25 Jenis Hobi Yang bisa membawamu sukses meraup Rupiah



Sudah lama sekali saya berkeinginan untuk membahas  topik hobi yang dapat menghasilkan uang dan cocok di jadikan sumber penghasilan disini, tetapi baru kali ini keinginan itu kesampaian. Hasrat untuk menuliskan topik ini berawal dari hobi saya dan juga tetangga saya yang suka menjalankan hobi setiap hari sehingga waktu luang yang dimiliki dari sisa waktu kerja offlinenya tidak terbuang sia-sia tetapi di pergunakan dengan melakukan hal-hal positif yang bisa membangun serta mengembangkan dirinya dan tentu mengembangkan pundi-pundinya yaitu melalui hobi.



Sangat beruntung sekali jika anda memiliki hobi yang bisa di tuangkan lewat karya-karya yang memiliki nilai jual, karena kegemaran anda menjalankan hobi membawa anda kepada kehidupan yang lebih baik dan bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan tambahan. Tidak jarang pula hobi yang anda miliki bisa dijadikan sebagai perkerjaan utama karena dijaman sekarang ini hobi masih sangat potensial untuk mendatangkan pundi-pundi keuangan yang sehat.



Hobi anda tidak perlu harus yang wah, hobi yang dianggap sederhana pun jangan di remehkan karena kemungkinan untuk menjadi besar dan wah masih ada. Sesederhana apapun hobi anda tersebut lewat ketekunan dan keuletan dan juga kerja keras  hobi yang dianggap paling sederhana pun dengan trik yang baik dapat di sulap menjadi sumber penghasilan anda. Tetapi jika hobi tidak dikerjakan dengan baik maka hobi tersebut hanya akan menjadi sekedar kesenangan semata dan tidak memberi impact bagi penghasilan anda dan malah sebaliknya.



Hobi yang anda jalankan tersebut sebenarnya jika di tekuni dengan sabar dan konsisten dapat membantu anda keluar dari krisis keuangan yang melanda, dan diantara hobi tersebut ada beberapa yang sangat cocok anda jadikan sebagai mata pencaharian utama. Satu persatu akan saya ulas disini, mungkin sebagai gambaran yang bisa anda praktekkan atau anda sudah jalankan sebelumnya tetapi belum sepenuh hati sehingga belum bisa memberi pemasukan tambahan. Beberapa hobi yang dapat di jadikan sebagai sumber penghasilan adalah :



1. Melukis.


Melukis adalah hal yang lazim dilakukan oleh setiap orang, karena dari sejak kita SD dulu kita sudah diajarkan menggambar dan melukis dan mendapat mata pelajaran di sekolah, dan saya ingat sekali sampai hari ini begitu pak guru atau ibu guru menyuruh menggambar pasti yang kita ingat adalah menggambar pemandangan lengkap dengan gunung, sawah dan tiang listriknya. Meskipun hobi ini tidak begitu fenomena dikalangan anak muda karena yang saya lihat tidak begitu banyak orang yang terjun di bidang ini dan yang menekuni  seni lukis ini. Meskipun demikian pangsa pasar masih terbuka karena peminat dan pembeli hasil lukisan masih banyak dan bisa sampai skala besar dan pangsanya bisa  sampai mancanegara.



2. Menulis


Seperti kebanyakan orang bahwa menulis sebenarnya adalah hobi yang menyenangkan. Terbukti  dilingkungan kita sehari-hari bahkan di kehidupan kita, kita sudah terbiasa menulis meski 5 sampai 100 kata perhari dalam setiap chattingan. Apalagi dengan fasilitas yang tersedia seperti WA, BBM, TELEGRAM dan yang lainnya turut mendukung aktivitas tulis menulis dan dengan tanpa kita sadari kita bisa berlama-lama menghabiskan waktu bertarung dengan tombol-tombol smartphone atau keyboard untuk sekedar menulis pesan.


