit karena terikat dengan janji atau sumpah. Mau tetap menjalani, hati sudah tidak tenang. ujungnya yang dirasakan ketidaktenangan dan rasa sedih yang mendalam.


8. Akibat kelemahan fisik / penyakit.

Kondisi fisik terkadang membatasi diri kita untuk menampilkan kemampuan dengan maksimal. Siapapun dia orangnya jika memiliki suatu kelainan atau memiliki kondisi fisik yang tidak sempurna, suatu saat pasti akan terbersit pikiran yang membuat hati sedih, coba aku kalau tidak begini, begitu pasti aku akan seperti ini dan itu. rasa sedih itu pasti dialami terutama jika sedang membanding - b andingkan diri dengan orang lain, ketika ia masih sehat, belum seperti ini. Tidak banyak yang bisa dilakukan oleh seseorang yang mengalami kelemahan fisik, yang sakit atau cacat bawaan, semua serba terbatas. Didalam keterbatasan itulah akan timbul keinginan untuk menyendiri sambil meratapi nasib dan disitu pula bukan hanya sedih yang datang, kepedihanpun turut bekerjasama untuk melumpuhkan kebahagiaan seseorang dan kreativitas yang mereka miliki sebelumnnya.


9. Kegagalan membangun kebahagiaan

Kenapa jeng, sedih amat kelihatannya? Iya jeng aku sedih aku habis berantam sama suami!!!. (Itu sepenggal ilustrasi percakapan ibu-ibu komplek terhadap sahabatnya yang sedang dalam kesedihan). Semakin tinggi tingkat kebahagiaan seseorang maka semakin rendah kesedihan, kesusahan orang tersebut dan semakin tinggi kesedihan maka semakin berkurang kebahagiaan seseorang. Manusia cenderung mengalami kesedihan jika manusia itu gagal membangun kebahagiaan. Oleh karena itu setiap orang merusaha cara mendapatkan kebahagiaan dengan berbagai cara.





Merasa Sedih ? Cari Tau Penyebabnya!!! Merasa Sedih ? Cari Tau Penyebabnya!!! Reviewed by Risda Nababan on December 07, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.