CARA MENGATUR UANG THR DENGAN BENAR SUPAYA TIDAK LANGSUNG HABIS

THR


Apakah anda sudah menerima THR?
Sebagian mungkin sudah menerima dan ada juga yang belum menerima.
Tenang, anda akan dapatkan itu sebentar lagi ditunggu saja karena menurut peraturan pemerintah pembagian dilakukan  dua minggu sebelum hari raya atau paling lambat seminggu sebelum hari raya.


Bagi yang sudah menerima THR jangan buru -buru Pergi ke ATM ya, simak dulu cara -cara mengatur uang THR anda sebelum nanti  kehabisan saat anda barada di tempat perbelanjaan. Anda pasti tidak mau kan jika THR habis begitu saja buat beliin hal-hal yang nggak penting banget, nget, nget!...
Karena kalau anda pergi berbelanja pasti mau beli ini, beli itu nggak ada puasnya. Berbelanja memang tidak ada habisnya dan tidak ada matinya selalu ada saja yang menarik dilihat oleh mata, yah..jadinya pengen beli aja deh


Tetapi jangan takut, jika anda sudah ada bekal buat  mengatur uang THR pasti  ada kontrol untuk menahan segala keinginan untuk berbelanja, sehingga anda hanya akan membeli barang yang anda butuhkan saja.


Anda harus kudu, musti tau nih untuk apa saja uang THR itu digunakan supaya bermanfaat betul dan tepat sasaran bukan hanya untuk anda sendiri tetapi juga untuk orang lain. Anda tau uang THR kan dapatnya cuma sekali setahun nih jadi fungsinya musti tepat sasaran.

Oke! nggak perlu berlama-lama dan panjang lebar, langsung aja to the point membahas cara mengatur uang THR secara baik dan benar:


1. Memberi atau membagi THR untuk orang tua.


Kalau saya ya, sebelum dapat THR saya sudah pikirkan terlebih dahulu berapa besar yang harus saya bagi sama orang tua saya karena saya sadar inilah waktu dan kesempatan bagi saya untuk bisa membahagiakan mereka karena untuk gaji setiap bulan terkadang tidak bisa disisihkan.
Selain dari pada itu sebagian orang tua dari anda ada yang perlu dibantu, meskipun bagi kalian pemberian itu tidak begitu berarti tapi itu sudah membuat mereka merasa di perhatikan dan dihargai dan sedikit mengurangi beban keuangan mereka.


Sebelum anda menggunakan uang THR buatlah sebuah perencanaan  untuk memberikan kepada orang tua. Bferapapun besaran jumlahnya yang  kamu beri orang tua pasti senang yang penting itu sesuatu yang layak di beri. Memang sih orang tua tidak mengharap banyak dari anaknya karena prinsip orang tua pada umumnya adalah yang penting anaknya cukup dan bahagia. Saya yakin semua orang tua pasti berpikiran sama.


Kendati pun demikian, sebagai anak harus menunjukkan perhatian, kasih sayang dan penghargaan sama orang tua. karena orang tualah yang menjadi peran serta paling besar untuk kemajuan dan kesuksesan anda. Mungkin selama ini orang tua belum pernah mencicipi hasil kerja anda karena setiap kali gajian gaji anda belum mampu untuk dibagi karena kebutuhan. Maka sekaranglah saatnya ketika anda sudah menerima uang THR.
Buatlah orang tua anda bangga atas pemberian tersebut, karena ketika anda memberi ada kebahagiaan yang terpancar diwajahnya.


2.  Membagi kepada orang yang kurang mampu.


Kalau umat Islam menyebut dengan Zakat Fitrah.  Zakat ini selalu dilaksanakan setiap musim hari raya berlangsung karena hal ini wajib hukumnya untuk dilaksanakan.


Hari raya merupakan hari kemenangan, jadi setiap orang ikut merayakannya. Disekitar anda masih banyak orang yang kurang beruntung yang perlu dibantu. Anda yang menerima uang THR ini sedikit berbagi untuk mereka yang kurang mampu supaya mereka juga dapat menikmati kebahagiaan di hari raya tersebut.



3.  Memberi persembahan atau bantuan ke tempat peribadatan


Meskipun ini bukan merupakan suatu paksaan tapi anda sadarlah ya anda telah beribadah dengan fasilitas yang oke, anda juga harus ikut pastisipan untuk membantu Tempat peribadatan itu karena setidaknya anda telah makan makanan rohani yang baik di sana. Atau barangkali ada yang sudah ditetapkan jumlah yang harus di bayar persentasinya berapa, lakukanlah itu dengan senang hati karena ketika anda membantu tempat anda beribadah sesungguhnya anda sedang memberi kepada Tuhan. Pemberian anda akan menjadi benih yang baik dan subur kedepan karena anda memberi di tempat yang tepat.


4. Sisihkan untuk ditabung.


Meskipun ini bukanlah gaji pokok atau sifatnya cuma-cuma karena merupakan tunjangan atau  bonus, akan tetapi anda harus menyisihkan meskipun hanya sebagian kecil saja dari penghasilan anda. Anggap saja itu sebagai penghargaan atas jerih payah  anda selama bekerja, toh tidak salah bukan? Selain dari pada itu nantinya uang yang anda sisihkan tersebut akan membantu keuangan anda di masa depan atau bisa saja sebagai tambahan modal bagi anda yang memiliki usaha dan yang berencana memulai usaha,

Nah jika uang THR sudah masuk pos-pos ke empat diatas, saatnya anda masuk point berikutnya. Karena memang inilah yang ditunggu-tunggu...


5. Berbelanja


Pusat perbelanjaan




















Pengeluaran inti sudah selesai, sekarang saatnya uang yang masih tersisa digunakan untuk berbelanja keperluan hari raya. Jadi tidak perlu takut lagi uang yang tersisa anda habiskan tetapi bijak juga lah iya kan? Cari tempat berbelanja termurah supaya uang terpakai  dengan optimal vkarena uang yang anda bawa berbelanja adalah sisa pengeluaran pokok, cukup tidak cukup sisa itulah yang anda harus gunakan sebaik mungkin.

Sebelum anda pergi ketempat berbelanja, pastikan sudah ada ditangan daftar barang-barang belanjaan apa saja yang dibutuhkan untuk dibeli jangan nanti sudah sampai ditempat perbelanjaan malah bingung apa yang harus dibeli akhirnya yang terjadi comot sana comot sini, uang habis tidak jelas tujuannya. Jangan sampai salah dalam membeli,  perhatikan dari segi harga, kwantiti barang yang akan anda beli, anda harus buat perkiraan taksiran berapa yang diperlukan jangan sampai barang yang dibeli menumpuk dirumah tidak terpakai.

Jika sudah semua di letakkan pada porsi yang tepat, anda  pun bisa tenang, bahagia orang lain pun ikut bahagia menyambut hari raya. Selamat berbelanja dan menikmati uang tunjangan hari raya ya. Jangan lupa kuenya di sisipkan.
CARA MENGATUR UANG THR DENGAN BENAR SUPAYA TIDAK LANGSUNG HABIS CARA MENGATUR UANG THR DENGAN BENAR SUPAYA TIDAK LANGSUNG HABIS Reviewed by Risda Nababan on June 13, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.