Jadi secara tidak langsung kita yang sering berkirim-kirim pesan adalah penulis. Perbedaannya jika yang biasa kita lakukan adalah menulis pesan-pesan singkat kepada orang yang kita kenal sedangkan yang kita bahas dalam topik menulis disini adalah membagikan informasi yang bermanfaat bagi orang lain.


Sebagai seorang penulis bisa mendatangkan keuntungan dari hobinya tersebut jika orang itu berhasil menuangkan pikirannya dalam bentuk tulisan yang dapat diperjual belikan dan di baca banyak orang orang seperti buku, komik, majalah, e-book atupun berupa artikel dan lain sebagainya. Atau jika nasib baik, media lain bisa saja merekrut anda atau mempercayakan anda untuk mengisi artikel atau mengisi kolom-kolom rubrik mereka.



3. Menjahit.


Ini pengalaman saya yang memiliki sebagai hobi menjahit. seperti kata pepetah "dimana ada niat disitu pula ada jalan" dan disitu pula ada uang (saya tambahi). Bukan tanpa alasan jika pepatah ini begitu terkenal, bahkan tanpa sadarpun kita sering melakukan pepatah lama ini untuk mendapatkan uang. Mengapa saya katakan demikian" Orang kalau butuh uang apa saja bisa dilakukan.


Saya hobi menjahit meski tidak begitu menggebu karena saya tidak begitu antusias untuk menjalankan hobi sebagai penjahit sejak dari dulu. saya hanya bisa dibilang terdesak kebutuhan dengan fashion dan kebetulan ada dasar untuk menjahit, ya sudah di jalani saja meski tidak begitu serius. Saya tidak pernah yang namanya sekolah mode atau kursus menjahit, tetapi saya bisa menjahit meski tidak pintar-pintar amat dan kemampuan saya menjahit karena saya punya niat dan berminat untuk menjahit pakaian sendiri. Karena saya punya niat saya dapat jalan untuk belajar dari banyak orang melalui internet.


Selain saya bisa menciptakan model-model yang saya inginkan sesuai fashion yang tentu sangat-sangat menghemat keuangan saya, saya juga bisa menghasilkan uang dari kemampuan saya menjahit melalui orang yang mengupahkan pakaiannya pada saya.



4. Beternak


Saya punya tetangga yang sebenarnya punya banyak hobi dan salah satunya hobi yang dimiliki adalah beternak. Bisa dibilang tetangga saya inilah menjadi salah satu sumber inspirasi saya untuk mengembangkan tulisan ini. Yang saya lihat dari dia adalah ketekunan dalam mengerjakan sesuatu meskipun terlihat tidak berarti. Melalui ketekunan dalam mengerjakan sesuatu itu sehingga terlihat hasilnya. Jadi apa saja yang dia ternakkan pasti jadi. Mungkin seperti kata orang, ini orang sangat bertangan dingin. Dari hobi beternak, sebenarnya bisa menghasilkan uang tetapi orang ini bukan cari uang semata tapi lebih kepada kesenangan meski banyak orang melirik peliharaannya tetapi tidak ada ambisi untuk meraih keuntungan.


Sebenarnya jika anda punya hobi beternak anda hanya perlu menekuni saja hobi anda tersebut karena dengan anda memiliki hobi ini, anda bisa jadikan sebagai pekerjaan utama anda yaitu dengan cara memperbanyak hewan ternak anda untuk dapat menghasilkan uang karena hanya jika anda berhasil menggandakan ternak anda, maka usaha anda mampu memenuhi kebutuhan anda dan bahkan berlebih, Jika anda tidak punya pengetahuan cara beternak yang benar dan menguntungkan anda bisa belajar dari banyak sumber bagaimana beternak yang baik. Jika anda punya waktu anda bisa mengikuti penyuluhan. dan  bisa belajar dari buku-buku bacaan atau ebook maupun online lainya.



