9 LANGKAH CARA MEMILIH JODOH YANG SEPADAN

Bagi anda yang sedang mencari jodoh yang seimbang, atau sedang menjalani suatu hubungan, anda harus mengerti terlebih dahulu 9 unsur cara mengenali jodoh yang seimbang supaya anda jangan sampai salah pilih jodoh. Anda tentu tahu apa yang membuat anda sampai bisa jatuh cinta kepada calon pasangan anda. Coba untuk mereview kembali ingatan anda apa alasan dibalik anda menerima cinta seseorang dan anda mau memacarinya. Setiap orang tentunya punya alasannya masing-masing, apakah karena ia terlalu baik bagi anda sehingga anda merasa berhutang budi dan ingin membalas cintanya? Ataukah karena ia tampan atau karena ia orang kaya dan bapaknya seorang pengusaha? Pertanyaan itu Tidak perlu dijawab ya cukup anda senyum-senyum saja, hehehehe...

Tidak salah seseorang mencintai siapa saja selagi berada dalam batas norma kehidupan, yang tidak boleh jika ingin memiliki siapa saja apalagi istri atau suami orang lain. Kalau menurut anda pilihan anda itu cocok untuk dijadikan jodoh yang seimbang jalani saja. 


Dalam memilih jodoh, anda harus tetap melihat apakah ada unsur seimbang pada orang yang dicintai tersebut?  Dengan melihat 9 unsur cara mengenali jodoh yang seimbang yang akan saya bagikan, anda tentu akan tahu apakah pasangan Atau calon jodoh anda memenuhi 9 unsur yang akan saya bagikan tersebut karena dengan pengetahuan itu anda bisa berani memutuskan untuk tetap berlanjut atau tidak dengan calon pasangan atau jodoh anda saat ini.




Untuk mengetahui apakah anda benar seimbang dengan calon atau jodoh anda  atau tidak, saya akan mencoba membagikan di blog ini, jangan sampai karena kurangnya pengetahuan tentang pasangan yang seimbang membuat anda pada cinta buta pada akhirnya anda meraba-raba untuk mengenal pasangan atau jodoh anda secara mendalam. Saya tidak ingin itu terjadi pada anda.


Mencari pasangan yang seimbang




Di topik lain saya sudah membahas cara  mencari pasangan hidup yang sepadan dan ideal sebagai rekomendasi dari saya untuk membantu anda mendapatkan pasangan atau jodoh yang paling cocok untuk anda, anda boleh membacanya disana supaya anda tahu apakah pasangan atau jodoh anda itu sudah cukup ideal dan seimbang bagi anda?.


Baca juga 



Pasangan atau jodoh yang seimbang mencakup 9 unsur sebagai kroscek apakah jodoh atau pasangan pas buat anda. Mari kroscek 9 unsur yang dimaksud:

1#. Iman


Iman merupakan tolak ukur dari segala hal yang paling sepadan dalam memilih pasangan hidup, karena tidak mudah mengendalikan satu perahu dengan dua kemudi yang berbeda. Jika anda beda keyakinan atau iman bukan lagi disebut pasangan atau jodoh yang seimbang, tetapi sudah bertolak belakang dari arti kata seimbang itu sendiri.


Dengan mengabaikan hal yang paling hakekat dari kehidupan manusia, artinya anda telah meruntuhkan unsur yang paling tajam dalam hal kesepadanan. Biar bagaimana pun terlebih dahulu anda harus menyeimbangkan iman kepercayaan anda dengan pasangan, karena unsur ini merupakan masalah yang paling dasar, baru anda bisa berlanjut kepada unsur yang lainnya. Ibarat anggota tubuh manusia, iman berada posisi paling tinggi yaitu kepala, dimana kepala merupakan centre dari tubuh manusia.


Sebagai contoh, anda bisa belajar dari pengalaman di sekitar anda atau siapapun yang dari kejadian tersebut dan arahnya kemana karena meskipun sudah saling mencintai dan memenuhi unsur yang lainnya tetapi ketika mengabaikan unsur yang paling inti dan mendasar maka hubungan anda bukanlah yang seimbang. Karena ketika anda tidak seiman dengan jodoh anda maka unsur yang lainnya itu ternyata tidak sanggup untuk mempertahankannya. Pernikahan yang berlangsung selama bertahun-tahun dan dikaruniai anak, bisa kandas ketika unsur sepadan diabaikan dan pada akhirnya harus menelan pil pahit akibat perceraian.

