CARA PENGGUNAAN VLOOKUP PADA MS EXCEL DENGA TEPAT

Menggunakan VLOOKUP pada Microsoft office EXCEL dikalangan perkantoran bukanlah sesuatu yang asing, dijaman serba komputer saat ini setiap orang yang mau melanjutkan karirnya di perkantoran wajib tahu cara menggunakaan aplikasi VLOOKUP ini sebagai suatu kebutuhan bagi mereka yang berkecimpung di bidang office dan menginginkan pengelolaan data secara tepat dan akurat.
Mereka yang mengoperasikan komputer dalam melakukan pengecekan data tidak lagi menggunakan cara manual yang sangat lambat dan memakan waktu yang lama itu. Cara-cara tersebut lambat laun sudah ditinggalkan  dan beralih ke versi yang lebih canggih dan efisien. Masalah keakurasian data pun dijamin 100 % akurat.

Anda patut bersyukur, di era teknologi yang serba digital ini anda bisa menikmati semua fasilitas dan kemudahan,  karena lewat kemajuan zaman dan kemajuan teknologi anda di sajikan berbagai macam kemudahan yang tidak di jumpai di era sebelumnya.

VLOOKUP ini berfungsi sebagai alat bantu untuk mencari data yang sama antara file satu dengan file lainnya, sehingga pengkroscekan tidak lagi manual dan memakan waktu yang lama.
Penyesuaian data yang akan di kroscek sesuai kebutuhan masing-masing data karena semua jenis dokumen yang berupa Excel bisa di VLOOKUP.

Bagi anda yang selalu bertugas memantau perkembangan perubahan  data setiap hari atau setiap periode tertentu, cara kerja VLOOKUP ini sangat membantu anda menyelesaikan dengan cepat tugas-tugas anda karena data yang puluhan ribu harus di olah setiap hari membuat kepala botak bisa teratasi.


Langkah-langkah yang harus di lakukan untuk menjalankan aplikasi VLOOKUP pada MS. EXCEL


A. Siapkan terlebih dahulu file EXCEL anda

B. Siapkan file EXCEL berikutnya  yang akan di VLOOKUP terhadap file A

cara menggunakan rumus dengan menggunakan vlookup


Setelah data tersedia maka langkah selanjutnya :


1. Masukkan rumus di range yang tersedia (lihat gambar  Point 1)



    Siapkan kolom kosong untuk entry rumus VLOOKUP.


Hasil kerja menggunakan rumus vlookup







=VLOOKUP
Setelah memasukkan rumus =VLOOKUP maka di sistem akan muncul rumus yang anda harus ikuti untuk melanjutkan  proses selanjutnya (seperti point 3 gambar diatas).

2. Arahkan kursor ke range  yang akan di VLOOKUP. Anda bisa menentukan range yang mana menurut anda perlu di VLOOKUP ( lookup_value ).


sebagai contoh saya akan menVLOOKUP file berdasarkan No. Dokumen dan berdasarkan No. Dokumen ini saya ingin melihat sisa uang dalam satu periode. Jadi pada contoh ini maka kursor saya tempatkan pada range D2 ( lihat point 2 pada gambar diatas)

Setelah kursor berada pada range D2 untuk melanjutkan, tekan  titik koma (;) untuk mengunci, titik koma berlaku setiap kali rumus di tambahkan akan tetapi ada beberapa PC yang menggunakan titik dua (:) tergantung yang tersedia di rumus VLOOKUP  EXCEL anda tersebut (point 3)

3. Selanjutnya letakkan kursor di No. dokumen yang berada di file ke dua (B)

 -  Tekan tombol Shift lalu sorot dengan tombol  panah kanan sampai batas yang akan di VLOOKUP. Karena saya ingin melihat total sisa terakhir dari piutang maka batas terakhir panah berada di total sisa.

- Masih posisi menekan tombol shift nah sekarang ditambah dengan menekan tombol Ctrl jadinya     Shift+Ctrl lalu arahkan tombol tanda panah ke bawah sampai data terakhir anda.
sampai batas ini dalam rumus disebut table_array.

- Lalu ketik titik koma (;) untuk mengunci.

4. Masukkan Jumlah kolom index (col_index_num)


Pada contoh, jumlah yang terindex 14 kolom

Jumlah kolom index di dihitung dari No. dokumen sampai batas kolom terakhir. nah, untuk kolom indexnya terakhir ada di total sisa. Jumlah antara no. dokumen sampai total sisa ada 14 kolom. Total kolom inilah yang anda masukkan di rumus berikutnya, jika sudah dimasukkan , ketik lagi titik koma ( ;) untuk mengunci.

5. Apabila rumus yang anda jalankan atau masukkan  sudah benar maka tampilannya akan muncul seperti pada poin 4  (gambar atas).


6. Pilih FALSE lalu klik 2 kali 


Setelah di klik maka hasilnya akan tampil seperti gambar

cara membaca rumus pada vlookup






7. Lalu Enter


8 . Hasilnya akan muncul seperti pada gambar di bawah ini.



menghasilkan data dari vlookup










9. Sorot kursor kebawah sampai batas  terakhir  data/file anda.

jika sudah sampai pada tahap ini anda sudah berhasil cara menggunkan VLOOKUP dengan dengan baik.

Jangan lupa untuk membagikan ya..
CARA PENGGUNAAN VLOOKUP PADA MS EXCEL DENGA TEPAT CARA PENGGUNAAN VLOOKUP PADA MS EXCEL DENGA TEPAT Reviewed by Risda Nababan on June 14, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.