5. Tata rias atau kecantikan.


Usaha-usaha yang bergerak di jenis kecantikan ini biasanya adalah karena kegemaran make up dan pergi ke salon. Jika anda belum memiliki modal untuk membuka usaha jenis kecantikan tetapi anda memiliki hobi untuk ini sementara waktu sembari  anda mengumpulkan modal anda bisa mulai menjalankan hobi anda sebagai perias panggilan dulu, karena jika anda punya kemampuan anda bisa memulainya mungkin dari tetangga yang membutuhkan jasa rias anda. Jika hasil riasan anda tidak mengecewakan bisa jadi apa yang sudah anda mulai dari yang kecil-kecilan ini akan menjadi perias atau make up benaran yang tidak kalah dengan orang yang punya salon kecantikan yang sudah terkenal, karena kemahiran anda  anda bisa di kenal orang  melalui mulut kemulut.



6. Memancing.


Kata orang memancing itu sangat membosankan tatkaka harus menunggu umpan yang kita pasang di pancingan kita  tidak disentuh oleh ikan-ikan tersebut. Selain anda bisa menikmati hasil pancingan anda, anda juga bisa menghasilkan uang dari hobi memancing anda. Di lain sisi anda bisa membuka usaha khusus menjual perlengkapan alat pancing.



7. Berolah raga.


Deretan orang-orang yang telah berhasil mendulang prestasi dan menjadi orang besar yang sudah terkenal dimana-mana. Dan sederet dari para olahragawan ini telah menjadi atlet-atlet terkaya didunia. Diantara atlet  terkaya tersebut versi majalah forbes, sebut saja Chistiano Ronaldo mewakili pemain bola, Valentino Rossi mewakili Pembalap dan para olahragawan lainnya yang tidak mungkin saya sebutkan satu persatu. Tak ketinggalan juga atlet Indonesia.


Sederet keberhasilan telah membawa nama mereka menjadi harum di seantaro jagad ini dan kita pasti sadar dengan keberhasilan pasti diimbangi honor yang besar oleh para  sponsor mereka. Selain dari pada itu keberhasilan mereka, memberi kesempatam untuk menjelajah ke berbagai negara. Semua itu tidak lepas dari hobi dan cita-cita yang mereka rajut karena dari hobi mereka mendapat fasilitas yang baik dan kemudahan ini. Hobi yang mereka miliki dan jalani menjadikan orang ini terkenal dan menjadi orang besar yang di elukan-elukan kemana saja mereka menginjakkan kaki.




8. Memasak atau kulinari


Kalau dulu hanya wanita yang di peruntukkan bagian dapur untuk mengurus berbagai hidangan keluarga dan hidangan para raja-raja. Dan laki-laki tidak diperbolehkan untuk mengerjakan itu karena laki-laki selalu dipertuan dan dianggap raja. Tetapi oleh kemajuan jaman tradisi itu mulai bergeser dan anggapan diatas perlahan mulai berubah dan mungkin juga disebabkan adanya tuntutan hidup akibat sulitnya mencari pekerjaan. Laki-laki yang dulunya dilarang masuk dapur sekarang malah terbalik, laki-lakipun sudah banyak mendominasi bagian perdapuran. Saya masih ingat dulu saudara laki-laki saya, jika kami di rumah, saudara laki-laki kami tidak di perbolehkan masak karena itu dianggap hanya tugas perempuan. Tetapi lihat sekarang jaman sudah berubah. Bukan lagi perempuan yang hobi memasak melainkan laki-laki.


Perhatikan saja restoran-restoran dan kafe ataupu foodcourt kebayakan punya laki. Saya jadi mikir berarti dari dulu pun hobi masak ini sudah diminati kaum Adam. Berhubung masa itu hidup dalam tradisi  masih kental sehingga hobi tersebut tidak tereksplor. Itu artinya kebutuhan bisa merubah segalanya bukan?