Ini membuktikan pada kita cinta yang romantis di awal tidak bisa jaminan bagi anda untuk tetap langgeng dan setia terhadap pasangan yang beda keyakinan meskipun itu di masukkkan bumbu-bumbu yang  beraneka rasa.


2#. Pendidikan


Tentu tidak serta merta anda bisa langsung tahu apa pendidikan calon pasangan anda, karena dalam tahap perkenalan  anda tidak logis jika langsung bertanya apa pendidikan kenalan anda tersebut. Akan tetapi setelah menjalani dari masa berkenalan anda pasti akan menanyakan hal itu kepada calon pasangan anda. Ini penting bagi anda untuk mengetahui apa pendidikannya dan menanyakan dimana calon pasangan atau jodoh anda pernah mengenyam pendidikan  karena jika anda mengetahui akan sangat membantu anda untuk mengetahui apakah calon jodoh anda itu ideal atau sepadan dengan anda?


Kesetaraan pendidikan kedua calon pasangan dapat membangun komunikasi yang berimbang, pemikiran yang berimbang. Orang yang lulusan sarjana dan kuliah diluar negeri tentu tidak sama pemikiran dengan orang lulusan sederajat SMA.
Saya tidak sedang merendahkan teman yang lulusan sederajat SMA, karena memang pasti berbeda, meskipun ada juga sebagian yang Sarjana pemikiran dan pemahamannya di bawah pemahaman orang yang hanya lulusan SMA dan itu sudah saya buktikan sendiri, tetapi terlepas ia lulusan universitas apa, tidak jadi pokok bahasan saya di disini.


Dengan kesetaraan pendidikan kedua pasangan dapat menganalisa persoalan-persoalan mereka dari standar pendidikan sehingga dengan kesetaraan itu maka kedua pasangan dapat saling berbagi dalam banyak pemikiran karena dapat saling menyambung satu sama lain.


3#.  Pekerjaan


Pekerjaan merupakan sumber penghasilan keuangan, jika pekerjaan baik maka keadaan keuangan pun membaik. Uang tidak datang begitu saja, lalu masuk rekening, oowww tidak...harus ada pekerjaan yang bisa menjadi sumber penghasilan utama anda. Terlepas dari jenis pekerjaannya itu hal diluar pembahasan karena setiap orang memiliki jenis pekerjaan yang berbeda sesuai apa yang ia sukai dan menurutnya cocok dan menjadikannya nyaman. Beberapa pekerjaan antara pasangan tidak harus sama tetapi yang menjadi pembahasan saya kali ini bagaimana dalam hal pekerjaan anda harus tetap seimbang.


Di lingkungan saya ada seorang bidan, jadi pekerjaanya tentu seorang bidan.
Seorang bidan tidak mau mencari jodoh atau pasangan yang tidak seimbang, misalkan petani atau pedagang, meskipun petani dan si pedagang ini seorang lulusan sarjana, paling tidak, dari yang saya tahu ia gemar menjalin hubungan seorang tentara yang baginya itu pasti yang paling cocok, maklum di daerah saya waktu itu tidak ada dokter. Seandainya saja ada dokter yang praktek disana  saya yakin ia pasti memilih sang dokter, berhubung yang ada hanya seorang tentara dan polisi maka ia memilih dari antara keduanya untuk jadikan pasangan atau jodoh yang lebih sepadan.


Dan memang itulah gambaran yang nyata di depan mata kita. Jadi anda yang mencari jodoh, carilah yang sepadan paling tidak mendekati yang sepadan. Memang kelihatannya sepele tetapi dalam hubungan, satu sama lain bisa saling memberi support yang tentu akan berpengaruh positif kepada hubungan komunikasi kedua pasangan. Jika anda seorang pria, pekerjaan anda lebih rendah dari wanita anda, akan timbul saling membanding-membandingkan pendapatan kedua pasangan.


