Cara Belanja Online Mudah, Aman dan Menyenangkan

bisnis online jaman now


Era sekarang adalah era gadget, dimana melalui gadget atau perangkat, berbagai aktivitas semakin mudah dilakukan. Demikian halnya berbelanja online semakin mudah, aman dan menyenangkan dimana dan kapan saja. Mau belanja baju, mau barang elektronik, Beli Tiket dan lain-lain bisa, bahkan belakangan sampai nikah sirih dilakukan secara online meskipun itu tindakan ilegal dan melanggar hukum. Anda duduk dirumah atau bekerja di kantor barang yang anda inginkan bisa sampai di tangan anda. Smartphone memberi kemudahan mulai dari Pesan - Order, pembayaran sampai pengiriman tidak usah repot-repot lagi. Aplikasi mobile banking untuk pembayaran jika malas pergi ke ATM, Jika tidak memiliki Rekening Bank pembayaran tetap bisa dilakukan dengan memilih menggunakan layanan bayar di tempat (COD). 


Sebagian memang ada yang berpikir bahwa Informasi Teknologi (IT) mengajarkan orang jadi malas. Malas keluar tinggal klik-klik barang bisa sampai dirumah. Tetapi sebetulnya tidaklah demikian, dengan fasilitas aplikasi dan fitur - fitur yang tersedia saat ini , juga mengharuskan para pengguna di tuntut harus bekerja keras untuk menghasilkan uang lebih banyak, karena dana yang di keluarkan  untuk mendukung teknologi, itu juga tidak sedikit. Untuk semua yang di tawarkan oleh kemajuan dan Informasi Teknologi yang ada saat ini bertujuan supaya dapat dimanfaatkan untuk kemudahan manusia itu sendiri. Jadi, Informasi dan Teknologi di ciptakan untuk menjadikan hidup yang lebih baik. 


Belanja online merupakan belanja berbasis online kapan dan dimanapun dapat di lakukan selama dalam lingkup jaringan internet terkoneksi. Di awal-awal mulai di kenal belanja online, banyak yang takut bertransaksi, karena takut kena tipu. Uang sudah di transfer tetapi barangnya tidak datang-datang atau barang yang di kirim tidak sesuai dengan yang dipesan


Tetapi sekarang kekhawatiran itu mulai sirna bersamaan dengan maraknya situs online terpercaya. Situs   e-commmerce  yang merupakan tempat jual beli online berusaha memberikan layanan jaminan perlindungan berbelanja kepada konsumen bahwa situs yang kelola merupakan situs aman dan terpercaya. Jadi marketer yang mau bertransaksi  di situs online ini hampir tidak pernah di temukan lagi keluhan masalah penipuan yang merugikan konsumen.
Diantara contoh situs ecommerce percaya dan aman buat belanja online yang ada di Indonesia adalah
  • Lazada.co.id
  • Shopee .co.id
  • OLx
  • Elevenia.co,id
  • JD.id
  • BukaLapak.com
  • Berniaga.com
  • Blibli.com.
  • Tokopedia.com
  • dll

Belanja online selain lebih praktis dan menyenangkan ada banyak kemudahan yang didapat. Berikut cara belanja online mudah dan menyenangkan.


1. Berbelanja dari rumah cukup menggunakan perangkat smartphone atau Gadget.


Bagi anda yang memiliki kesibukan di rumah maupun di luar rumah sehingga tidak punya waktu untuk berbelanja, pasar online dapat menjawab kebutuhan anda tersebut. Kesibukan anda tidak lagi dapat menghalangi langkah dan niat anda untuk mendapatkan produk yang anda inginkan. Dengan perangkat Smartphone ditangan anda maka dengan segera barang yang anda cari bisa tiba di tangan anda.

Tetapi ada hal yang perlu dipahami oleh pembeli sebelum membeli produk yang anda cari. Ada baiknya sebelum hal itu di lakukan baca terlebih dahulu ulasan-ulasan atau spesifikasi dengan teliti mengenai barang yang akan anda beli, supaya anda tidak menyesal setelah barang yang sudah diterima ternyata tidak sesuai dengan keinginan anda. Setelah anda yakin bahwa barang yang anda pilih sudah sesuai baru lanjutkan dengan proses belanja.



2. Mencari barang yang menawarkan harga lebih murah di toko online tanpa harus menelusuri semua toko

Sama halnya dengan belanja offline, mencari barang yang lebih murah pun dapat anda lakukan saat belanja online. Sebelum memutuskan untuk membeli produk yang anda cari, cari tahu terlebih dahulu harga untuk barang yang sejenis di situs jual beli online yang lain untuk mendapatkan harga yang lebih miring. Dengan maraknya jual beli online saat ini membuat produk yang sejenis memiliki harga yang bervariasi di setiap situs jual beli online, meskipun itu berada dalam naungan situs Ecommerce yang sama. Dan itu tidak lepas dari pengaruh bisnis online yang marak saat ini dan berlomba-lomba mencari peruntungan di bisnis ini sehingga penetapan harga di setiap toko online pun berbeda-beda. Harga bisa saja lebih murah jika menemukan toko online yang merupakan tangan pertama (supplier) atau tangan kedua.