Tidak bisa di remehkan bahwa hobi memasak serta kebutuhan telah menghantar mereka yang punya hobi ini menjadi pengusaha sukses. Pada umumnya orang yang sukses menjalankan bisnis makanan ini jika ditanya, kenapa mereka terjun ke bisnis makanan? Rata-rata jawabannya adalah karena hobi makan. Jika cuma hobi makan saja tetapi tidak hobi masak tidak mungkin jalan karena kedua-duanya harus dimiliki sehingga berdirilah rumah makan, restoran dan prancise.



9. Bercocok tanam.


Meski tidak memiliki tanah luas tetapi jika hobi dipadukan dengan kemauan keras, lahan 1x1 bisa dijadikan lahan sebagai media tanam.  Tidak harus menunggu lahan yang luas untuk menuangkan dan menjalankan hobi. Karena dengan hobi semua bisa diatur.


Keahlian seseorang dalam menghasilkan uang bisa berasal dari mana saja tak terkecuali hobi. Jika kita punya hobi bercocok tanam meski lahan luas tidak tersedia, tetapi dengan barang bekas seperti botol air mineral dan peralatan lainnya pun bisa dijadikan lahan mencari uang.


Dengan kita memiliki hobi, biasanya kita selalu punya inspirasi bagaimana hobi itu bisa tersalur dan menghasilkan uang. Itu sebabnya banyak anak-anak muda sekarang bisa berhasil menciptakan sesuatu yang besar dan itu berawali  dari hobi. Hobi membawa seseorang menuju puncak kejayaannya.



10. Bermedsos atau internetan.


Keseruan dalam berinternet memang sering membuat kita tidak ingat waktu dan lupa akan tugas. Itu sebabnya ponsel tidak bisa lepas dari tangan kita. Kalau kita tidak pegang ponsel atau sedang ketinggalan rasanya seperti ada yang kurang, bukan?.


Hobi berinternet yang kamu miliki juga dapat kamu jadikan sebagai sumber penghasilan tambahan sampai penghasilan utama. Sekarang ini banyak orang yang tidak lagi kerja offline tetapi memilih kerja online karena memang hobi berinternet ini mampu menopang biaya hidupnya asal  bijak dalam mempergunakan fasilitas internet tersebut.


Masak sih? iya....
Sekarang ini banyak orang yang berjualan tidak lagi di toko tetapi berjualan secara online. Pada jaman sekarang, akibat kesibukan kerja, terkadang orang tidak sempat untuk berbelanja kepasar. Oleh sebab itu sembari bekerja, sedang dirumah atau dikamar, kamu bisa sambil berbelanja dan memesan barang yang  kamu inginkan. Tidak perlu keluar rumah atau kantor. Cukup dari hp yang ada ditangan kamu barang sampai ketangan.


Dengan mengupayakan sistem berbelanja online maka semuanya serba mudah dan menguntungkan. Dari barang kecil sampai barang besa bisa dibeli dengan online.


Kebutuhan berbelanja inilah yang di manfaatkan sebagian besar dari mereka yang hobi bermedsos dan berinternet untuk menghasilkan uang dengan berjualan baik itu berupa barang maupun jasa. Jika ada orang yang beranggapan nongkrongin didepan komputer atau laptop maupun smartphone hanya membuang-buang waktu saja, itu tidaklah sepenuhnya benar. Banyak orang yang berkutat di depan komputer bisa menghasilkan uang, tergantung seseorang mengupayakan kemajuan itu dan dari aplikasi apa ia akan menghasilkan uang. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjalankan hobi dari internet. Diatas sudah dibahas beberapa opsi yang bisa di jalankan melalui internet, tinggal memilih apa yang yang dianggap paling prospek dan sesuai hobi



11. Penyuka Otomotif


Meskipun hobi yang satu ini banyak di gandrungi oleh para pria namun hobi yang satu ini dapat menghasilkan uang. Kelihaian mengotak atik mesin-mesin, spare part maupun aksesoriesya dapat menjadikan hobi yang satu ini sebagai sumber penghasilan utama. Gak percaya?
Lihat saja para bengkel-bengkel yang melayani anda para pecinta otomotif, mulai dari sekedar modif sampai perbaikan kendaraan mereka tidak lepas dari hobi yang menuntun mereka bisa menjadi services yang meraup keuntungan. Apalagi para pecinta otomotif kebanyakan adalah orang-orang berduit. Jika mengeluarkan dana terkadang tidak tanggung-tanggung.


