Hal-hal Yang Harus Kamu Pertimbangkan Sebelum Memutuskan Untuk Bekerja Dikantor Perusahaan



Memiliki pekerjaan merupakan idaman setiap orang, karena disaat bekerja, disitulah kamu mendapatkan kebebasan. Tetapi sebelum memutuskan bekerja, ada hal-hal yang harus kamu ketahui terlebih dahulu tentang bidang kerja kantor pada umumnya. Jangan setelah kamu dapat kesempatan itu, tetapi karena tidak sesuai ekspektasi, tiba-tiba kamu berhenti.

Tujuan kamu memilih kerja supaya dapat penghasilan, dan demi mendapat pekerjaan pula orang rela antri berjam-jam malah ada yang sampai membayar sebagai syarat untuk bisa diterima. Sebagai seorang karyawan dan calon karyawan ada baiknya kamu mengerti kondisi yang berhubungan dengan pekerjaan kamu.


Bagi sebagian orang tidak selalu memikirkan situasi yang akan ditemui dikantor perusahaan, yang penting mengalir mengikuti arus. Toh juga sudah terlanjur, dijalani saja, mau bagaimana lagi udah terjun dan sudah jadi tuntutan hidup dari pada tidak kerja, bertahan sajalah...


Semua kembali kepada pilihan setiap orang yang menjalaninya. Kalau bisa memilih kenapa tidak? ya harus dipilih. Jikalau sudah mentok, baru tunggu lain waktu kalau tidak, jadikan sebagai batu loncatan.  Pertimbangan-pertimbangan ini perlu kamu buat, sebab bila  sudah telanjur kerja kadang sulit untuk melepasnya. Lalu pertimbangan apakah yang harus kamu tahu sebelum memutuskan bekerja dikantor perusahaan?
  • - Waktu 
  • - Kenyamanan
  • - Kualitas hidup
  • - Upah
  • - Orang dilingkungan kerja
  • - Jaminan

Salah satu dari pertimbangan di atas sudah kamu syaratkan sebelum memutuskan menerima tawaran kerja, bukan? Dan menurut kamu, syarat apakah yang lebih penting bagi kamu (bisa sebutkan salah satunya).


Bukan tanpa alasan kenapa artikel ini sampai hadir diblog ini. Itu tidak lepas dari faktor kepuasan saya ketika bekerja. Selain itu agar pembaca dapat menganalisa karirnya dalam mengukur kepuasan dan kebahagian ketika bekerja, jangan dikemudian hari terjadi sungut-sungut karena menyimpang dan jauh dari ekspektasi.



⓵ Pertimbangan Waktu kerja.



Diperusahaan, masalah waktu sudah terukur, tinggal kamu menyesuaikan cocok tidaknya dengan kamu. Normalnya orang bekerja kantoran dari jam 8.00 - 17.00 atau sekitar 8 jam/hari, ada juga yang melebihi waktu tersebut tergantung perusahaan dan jenis usaha dimana kamu bekerja



Entah pemikiran kita sama dalam mengukur waktu kerja, tetapi bagi saya waktu 8 jam adalah waktu yang membosankan membuat tidak betah kerja dikantor dan ingin buru-buru berhenti. Selama 8 jam harus bergumul dengan pekerjaan  yang menyita banyak perhatian.



Waktu yang mengikat tidak mudah untuk melakukan hal-hal yang berada di luar jam kantor. Lingkungan kerja yang serba ketat memungkinkan untuk memilih bekerja freeland atau usaha sendiri itu akan menyenangkan.

.

Beberapa karyawan, walaupun mengalami masalah dengan waktu tetapi memilih tetap bertahan untuk sementara waktu atau seterusnya karena merupakan tempat mencari nafkah. Tak heran kenapa sampai tua memilih bekerja walaupun tidak sepenuhnya puas dengan hasil yang diterima.



⓶ Pertimbangan Kenyamanan ditempat kerja.



Kenyamanan dapat mempengaruhi kreativitas dalam berkarya,. Kenyamanan bekerja, emosi senang, dapat melahirkan ide yang bisa membantu menemukan solusi yang sedang ia kerjakan, memberikan effort yang baik. Berbanding terbalik dengan orang yang tidak nyaman, ketika melakukan kerjaan dampaknya timbul kemalasan dan kreativitas menurun.



Kenyamanan bisa berasal dari diri sendiri, teman kantor dan juga perusahaan tempat bekerja sehingga dengan begitu antara lingkungan dan pekerjaan saling bersinergi membuat kamu betah berlama-lama sekalipun gajimu dibawah standar UMK  /UMR.



