Rahasia terbaik dibalik setiap ucapan syukur



Kekhawatiran adalah merupakan bentuk dari kegagalan bersyukur. Apabila anda mengerti bahwa betapa banyak rahasia dan keuntungan yang didapat dibalik setiap ucapan syukur.


Di dunia ini banyak hal yang membuat seseorang tidak mampu mengucap syukur dan itu terjadi karena ketidakpercayaan terhadap sesuatu. Ketika ketidakpercayaan dihimpit oleh kekhawatiran maka yang keluar hanyalah keluhan dan sungut-sungut.


Mengucap syukur merupakan manifestasi dari sebuah ibadah yang benar kepada Tuhan yang benar. Karena orang yang mengucap syukur adalah orang yang menyadari dirinya lemah sehingga dengan kesadaran itu dari semua yang di peroleh adalah merupakan pemberian dan campur tangan Tuhan.


Bukan hanya itu saja, Ucapan syukur merupakan ungkapan kasih kepada Tuhan atas kasih dan pemeliharaanNya dalam hidup kita, sehingga bisa ada hari ini sebagaimana kita ada dan dapat menikmati semua anugerah yang telah disediakan bagi kebahagiaan kita. Karena itu kita harus tahu rahasia ini bahwa mengucap syukur kepada Tuhan sebenarnya secara tidak sadar kita sedang membangun koneksi dengan Tuhan. Sama seperti kasih, ucapan syukur yang kita ucapkan setiap hari dapat mendorong kita untuk menyadari kehadiran Tuhan dalam hidup kita. 


Inilah rahasia terbaik dari setiap ucapan syukur yang kita naikkan:


  • Ucapan syukur membuat hidup damai sejahtera
  • Mengucap syukur  sebagai tanda bahwa kita selalu mengharapkan segala sesuatu dari Tuhan. 
  • Mengucap syukur dapat menguatkan kita dalam masalah
  • Dengan mengucap syukur kita mendapat menanggung segala sesuatu
  • Dengan mengucap syukur menghindarkan kita dari kehidupan yang tidak senonoh
  • Dengan mengucap syukur dapat menghindarkan kita dari keinginan memegahkan diri dan menyombongkan diri. 
  • Ucapan syukur dapat melenyapkan segala kekuatiran. 
  • Dengan mengucap syukur kita sedang berjaga-jaga atas hidup kita. 

Ucapan syukur selalu mendatangkan hal-hal yang baik dan positif bagi hidup manusia. Maka  siapa saja yang ingin hidupnya tenang dan bahagia dinasehatkan untuk senantiasa mengucap syukur. Mengucap syukur tidak tergantung dari situasi yang sedang dihadapi. Jika senang atau lagi bahagia karena mendapat berkat baru disitu timbul semangat mengucap syukur tetapi ketika dalam masalah kita melupakan dan meninggalkannya. Ucapan syukur harus selalu ada dalam mulut kita, terlebih ketika dalam kondisi tidak baik karena ketika itu ada dalam hati, kita sedang mempercayai Tuhan dan oleh karenanya maka Tuhan akan bertindak atas hidup kita.

Saya percaya, mengucap syukur bukanlah kehendak kita, melainkan kehendak Tuhan bagi kebaikan kita. Tuhan yang memberikan  dan menaruh hati bagi kita sehingga kita memiliki kerinduan untuk mengucapkan syukur dan terimakasih sebagai wujud dari kasih dan kepercayaan kita kepada-Nya. Dan kita merespon setiap pemberian itu dan menjadikan sebagai gaya hidup kita sehari-hari.  Dengan demikian kita punya rasa haus untuk mengatakan : "Terima kasih Tuhan untuk berkatmu sepanjang hari ini".  Tuhan ingin supaya kita senantiasa mengucap syukur dalam segala hal:


  • Ketika di berkati
  • Ketika dalam masalah. 
  • Ketika sakit
  • Ketika anda selamat dari marabahaya
  • ketika sedang tertindas
  • ketika sedang terbelenggu
  • ketika diputusin pacar.
  • ketika anda di pecat dari pekerjaan
  • ketika kehilangan sesuatu
  • ketika di khianati orang yang di kasihi
  • ketika teraniaya
  • ketika tidak dianggap
  • dll

Memang dalam suasana bahagia sangat mudah untuk mengucap syukur, apalagi ketika sedang menerima berkat, tetapi apakah ketika keadaan di sekeliling sedang tidak baik harus tetap mengucap Syukur?