Dengan hobi yang anda miliki, anda bisa asah dan jadikan sumber pernghasilan anda. Asal pintar mengambil peluang, dengan anda punya hobi yang bisa dituangkan maka itu bisa di jadikan sebagai sumber penghasilan tambahan dan juga penghasilan utama anda.




12. Menari.


Selain beberapa hobi yang saya sudah paparkan diatas, beberapa hobi lain sebagai sumber penghasilan dalam poin berikut ini adalah hobi menari. Diberbagai acara dan pertunjukan penari di manfaatkan sebgai objek pertunjukan untuk meramaikan suatu acara seperti misalnya, acara pernikahan, konser, penyambutan tamu kehormatan, dan pengisi berbagai acara.


Indonesia adalah negara yang multi kultur, dimana setiap daerah dan suku memiliki budaya masing-masing yang harus di perkenalkan. Oleh sebab itu keberadaan para penari sangat dibutuhkan dalam berbagai acara karena tarian merupakan bagian dari budaya yang dilestarikan dan bagian adat istiadat sehingga  dapat menciptakan kemeriahan sebuah acara baik dari perayaan adat istiadat dan acara modern lainnya. Yang penting di tekuni saja, jika hobi menari dan mau dijadikan sumber penghasilan maka jadilah penari yang baik dan profesional.




13. Kerajinan tangan (Handycraft)


Siapa yang tidak tahu dengan kerajinan tangan (handycraft) ini? Kerajinan tangan tidak bisa di lepaskan dari kehidupan kita. Dijaman sekarang ini kehadiran para pengrajin tidak dapat terbendung, mulai anak-anak sampai orang tua banyak yang menekuni. Anak-anak dengan senangnya bermain sambil berkreasi dan orang dewasa asiknya menciptakan kreasi-kreasi baru dan unik yang bisa dimanfaatkan oleh orang lain.


Besarnya pemintaan pasar terhadap kreasi kerajinan tangan (handycraft) membuat para pemilik hobi ini dapat mengepakkan sayap menjadikan kerajinan tangan sebagai sumber penghasilan. Bahkan yang sudah menjadikan rumah mereka menjadi rumah produksi yang mempekerjakan orang sehingga menambah pundi-pundi keuangan mereka.



14. Photografer


Jepret...Jepret....Jepret...
Memegang kamera memang menyenangkan dan sesuatu banget...foto sana...photo sini. Hobi yang satu ini selain menyenangkan juga dapat mengasah konsentrasi kita karena ketika kita membidik suatu objek kita di tuntut untuk fokus kepada sebuah objek yang akan kita potret. Sebagai photografer sekaligus pekerjaan membuka pintu keuangan. Selain anda bisa di sewa untuk mengambil photo-photo pada momen penting dalam berbagai acara, anda juga bisa membuka studio photo atau bekerja sama dengan  perusahaan lain pop untuk membuka EO atau WO. Dengan begitu peluang anda untuk mendapatkan uang semakin terbuka lebar dengan photografer anda.



16. Jalan-jalan (traveling)


Jika anda suka jalan-jalan atau petualangan janga lupa abadikan momen perjalanan anda. Dengan begitu melalui photo-photo yang kamu bagikan atau publikasikan dimedia-media sosial dapat memberikan peluang baru untuk menghasilkan rupiah. Dengan hobi jalan-jalan, bisa membuka peluang bagi anda untuk membuka usaha seperti menjadi agent perjalanan dan tour guide sehingga dengan begitu anda bisa menambah pundi-pundi keuangan anda.