⓷ Pertimbangan kualitas hidup selama bekerja.



Profil perusahaan kamu bernaung bisa menjadi salah satu rekomendasi dalam menentukan pilihan kerja. Andaikata kamu bekerja diperusahaan bonafit akan menaikkan rasa percaya diri kamu karena penampilan yang keren yang akan menjadi kan kebanggaan tersendiri.


Disamping itu, perusahaan besar akan memberikan banyak pengalaman yang dapat kamu pakai untuk mempermudah mencari pekerjaan dan menaikkan value hidup kamu. Dari pengalaman, semakin bonafit sebuah perusahaan semakin banyak pula fasilitas yang tersedia bagi karyawannya. Sebaiknya ketika dapat kesempatan berkarir diperusahaan bonafit gunakan kesempatan itu belajar lebih banyak. Setiap tempat kamu berkarir merupakan kesempatan belajar karena disetiap tempat pengalaman pasti berbeda-beda.



Bekerja jangan hanya fokus dengan gaji semata, terima gaji,...ya sudah. Bukan itu maksudnya, tetapi bagaimana melalui pekerjaan itu kualitas kamu setahap demi setahap semakin meningkat. Semakin banyak yang terisi kedalam otakmu semakin banyak yang akan merekomendasikan kamu kerja.



⓸ Pertimbangan gaji yang akan kamu terima.



Semua yang bekerja, mengharapkan gaji yang mereka terima bisa mensejahterakan dirinya dan  anggota keluarganya. Pemenuhan itu hal biasa dicapai oleh para karyawan, yang menjadi persoalan bagaimana mendapatkan kehidupan diatas rata-rata (mediokratis).


Untuk sampai pada pencapaian ini harus mengais lebih dalam dan lebih keras lagi karena untuk mendapatkan itu di perusahaan bukan perkara mudah. Jika kamu pekerja di perusahaan dengan jabatan staff biasa pasti kamu bisa prediksi berapa sih gaji seorang karyawan biasa apalagi mengacu kepada pengupahan pada UMR/UMP Provinsi di Indonesia

Secara garis besar kebanyakan orang tidak puas dengan upah yang di terima setiap bulannya. Hal ini biasa dibuktikan banyaknya aksi demo yang terjadi setiap diperingati hari buruh sedunia.



⓹ Orang-orang yang berada di lingkungan kerja.



Seorang teman pernah bercerita pengalaman ketika bekerja disebuah perusahaan nasional yang sedang berkembang pesat. Jika dibandingkan dengan perusahaan lokal, gaji di perusahaan nasional lebih besar daripada dengan perusahaan lokal apalagi bergerak di bidang jasa keuangan. Ia berani keluar dari perusahaan tersebut karena merasa tidak betah dengan orang dilingkungan ia bekerja dan bersedia masuk di perusahaan lokal swasta dengan upah UMR.



Yang menarik, ternyata bukan hanya masalah gaji yang membuat orang betah atau tidak di sebuah perusahaan tetapi juga sangat bergantung dengan orang dilingkungan kerja tersebut. Orang tidak bisa mengabaikan kehidupan sosial begitu saja karena pembangunan karakter dan emosi terkadang tergantung orang lain di lingkungan sehari-hari anda.


⓺ Jaminan yang diberikan oleh kantor tempat bekerja.


Zaman sekarang bisa dibilang serba mahal termasuk biaya kesehatan dan pengobatan. Maka dengan itu sebagai bahan pertimbangan kamu selanjutnya apakah tempat kamu akan bekerja memberikan jaminan kesehatan dan juga jaminan hari tua.


Program pemerintah menyediakan fasilitas kesehatan dan hari tua kepada orang atau karyawan yang bekerja di perusahaan. Dengan adanya jaminan yang diberikan oleh perusahaan tempat kamu bekerja akan sangat membantu apabila kamu terkena penyakit atau tiba-tiba berhenti bekerja.

Sudah tahukan apa yang kamu pertimbangkan sebelum kamu melamar dan mengatakan deal kepada perusahaan. Bila artikel ini bermanfaat bagi kamu, bisa kok dibagikan 😊



Hal-hal Yang Harus Kamu Pertimbangkan Sebelum Memutuskan Untuk Bekerja Dikantor Perusahaan Hal-hal Yang Harus Kamu Pertimbangkan Sebelum Memutuskan Untuk Bekerja Dikantor Perusahaan Reviewed by Risda Nababan on June 15, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.