4#. Latar belakang


Sebelum anda memutuskan untuk menikah dengan calon pasangan anda, ada satu hal yang perlu anda ketahui, bahwa anda akan bergabung dengan keluarga besar yang sebelumnya tidak anda tahu dan tidak anda kenal. Secara keseluruhan anda tidak tahu bagaimana  kehidupan keluarganya   dan bagaimana hubungan sosialnya.


Perbedaan Latar belakang dapat berdampak pada hubungan yang anda jalin dan bukan hanya itu saja yang perlu di waspadai jangan sampai akibat perbedaan latar belakang yang mencolok ini,  anda yang mantu dan menantu dianggap sebagai pelayan dan sopir pribadi karena penampilan berbeda dari keluarga yang anda datangi. Karena jika ini terjadi betapa sakitnya anda yang berlatar belakang biasa-biasa berada dikalangan orang elit karena latar belakang yang berbeda. Meskipun kata - kata itu tidak keluar dari keluarga pasangan atau jodoh anda tetapi orang lain bisa beranggapan seperti itu.


Latar belakang keluarga menjadi hal penting dalam mencari calon jodoh atau pasangan hidup.  Calon pasangan anda harus tahu anda berasal dari keluarga mana dan kehidupan sosial seperti apa karena itu akan menentukan jati diri anda meskipun setelah menikah. Latar belakang yang sama membuat lebih mudah membangun komunikasi dengan keluarga  calon pasangan anda karena komunikasi antar kedua belah pihak biasanya akan lebih pas dan lebih nyambung  dibanding dengan latar belakang yang berbeda dengan anda.


5#. Ekonomi keluarga


Kekayaan merupakan salah satu unsur paling tinggi  yang mempengaruhi memilih pasangan hidup, itu karena sebagian besar orang takut miskin dan menderita jika sudah menikah. Oleh sebab itu orang sangat antisipasi dalam memilih jodoh jangan sampai mendapatkan jodoh yang miskin harta. Jika memungkinkan calon pasangan memiliki segalanya, jadi setelah menikah tinggal menikmati kekayaan saja. Tetapi tahukah anda, bahwa uang yang banyak tidak bisa dijadikan sebagai jaminan pernikahan anda langgeng dan bahagia?


Saya senang jika membagi sesuatu bagi anda, saya bisa menyertakan contoh-contoh yang nyata supaya anda bisa mendapatkan gambaran yang real ketika anda membaca artikel saya. Lihat saja para pejabat dan tokoh-tokoh yang tidak asing bagi kita, kita yang sering nonton TV dirumah pasti tahu siapa-siapa orang-orang besar yang tersandung kasus pernikahan siri, poligami dan yang main selingkuh. Banyak..dan dasarnya karena uang dapat melakukan lobi-lobi yang menentang kebahagiaan anda..


Jika fokus anda adalah  kekayaan dalam mencari pasangan hidup anda sebetulnya sedang menggadaikan kebahagiaan anda. Uang memang penting dalam menjalankan aktivitas perjalanan kehidupan anda, tetapi jangan sampai kekayaan menjadi fokus utama anda mencari pasangan hidup. Apabila anda mencari pasangan yang seimbang carilah yang memang ekonomi keluarga yang seimbang atau hampir-hampir sama dengan anda.


6#. Karakter


Banyak orang yang bersembunyi dibalik topeng kepalsuan dan kebohongan saat seseorang ingin mendapatkan cinta yang disasar. Sebuah acara di TV yang di pandu seorang host yang terkenal, sering menanyangkan kisah dilema percintaan yang tersembunyi. Inti sari dari tayangan ini yang saya tanggap adalah untuk menyelesaikan dan membongkar setiap kebohongan. Ada yang selingkuh pura-pura tidak merasa selingkuh, ada yang berbohong pura-pura kaya padahal bukan orang kaya, ada yang pura-pura baik dan perhatian padahal sebenarnya karena ada maunya saja. Berbagai karakter bisa muncul dengan mudah, termasuk karakter buruk.


