Tips Melamar Lowongan Kerja Agar Mudah dan Cepat Diterima Oleh Perusahaan






Sulitnya mendapat pekerjaan akibat ketatnya persaingan dan terbatasnya lapangan pekerjaan membuat banyak pengangguran dimana-mana. Agar hal itu tidak terjadi padamu, lebih baik baca dulu tips dan trik melamar lowongan kerja agar mudah diterima kerja diartikel ini. Kamu tahu kan kalau tidak mudah masuk kerja tanpa tahu triknya terlebih dahulu.

Kalau bicara lowongan kerja, sebenarnya banyak perusahaan yang membuka lowongan kerja. Cuma masalahnya, apakah kamu diterima atau tidak itu yang menjadi masalah. Begitu sebuah perusahaan membuka lowongan kerja, puluhan atau ratusan bahkan ada yang sampai ribuan orang yang antri ngular sampai jauh. Bayangkan kamu salah satu diantaranya, betapa kecilnya kesempatan untuk diterima. Pada hal Surat lamaran kerja sudah dipoles sedemikan cantik, berharap diterima  ternyata dibuka pun tidak.

Karena saya berbaik hati, akan saya bagikan bocoran bagi kamu yang sedang berniat mencari kerja. Sebelum mengajukan surat lamaran kerja, kamu harus analisa dulu diri kamu dan berkas yang kamu punya apakah berpotensi diterima kerja atau kamu sudah melakukan Pertimbangan-pertimbangan sebelum diterima kerja?. Tetapi sebelumnya, Inilah tips mudah diterima kerja dikantor perusahaan:



1. Ijazah atau Pendidikan Terakhir

Yang pertama kali yang akan kamu rekomendasikan adalah ijazah terakkhir kamu bukan? Yups...latar belakang pendidikan kamulah yang pertama dilihat dan menjadi syarat utama saat kamu melamar kerja.

Ketika Ijazah yang kamu lampirkan di surat lamaran sesuai dengan syarat yang tertera dalam info lowongan maka kemungkinan besar surat lamaran kerja kamu akan dipertimbangkan. Tidak masalah apabila jurusan kamu berseberangan dengan yang diminta, yang penting pendidikan terkhirnya sudah dapat.



2. CV (Curiculum Vitae) atau Daftar Riwayat Hidup

Cv (curiculum vitae) mencakup secara garis besar tentang riwayat kamu secara tertulis. Perusahaan yang membaca lamaran kamu tidak perlu membuka dan membacanya satu persatu sampai kebagian terbawah lampiran surat lamaran kamu, karena sudah meliputi:
  • Identitas diri anda
  • pendidikan Formal dan non formal
  • Pengalaman kerja.
  • Dll
Apa yang diterangkan dalam CV (Curriculum Vitae) tidak mungkin rekayasa karena selain CV (Curriculum Vitae) anda juga turut melampirkan berkas-berkas lain sebagai pendukung dalam surat lamaran kamu.



 3. Decking atau Backing

Decking atau backing adalah orang yang ada dibalik surat lamaran kamu. Bisa orang dalam perusahaan atau juga orang luar yang memiliki kekuatan untuk membantu memasukkan kamu diterima bekerja di perusahaan yang kamu lamar.

Orang dalamlah yang memberikan kamu kesempatan yang paling memungkinkan untuk diterima kerja. Tanpa becking sulit bagi kamu menembus ratusan bahkann ribuan pelamar yang saling berebutan untuk satu kursi diperusahaan.

Zaman sekarang, melamar kerja tidak perlu melampirkan setumpuk kertas. Sayang uangnya, karena kertas kamu hanya akan berakhir jadi sampah. Cukup lampirkan selain yang diatas :
  • Pas photo
  • Foto copy KTP
  • SKCK
  • Surat Pengalaman Kerja
Pengaruh terbesar supaya mudah diterima bekerja bukanlah banyaknya berkas-berkas yang memenuhi amplop atau map lamaran kamu melainkan ketiga hal yang sudah disebutkan diatas.

Semakin besar pengaruh backing kamu maka semakin besar pula peluang untuk diterima. Jika kurang kuat maka kamu hanya berhasil di interview saja. Ditengah jalan pertarunganmu akan kandas, karena becking juga bisa kalah saing



4. Pengalaman-pengalaman kerja yang kamu miliki

Untuk spesifikasi lowongan tertentu membutuhkan pengalaman kerja. Pelamar yang mempunyai pengalaman dalam pekerjaan akan lebih mudah diarahkan sesuai bidang pekerjaan yang akan diisi. Itu sebabnya mengapa orang yang berpengalaman lebih cepat diterima kerja dari pada pelamar yang tidak memiliki kualifikasi atau pengalaman sama sekali.

Pelamar yang memiliki kualifikasi akan lebih mudah menyesuaikan jenis pekerjaan yang tersedia dan progres mengerjakan akan lebih cepat.


Note:
Selama kamu berkesempatan bekerja maka sebaiknya pelajari bidang-bidang yang tersedia yang mungkin bisa kamu gali. Walaupun selama kerja itu bukan bagian mu. Tetapi kalau kamu bisa akses bagian lain untuk mendapatkan ilmu dan pengalamannya, kenapa tidak?

Semoga dengan adanya artikel ini jadi kamu tahu bagaimana agar kamu mudah dan cepat diterima kerja.


Tips Melamar Lowongan Kerja Agar Mudah dan Cepat Diterima Oleh Perusahaan Tips Melamar Lowongan Kerja Agar Mudah dan Cepat Diterima Oleh Perusahaan Reviewed by Risda Nababan on July 18, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.