17. Mengoleksi  barang antik


Mengoleksi barang-barang memang tentu mengeluarkan sejumlah uang. Kendati demikian hobi mengkoleksi barang antik atau sejenisnya dkemudian hari akan diburu kqrena tinggi nilainya. Banyak penyuka barang antik ini akhirnya berhasil membuka galeri tempat menaruh barang tersebut dan pengunjungnya pun bisa dari mana saja dan berbagai kalangan dan yang pasti banyak orang memburu barang seperti itu. Tak jarang juga  pameran barang antikd dapatmenarik perhatian banyak orang  baik dari lokal dan dari luar daerah bahkan mancanegara.


18. Akting /aktor / tris


Hobi anda berakting bisa diasah sehingga anda bisa menjadi aktor atau aktris dalam pementasan drama atau masuk dapur perfilman yang dapat menghasilkan uang. Meski tidak semua memiliki kemampuan berakting tetapi dengan hobi ini anda bisa bekerja sebagai pemain film atau sinetron karena dengan kemampuan anda berakting anda dihargai dengan tinggi.




19. Bernyanyi


Banyak ajang-ajang yang dapat menguji kemampuan vokal anda dalam tarik suara. Ajang tersebut bisa dijadikan sebagai langkah awal untuk menuju karir sebagai penyanyi. Jika hobi anda bernyanyi dapat memberi kepuasan bagi telinga orang lain yang mendengar maka kemungkinan hobi anda bernyanyi dapat di manfaatkan oleh produser dan menggaet anda sebagai penyanyi.


Bayangkan jika kualitas suara anda laku di pasaran, tidak perlu diragukan penjualan album akan membludak dipasaran. Para produser lain pun berlomba menggaet untuk diajak bekerja sama dalam rekaman. Jika anda belum sampai pada tahapan itu, jangan khawatir karena anda bisa bernyanyi dalam berbagai kesempatan untuk   mengisi acara atau dari panggung ke panggung.

https://m.youtube.com/watch?v=0CLtWbRCKLU&feature=share&rdm=2szqoe391&noapp=1&client=mv-google




20. Blogger / penulis


Banyak para blogger yang sudah menikmati hasil  dari hobi mereka sebagai seorang blogger. Meski Hobi ini memang kelihatannya mudah tetapi untuk bisa mendatangkan uang perlu kerja keras dan eksistensi dari sebuah blog. Karena untuk bisa mendapatkan uang perlu pengunjung yang banyak. Hanya dengan demikian pengiklan bisa mempercayakan iklannya di blog yang kamu kelola. Blog kamu dibayar dari iklan-iklan yang tampil dalam blogger. Semakin banyak iklan yang di percayakan untuk tayang di blog tersebut maka semakin banyak pula peluang menghasilkan uang. Saya kira dari pada waktu kita habis begitu saja  alangkah lebih baik jika sambil nongkrong ada sesuatu yang kita hasilkan yang bisa menghasilkan uang.




21. Design


Ada beberapa macam design Yang bukan hanya sebatas hobi melainkan menjadi aktivitas sehari-hari dan beberapa  yang kita ketahui misalnya:

  • design grafis
  • interior design
  • exterior desain
  • dan ada juga designer pakaian

Disini sengaja saya Globalkan saja designnya karena tujuannya adalah membuat pola dan sketsa. Design tentu membutuhkan ketekunan  dan konsentrasi karena ini melibatkan unsur seni dan keindahan. Orang yang memiliki hobi design ini biasanya para design yang tentu segala upaya mereka ini dihargai dengan harga yang mahal, oleh karena itu anda yang punya hobi, silahkan pertajam keahlian anda, karena keahlian anda mendesign akan menambah sumber penghasilan anda.




