Pengaruh Buruk Bisnis Online Bagi Pertumbuhan Pasar Retail




Tutupnya beberapa gerai pasar retail merupakan dampak buruk dari bisnis online.  Satu persatu bisnis yang sudah sekian lama menjadi pasar andalan berbelanja dan sempat merajai pasar retail harus berakhir seiring dengan pesatnya pertumbuhan jumlah penduduk dunia. Meskipun baru beberapa gerai yang mengalami penutupan tetapi ini tentu berpengaruh bagi puluhan bahkan ratusan orang. 


Kekalahan dalam persaingan yang dirasakan oleh bisnis retail tidak lepas kisah pahit dari era digital.  Akibat revolusi digital yang memicu lahirnya Bisnis- bisnis online mengubah haluan masyarakat dari belanja offline menjadi belanja online. Kesadaran masyarakat dengan perkembangan zaman sekaligus tawaran yang menyediakan kemudahan, berujung pahit bagi pengelola bisnis retail karena ketatnya persaingan membuat gerai - gerai tidak mampu bertahan



Bisnis online menyuguhkan fasilitas yang memadai dalam kenudahan sekaligus memanjakan para konsumen.  Sejak dirilis bisnis online terus berusaha menciptakan inovasi demi menigkatkan kenyamanan berbelanja. Trik trik yang dilakukan pelaku pasar online membuat banyak kalangan tidak mau mengalihkan pandangannya dari online shop ini terutama remaja dan dewasa.  


Meskipun secara garis besar bisnis online menyasar pengguna internet dan pengguna gadget,  tetapi dengan jumlah pengguna internet yang sangat besar memungkinkan untuk mematikan bisnis retail.  Setiap tahun jumlah pengguna internet terus meningkat,  dengan begitu angka pengguna online shop terus mengalami kenaikan. 

Dengan fasilitas seperti metode bayar ditempat dan transaksi pembayaran kartu kredit yang tersedia pada online shop tentu membuat pengguna senang-senang saja dalam berbelanja.  


Kepraktisan bisnis online mendorong para konsunen untuk meninggalkan pasar retail secara perlahan namun pasti. Pengaruhnya tentu dengan sepinya pengunjung di pasar retail yang berujung pada turunnya penjualan  sehingga  tidak mampu menutupi biaya operasianal. Dan jika hal ini terus terjadi dalam beberapa kurun waktu akan terjadi lebih banyak gerai-yang gulung tikar. 

Sepinya pengunjung di pasar retail


Santer terdengar, selain ditengarai bisnis online faktor lain ada yang turut mempengaruhi tutupnya beberapa Gerai bisnis retail adalah :

Pasar modern mendominasi pasar retail dengan mencover sebagian besar kebutuhan masyarakat.  Pengolala Bisnis modern tidak hanya bergelut pada penyedia barang saja. Beberapa pebisnis kakap yang memilki modal besar membuat gebrakan baru dengan menyediakan paket lengkap mulai dari wahana bermain, tempat hiburan,  tempat makan, tempat nongkrong sekaligus tempat berbelanja.

Paket lengkap, berbelanja sambil bersenang-senang.  Penetrasi Pola pasar ini dapat menggaet masyarakat dari semua kalangan.  Meskipun tujuan mereka untuk menikmati wahana bermain,  sekedar nongkrong sambi wifi-an makan-makan tetapi setidak-tidaknya pasar ini punya kesempatan untuk kembali memikat para konsumen.  Dengan begitu penjualan bisa meningkat.


Konsumen yang tadinya sudah mengesampingkan belanja dipasar retail, dengan tersedianya berbagai wahana, rekreasi untuk mengisi liburan maka hal ini bisa mendorong mayarakat untuk berbelanja sambil berekreasi. 

Kabar buruknya adalah beberapa gerai yang tidak menyediakan fasilitas ini malah justru akan semakin terpuruk.    


Kedua, sulitnya menjangkau pasar retail akibat sering terjadi kemacetan jalan dijalan raya. Tidak dapat di pungkiri, di jaman serba praktis memang sangat menguras energi bila harus berlama-lama dalam kemacetan.  Masyarakat mulai malas keluar rumah apabila mengalami situasi ini.  Daripada mengalami macet mending belanja dari rumah atau dari kantor saja jauh lebih mengenangkan.  


Pilihan ini yang menyebabkan sebagian besar masyarakata beralih dari berbelanja ofline  dan memilih bisnis online. Lebih mudah dan lebih cepat berbelanja online yang hanya perlu waktu 5 detik untuk berbelanja dari pada pergi kepusat perbelanjaan yang memakan waktu berjam-jam dan disuguhi kemacetan yang luar bisa. 


Dengan pertimbangan  ini bisnis online menjadi salah satu pilihan masyarakat. Dengan mudah dapat menemukan barang yang di cari,  buka facebook,  hampir 70 persen badan facebook dipenuhi dengan barang pajangan,  begitu juga Instagram. 

Saking banyaknya pajangan barang di facebook dan Instagram  niat untuk berbelanja dipasar menjadi berkurang bahkan sama sekali tidak ada. Setiap saat disuguhi berbagai produk dan mustahil jika masyarakat tidak tertarik untuk membeli. 


Itulah pengaruh buruk bisnis online bagi pertumbuhan bisnis retail yang dapat saya rangkum untuk anda.  Apapun pilihan tempat belanja anda,  semoga menjadi menyenangkan.



Pengaruh Buruk Bisnis Online Bagi Pertumbuhan Pasar Retail Pengaruh Buruk Bisnis Online Bagi Pertumbuhan Pasar Retail Reviewed by Risda Nababan on November 06, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.