Pencari jodoh harus menyoroti karakter calon pasangan anda dengan baik dan seksama, apakah akan bisa mengimbangi karakter anda kelak atau tidak? Jangan nanti setelah menikah baru tahu semuanya, terlambat! Dalami dulu seperti apa pilihan anda tersebut, jangan sampai membeli kucing dalam karung.  Anda harus tahu seperti apa karakternya, karena banyak pasangan pada saat pacaran semua keburukan dapat di tutup dengan rapat, tidak tahu kelemahan dan keburukan pasangannya. Setelah menikah baru kelihatan aslinya dan ujungnya menyesal. Saran saya, libatkan orang tua dalam memilih jodoh atau pasangan hidup anda karena orang tua biasanya lebih peka terhadap masalah seperti ini.


7#. Pola pikir


Seringnya timbul beda pendapat itu karena disebabkan pola pikir kedua pasangan tidak sama, si cewek bilang A, si cowok bilang B tidak  ada keseragaman pandangan dan pendapat. Jika salah satu tidak ada yang mau mengalah disitulah timbul pertengkaran. Jika sudah sama-sama keras lalu apa yang akan terjadi? Memang kedua pasangan tidak ada yang sama pola pikirnya, tetapi jika salah satu menonjol dan yang satunya tenggelam bagaimana perjalanan hubungan anda apabila hendak memutuskan sesuatu?

Dalam menjalani  pernikahan harus ada kesesuaian karakter dan juga pola pikir. Jika dalam mengambil sebuah keputusan pola pikir saling sejalan maka kehidupan kedua pasangan bisa berjalan baik.


8#. Penampilan atau Fisik


Manusia sering tertipu dengan hanya melihat penampilan dari luarnya saja tetapi mengabaikan apa yang ada dibagian dalam. Orang mengakui bisa saja cinta pada pandangan pertama, meskipun tidak mengenal sosok yang dicintai secara baik, karena cinta itu hanya cinta buta. Bagaimana tidak buta? Ibarat seseorang ada di sebuah gerbang, dimana terdapat  tanaman hias yang indah, anda melihat tempat itu indah dari luar dan anda tidak mengetahui tempat itu sebenarnya, anda hanya menggeneralisir sebagai kebun bunga yang ternyata hanyalah sebuah kuburan. Begitulah kira-kira gambaran orang yang jatuh cinta pada pandangan pertama.


Baik-buruknya seseorang tidak bisa disimpulkan hanya dari penampilan belaka, jika anda masih memegang prinsip seperti itu maka anda bisa jatuh pada cinta yang palsu.


9#. Usia


Bagi sebagian orang tidak terlalu penting jika umur pasangan jauh lebih tua atau lebih muda dari usianya, tetapi jika merujuk kepada hubungan yang seimbang, ini sebenarnya tidaklah baik terhadap pasangan, karena beda usia yang sangat jauh sangat tidak normal dan tidak seimbang meski ditinjau dari sudut pandan mana pun. Menurut pengamatan saya orang yang mau menikah dengan pasangan yang jarak usianya jauh biasanya dibarengi oleh faktor-faktor lain seperti :


-         Uang
-          Desakan orang tua

Kalau di pikir-pikir ya tidak mungkin orang yang berusia 30an tahun mau menikah dengan umur 60 an tahun kalau tidak ada maunya, dan yang paling condong disandingkan ya  uang dan harta. Saya percaya semua pembaca pasti memilih jodoh atau pasangan usianya yang seimbang dengan anda, akan tetapi karena faktor keuangan dan harta diatas anda bersedia mengorbankan pilihan anda, perasaan, dan kebahagiaan anda.


Setelah membaca postingan diatas apakah anda sudah memiliki gambaran tentang jodoh atau pasangan anda apakah jodoh atau pasangan anda tersebut sudah sepadan dengan anda? itulah penjelasan singkat 9 unsur cara mengenali jodoh yang seimbang buat anda. semoga tulisan ini bermanfaat buat anda.

9 LANGKAH CARA MEMILIH JODOH YANG SEPADAN 9 LANGKAH CARA MEMILIH JODOH YANG SEPADAN Reviewed by Risda Nababan on June 19, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.