22. Gamers


Seorang Gamer tidak hanya pintar bermain dan memenangkan setiap tantangan permainan  namun harus juga bisa menghasilkan uang dari permainan tersebut. Tidak pas rasanya jika bermain tidak dapat menghasilkan uang bukan? Memang saat kita bergabung dalam sebuah permainan terutama jika kita bisa mengalahkan lawan main kita, ada kepuasan yang kita dapatkan disana. Bersenang-senang, tertawa bahagia sehingga waktu tidak terasa begitu cepatnya habis. Tetapi jika anda bukan hanya bermain tetapi melalui hobi anda main game bisa mendapatkan uang tentu kebahagiaan anda pasti berlipat bukan?


Setiap dari kita  pasti punya keinginan untuk main game, tetapi tidak semua berpikir untuk mengembangkan game-game yang dimainkan supaya bisa menghasilkan uang; misalnya menciptakan game-game baru.


Sebagian orang mungkin termasuk anda berniat untuk mengembangkan pengetahuan game anda supaya bisa menambah penghasilan anda, itu ide yang bagus. Jika anda punya kemampuan untuk itu tidak ada salahnya anda lakukan saja karena tidak menutup kemungkinan dengan menjalankan hobi yang satu ini anda bisa bisa gamers yang sukses.



23. Programming


Meskipun hobi seorang programming bukanlah pekerjaan yang gampang untuk dilakukan terutama oleh kita yang merasa asing dalam hal pemrograman seperti saya karena selalu bersinggungan dengan kode-kode bahasa program yang sulit  dipahami dan sangat terstruktur dengan baik. Tetapi bagi mereka yang intim dengan kode-kode tersebut tidak ada masalah dan akan menjadikan itu sebagai mata pencaharian mereka karena dengan mengingat kemajuan jaman sekarang ini.


Programming dan komputerisasi sangat penting dan berkaitan langsung dengan kemajuan terknolagi dan percepatan kinerja suatu badan usaha. Sekarang ini pekerjaan bukan lagi dilakukan manual tetapi sudah menggunakan system. Dengan banyaknya kebutuhan akan program ini maka peluang bagi mereka yang punya hobi programming ini sangat besar.


Perusahaan sudah banyak membeli domain dan program untuk menjalankan bisnisnya. Jadi, bagi anda yang hobi programing dan mempunyai kemampuan untuk menciptakan progamming anda bisa membangun kerja sama dengan perusahaan besar sebagai jasa programmer. Dengan kebutuhan jasa program system komputerisasi dan internet hobi yang anda punya bisa di jadikan sumber penghasilan.




24. Youtuber


Bukan hanya kalangan orang dewasa saja yang bisa memiliki hobi ini, anak-anak pun tidak ketinggalan sebagai seorang youtuber. Anak balita pun bisa melakoninya. Apakah seorang youtuber bisa menghasilkan uang? Tentu bisa jika hasil dari video tersebut di upload ke Youtube lalu ditonton oleh banyak orang maka kesempatan untuk menghasilkan uang lebih besar.

https://youtu.be/0CLtWbRCKLU




25. Main Musik


Begitu banyak band-band ternama saat ini yang telah menikmati hasil dari main musik. Apa yang telah mereka hasilkan saya yakin itu semua di mulai dari hobi dan keseriusan yang membawa mereka mendulang kesuksesan. Jika anda punya hobi main musik apapun jenis musik yang anda sukai jika di jalankan dengan sepenuh hati hasilnya akan memuaskan,


Sebetulnya masih banyak hobi yang lain yang tidak saya masukkan disini, tetapi untuk pembahasan kali ini saya menampilkan hobi yang bisa dijadikan pekerjaan utama kita.
Demikian sedikit penjelasan saya dari hobi yang dapat menghasilkan uang. semoga ini dapat membantu untuk menekuni hobi anda.


25 Jenis Hobi Yang bisa membawamu sukses meraup Rupiah  25 Jenis Hobi Yang bisa membawamu sukses meraup Rupiah Reviewed by Risda Nababan on July 17, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.