CARA MENGUBAH #N/A PADA FUNGSI VLOOKUP YANG TIDAK BISA DIHITUNG OLEH RUMUS


Ada beberapa hal yang menjadi pemicu timbulnya #N/A pada rumus VLOOKUP sehingga tidak bisa menampilkan hasil index angka atau huruf yang benar  dari hasil rumus yang kita cari ketika melakukan fungsi VLOOKUP pada sebuah file yang sedang di kerjakan. Itu dikarenakan oleh terdapatnya perbedaan argumen antara data pada kolom vlookup_value ( kolom pertama  dari  file) dengan table_array (kolom kedua) . Kesalahan argumen pada kedua kolom tersebut akan menunjukkan hasil #N/A dari perumusan VLOOKUP tersebut. Dengan cara mengubah #N/A pada Fungsi VLOOKUP maka file akan terindex dengan baik pada perumusan selanjutnya.


Bagi anda yang sudah fasih menggunakan aplikasi VLOOKUP ini, hal ini bukanlah perkara yang sulit yang membuat pusing kepala, dengan mudah anda akan bisa menyelesaikan kesalahan-kesalahan argumen ini. Tetapi bagi yang pemula terkadang masih bingung bagaimana cara mengubah fungsi ini. Kehadiran #N/A di file yang kita kerjakan tentu mempengaruhi penggunaan rumus yang lain, misalnya saat kita hendak melakukan perhitungan anggaplah berupa penjumlahan, maka  #N/A akan mempengaruhi fungsi auto sum untuk mendapatkan total nilai dari rumus itu sendiri atau jika kita menggunakan kolom ini untuk referensi rumus berikutnya dengan adanya #N/A maka file yang kita hasilkan kurang relevan. Untuk mengatasi kesalahan ini kita harus mengubah #N/A dengan benar kedalam bentuk angka atau huruf sesuai sasaran dari rumus itu.


Kesalahan pada fungsi VLOOKUP terjadi karena beberapa hal seperti:
  •  Perbedaan argumen  yang terjadi antara vlookup_value dengan table_array
  •  Rumus salah
Nah, Untuk mengubah #N/A yang tidak bisa diindex dalam perumusan VLOOKUP  supaya hasilnya bisa dikenali atau diindex oleh rumus yang lain  ada beberapa langkah yang harus dilakukan.


MENGUBAH  " #N/A" YANG TIDAK TERINDEKS RUMUS VLOOKUP KE DALAM ANGKA DAN HURUF


Sesuai dengan Fungsinya bahwa VLOOKUP adalah mencari data yang sama dalam file yang berbeda baik itu berupa angka maupun non angka atau penggabungan beberapa karakter dalam satu range. Selagi data yang di cari atau direferensikan ada di kolom table_array,  fungsi rumus VLOOKUP akan mengindex semua argumen tersebut dengan tepat, tetapi dalam kasusnya jika data yang di cari tidak di temukan maka kesalahan akan memunculkan karakter  #N/A.


Mengubah karakter #NA menjadi angka pada Rumus VLOOKUP

Setelah kita selesai Menggunakan rumus VLOOKUP pada MS EXCEL sekarang kita akan mengubah karakter #NA yang terdapat dalam range rumus VLOOKUP tersebut.



1. Letakkan kursor tepat berada di range pertama di posisi rumus VLOOKUP anda
2. Ketik IFERROR setelah = (sama dengan) pada rumus yang berada menu formula  bar  lembar kerja EXCEL anda.
3. ketik ; (titik koma) setelah FALSE didalam rumus yang terdapat  pada  menu formula bar
4. Lalu ketik 0 (nol) lalu tutup rumus menggunakan kurung penutup")"
5. Enter








6. Sorot kursor sampai batas paling bawah range yang terdapat rumus VLOOKUP.
sampai batas ini anda sudah berhasil menyelesaikan cara mengubah karakter yang tidak terindex oleh rumus menjadi nol ( gambar bawah)





#Mengubah karakter #NA menjadi TULISAN (huruf) pada rumus VLOOKUP.


1. Letakkan kursor tepat berada di range pertama di posisi rumus VLOOKUP  anda
2.  ketik IFERROR setelah = (sama dengan) pada rumus yang berada pada formula bar  lembar kerja anda.




3. ketik ; (titik koma) setelah FALSE didalam rumus yang terdapat  pada  menu bar
4. Lalu ketik " ( tanda kutip) di depan dan di belakang tulisan yang anda tentukan ( penhatikan contoh gambar dibawah ini)




5. Pada contoh gambar saya tulis "GT" untuk file yang tidak terindex  oleh rumus VLOOKUP  karena saya men-VLOOKUP data untuk mencari file yang berjenis  KA sesuai lookup_value nya. selanjutnya anda bisa sesuaikan formatnya dengan keperluan anda.
6.lalu tutup dengan kurung penutup ")"
7. Enter
8. Setelah anda berhasil menyelesaikan rumus dengan benar kemudian sorot kursor sampai batas range paling akhir file anda
9. sampai disini anda sudah berhasil menyelesaikan argumen cara mengubah karakter #N/A yang tidak terindex oleh rumus menjadi huruf dan hasilnya seperti gambar di bawah ini:.















Mudah bukan untuk mengubahnya? Anda tidak perlu mengubah kesalahan argumen VLOOKUP tersebut satu persatu secara manual. Fungsi VLOOKUP akan membantu anda menyelesaikan dengan cepat. mudah-mudahan artikel ini dapat membantu mengatasi kesulitan anda dalam menyelesaikan tugas-tugas anda. Semakin banyak belajar semakin banyak ilmu yang kita dapat.
Terima kasih telah berkunjung...



CARA MENGUBAH #N/A PADA FUNGSI VLOOKUP YANG TIDAK BISA DIHITUNG OLEH RUMUS CARA MENGUBAH #N/A PADA FUNGSI VLOOKUP YANG TIDAK BISA DIHITUNG OLEH RUMUS Reviewed by Risda Nababan on July 06, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.