3. Mudah Menemukan produk yang di cari dan memilih tempat belanja dengan mudah

Pasar Digital


Google sebagai mesin pencari terbesar dan terpopuler berkolaborasi dengan situs-situs dan aplikasi online lainnya sehingga memberikan hasil pencarian yang lebih informatif. Penelusuran yang dilakukan oleh mesin pencari Google merupakan salah satu cara memudahkan para pengguna internet untuk menemukan pencarian mereka. Dengan memasukkan kata kunci, Google akan melakukan pencarian dan melacak situs-situs yang menyediakan layanan atau produk terkait. Ketika kata kunci dimasukkkan, dengan cepat mesin penelusur  mencari situs-situs dan  mempertemukan penjual dan pembeli berkenaan dengan produk yang di cari melalui kata kunci sehingga dengan kata lain berbelanja cukup satu kali klik saja anda bisa menemukan beragam produk yang ingin di beli. Tidak perlu berlama-lama mencari produk yang anda butuhkan sehingga waktu anda tidak terbuang dengan sia-sia.


4. Menjangkau produk dari berbagai tempat bahkan dari luar negeri lebih mudah

Selain produk lokal, produk luar negeri pun bisa ditemukan apabila anda tertarik berbelanja produk / merk - merk luar. Untuk jaminan kualitas barang/ produk tentu sudah ada filosofinya "ada rupa ada harga". Semakin bagus kualitas produk harganya tentu akan semakin mahal.


5. Dapat memilih metode pembayaran yang lebih mudah, aman dan fleksibel

Sekarang ini ada beberapa metode pembayaran yang di tawarkan dan dapat di lakukan oleh para marketer dalam pembayaran dan pembelian barang atau jasa. Semua metode ini sebenarnya cukup aman di gunakan sebagai transaksi pembayaran. Selama anda menjamin dan menjaga kerahasiaan akun anda, melakukan transaksi pembayaran apapun tidak jadi masalah.
Berikut metode pembayaran yang dapat anda pilih dalam pembayaran transaksi pembelian online anda.
  • Bayar di tempat (cash on Delivery) 
  • Transfer
  • Virtual
  • Kartu Kredit


Sejauh ini, melakukan transaksi pembayaran dan pembelian dengan metode tersebut masih dalam tahap aman meski menggunakan metode pembayaran virtual. Apapun pilihan metode pembayaran yang anda lakukan selama berbelanja di situs online terpercaya maka produk yang anda beli dengan cara online akan meluncur sampai ke tangan anda. Apabila tetap masih ada keraguan untuk melakukan pembayaran atas barang belanja online anda, anda bisa pakai cara Cash On Delivery (COD)  atau bayar di tempat.

Tetapi tidak semua toko online menyediakan layanan metode pembayaran bayar di tempat (COD) ini, hanya untuk beberapa toko online tertentu dan jenis produk tertentu. Karena tidak semua toko online menerapkan kebijakan ini.

6. Barang diantar sampai kerumah

Setelah menyelesaikan semua proses transaksi belanja online, saatnya proses pengiriman. Sebagai pelaku usaha dan pentingnya menjaga daya tarik konsumen atau pembeli terhadap produk yang di perjualbelikan maka beberapa toko online membuat kebijakan baru supaya pengguna internet merasa tertarik untuk membeli berbagai produk yang di pajang ditoko online tersebut. Salah satu kebijakan belanja online yang dapat anda gunakan adalah layanan gratis ongkos kirim. Layanan gratis ongkos kirim sesuai area yang di cover  dari jasa pengiriman toko online tersebut. Berikut toko online atau situs ecommerce yang menyediakan layanan gratis ongkos kirim:


  • Lazada.co.id
  • Shopee.co.id
  • Elevenia.co.id

Jadi pembeli tidak diberatkan dengan membayar ongkos kirim untuk barang yang di beli, dan kebijakan ini tentu berbeda di setiap toko online, sesuai ketentuan dan kebijakan masing-masing toko online.

Itulah ulasan mengenai cara belanja online mudah, aman dan menyenangkan, semoga bermanfaat.




Cara Belanja Online Mudah, Aman dan Menyenangkan Cara Belanja Online Mudah, Aman dan Menyenangkan Reviewed by Risda Nababan on October 13, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.