Mengucap syukur adalah kehendak Tuhan untuk kebaikan kita.  Dan melalui ucapan syukur, adalah cara Tuhan untuk memberkati kita. 

Jika kita sudah tahu rahasia terbaik mengucap syukur, mengapa masih sulit melakukannya? Tidak ada alasan lagi untuk tidak mengucap syukur,  meski hanya untuk nafas yang kita hirup dan sinar matahari yang masih memberi kehangatan bagi tubuh kita itu sudah cukup menjadi alasan untuk selalu bersyukur.


Salah satu penyebab kesulitan bersyukur adalah ketidakpuasan terhadap sesuatu yang kita peroleh dan juga kekuatiran yang melanda hidup kita.   Jika kita menyadari bahwa segala sesuatu yang terjadi dalam hidup kita merupakan kehendak Tuhan yang berkuasa kenapa harus kuatir?  Belajarlah mengucap syukur dari sekarang dan lihat rahasia di balik dari ucapan syukur itu. 



  • Mengucap syukur mengubah pandangan seseorang terhadap orang lain. 

Kekuatiran yang berlebihan dapat merusak pandangan kita terhadap orang lain dan selalu memandang orang lain dengan pandangan sempit dan negatif pada ujungnya diri sendirilah yang di rugikan. Tetapi orang yang bersyukur selalu berpandangan positif  dan mampu melihat peluang dari orang lain. Karena orang yang bersyukur selalu dapat berkat tak terduga dan datangnya dari mana saja. 


Ada seorang teman kerja yang hampir tiap hari cari makanan/ jajan di kantor. Karena rasa penasaran saya pun mencoba bertanya. Pertanyaannya cukup sederhana;

Saya: Mengapa kamu selalu jajan /cari makan di kantor?

Dia: dirumah, ayuk (kakak perempuan) aku jarang masak.

Saya: trus kenapa kalian tidak sewa pembantu buat masak dan nyuci? (kebenaran mereka untuk nyuci/gosok selalu menggunakan jasa Loundry).

Dia:  Ayuk aku takut ninggalin rumah dengan pembantu.

Jawaban yang di berikan ayuknya tersebut memang masuk akal, tetapi apakah membantu?.  Saya yakin yang di takutkan ayuknya adalah ketidakjujuran si pembantu apabila si tuan rumah meninggalkan rumah. Inilah fakta yang terjadi bahwa kekuatiran tidak memberikan manfaat.


Ringkasnya begini,  diatas sudah disebutkan rahasia dari ucapan syukur, salah satu diantaranya adalah bahwa ucapan syukur dapat melenyapkan kekuatiran kita, termasuk kekuatiran dan ketakutan terhadap pembantu yang tidak setia. Kerugian terbesar seperti contoh orang yang ketakutan diatas adalah bahwa didalam kemegahan dan kemewahannya ia harus mengurus rumah tangga dan kehidupannya sendiri dimana yang sebenarnya ia bisa menikmati hidup dengan tenang apabila ia bisa percaya kepada  orang lain.

Saya ulangi lagi bahwa mengucap syukur adalah kehendak Tuhan bagi kebaikan kita. Saya terjemahkan dengan terjemahan saya sendiri begini: apabila kita mengucap syukur tandanya kita percaya kepada Tuhan 100 persen.  Bahwa apa yang kita percayakan kepada Tuhan, tidak satupun dari yang kita percayakan itu hilang atau diambil orang dari kita tanpa se-izin Tuhan. Dengan kata lain ucapan syukur dapat memelihara semua yang kita miliki.


  • Ucapan syukur dapat membalikkan keadaan

Ucapan syukur berhubungan dengan Tuhan,  Jadi membangun hubungan dengan Tuhan bukan sekedar ritual saja. Jangan berpikir bahwa mengucap syukur adalah tindakan sia-sia. bisa saja orang lain berpikir untuk mengambil dan merampas sesuatu dari anda, jika anda bertekun dalam  doa dan ucapan syukur, niat jahat orang terhadap anda bisa gagal/tidak terlaksana.

Itulah rahasi di balik setiap ucapan syukur kita. Semoga bermanfaat.


Rahasia terbaik dibalik setiap ucapan syukur Rahasia terbaik dibalik setiap ucapan syukur Reviewed by Risda Nababan on September 19, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.