9 Faktor Teratas Yang Membuat Uang Anda Habis Tak Terduga


Anda pusing dengan pengeluaran yang selalu menghabiskan gaji setiap bulannya? Beberapa kebiasaan ini menjadi faktor teratas membuat uang anda selalu habis tidak terduga tanpa disadari. Berbagai macam pengeluaran setiap hari membuat  kantong selalu bolong dan koyak sebelum akhir bulan.


Ada beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang setiap pengeluaran, hal apa saja menjadi faktor penyebab sehingga membuat kantong  anda bolong, selalu kekurangan meskipun gaji anda besar. Beberapa hal akan segera saya bahas pengeluaran apa saja yang saya maksud.


Sesuatu yang lazim kita temui yang selalu mengeluhkan tidak ada uang,...tidak ada uang akibat kehabisan uang menjelang pertengahan bulan atau akhir bulan. Tak jarang akibat kehabisan uang bulanan mengharuskan untuk berhutang ke teman atau warung tetangga. Di banyak tempat bukan pemandangan yang langka jika untuk biaya hidup harus berhutang di warung tetangga padahal baru pertengahan bulan. Untuk belanja kebutuhan rumah tangga sehari-hari beberapa ibu-ibu. Atau para lajang berhutang rokok atau makan.


Saya lantas berpikir, bagaimana keuangan membaik jika model beginian? Jangan tanya masalah gaji, saya pikir berani ngutang, karena sanggup bayar, betul bukan? buktinya tiap bulan bisa bayar meskipun harus utang lagi. Kali ini tips dan solusinya coba dibalik, tidak usah berhutang biar tak usah membayar, atau setidaknya bisa bertahan untuk tidak ngutang, tidak bisa sehat ya keuangannya paling tidak,,,, mampu bertahanlah.


Coba cek pengeluaran anda jangan-jangan sudah terlalu boros mengeluarkan uang terhadap pembelian sesuatu barang yang tidak anda butuhkan padahal seharusnya pengeluaran  bisa ditunda karena tidak bersifat urgent.


Pengeluaran apa saja yang menyebabkan kantong anda bolong?Berikut ini beberapa pengeluaran yang biasa menguras kantong anda yang seharusnya bisa anda di hindari :




1. Membeli Rokok


Membeli rokok. Bahaya rokok bagi kesehatan. Larangan penggunaan rokok
Credits: jasul_paachu


Meskipun rokok memberi dampak buruk bagi kesehatan manusia, baik perokok aktif maupun perokok pasif tetapi produk ini masih saja di buru oleh orang pecandu barang ini. Rokok ini tetap tetap menjadi pengeluaran yang sangat besar. Pemerintah melalui pengenaan pajak bea cukai memberikan pajak kepada produk ini  dengan maksud untuk mengurangi penggunaan karena tergolong mahal. Produk rokok salah satu kategori penyumbang pengeluaran terbesar  bagi kantong-kantong pria dan bahkan wanita.


Meskipun  secara tidak langsung pemerintah telah memberi peringatan akan bahaya rokok ini, tetapi produk ini masih saja laris manis dipasaran bak kacang goreng. Lihat saja tampilan gambarnya yang menyeramkan, tidak membuat para pecandunya menyurutkan niatnya untuk tidak membelinya. Sebesar dan semahal apapun pemerintah menetapkan harga rokok, namun tetap saja banyak pembeli. Tidak heran pemilik perusahaan rokok yang benaung di bawah perusahaan Putera Sampoerna ini menurut majalah Forbes, pemilik perusahaan ini menduduki peringkat  ke-12 orang terkaya di Indonesia Tahun 2017 dengan total kekayaan sebesar Rp. 21,1 Triliun, itu tidak lain dan tidak bukan faktornya pengeluaran uang para pecandunya.


Jika jumlah penggunaan rokok dikalikan harga  satu bungkus selama 30 hari berapa uang yang di keluarkan setiap bulannya? Anda bisa hitung berapa banyak uang anda bakar dan buang secara sia-sia. Tak heran rokok membuat sebagian keluarga melarat mestinya uang rokok bisa ditabung, jika selama 6-10 tahun saja harusnya mampu membeli rumah tinggal. Bukan hanya itu saja jika dibandingkan dengan pengeluaran rokok yang tak bermanfaat ini, lebih besar pengeluaran rokok sebulan dari pada beli beras sebulan. Terkadang miris juga ada orang demi memenuhi kecanduan rokok ini sampai melupakan kebutuhan sehari hari.




2. Biaya perawatan dan kecantikan



Perawatan kulit wajah, kosmetik kecantikan, perawatan salon.
Credits: beautycati


Cantik memang mahal harganya, kalau mau cantik harus keluar uang lebih, itu hukumnya. Itu sebabnya anda rela membayar mahal untuk biaya perawatan, beli kosmetik, beli ini dan itu dan lain-lain supaya anda terlihat cantik dalam berbagai kesempatan. Tapi, tahukah anda kegemaran anda ke salon menguras kantong anda?


Ketika baru gajian kantong anda masih segar, kelihatannya masih ijo. Mengeluarkan ratusan ribu rasanya belum terasa, karena dompet masih poolll, tebal, tatkala dompet masih segar anda senang-senang saja untuk perawatan, totok, meni-pedi, facial, lulur, creambath...apalah itu bla...bla, karena bagi sebagian dari anda perawatan sudah menjadi kebutuhan, kalau tidak kesalon sekali sebulan saja rasanya ada yang kurang. Itu kata orang. Anda tidak seperti itu, bukan?. Saat itu anda tidak terlalu memikirkan uang yang harus anda keluarkan meskipun dalam jumlah yang besar.


Pengeluaran untuk kecantikan ini yang membuat uang anda habis sebelum akhir bulan. Jika ke salon menjadi suatu keharusan bagi anda, anda bisa cari salon yang lebih murah, perawatan tidak harus ke salon yang mahal bukan?, cari saja yang standar kalau anda gengsi dengan salon yang murah.




3. Biaya Transportasi dan Bahan Bakar.

bayar tiket transportasi, tiket pesawat. Traveling, taxi onliine.
Credits: meppeltaxi


Jika anda sering bepergian atau keluar rumah, akan menambah beban pengeluaran, apalagi dengan menggunakan angkutan umum. Tarif perjalanan antara satu tempat ketempat lain memakan biaya yang mahal. Terkadang keluar rumah untuk keperluan tertentu lebih mahal diongkos. Tips dan solusi saya, jika tidak terlalu penting, kurangi saja bebergian apalagi tempatnya bisa menumpangi beberapa kali kendaraan angkutan umum.


Atau jika anda menggunakan kendaraan  pribadi seperti mobil biasanya ya kalau di kota besar sering terjadi macet, ditengah kemacetan itu selain menghabiskan bahan bakar juga menghabiskan energi. Pakai saja sepeda motor sebagai alternatif selain irit bahan bakar anda juga bisa sampai lebih cepat, ambil jalan-jalan pintas untuk memperlancar perjalalanan anda.



4. Sering makan di luar.


Makan diluar. Masakan Nusantara, restoran Indonesia.
Credits: viptolla

Nah, ini dia juga penyumbang pengeluaran terbesar anda berikutnya.
Ada tiga faktor menimbulkan keinginan orang sering makan diluar:

  • Faktor M = malas

  • Sibuk sehingga tidak ada waktu untuk masak

  • Tidak tersedia peralatan masak ini umumnya bagi anak kost.

Diatas sudah saya singgung mengenai para lajang yang gemar berhutang diwarung nasi untuk makan. Seandainya saja tidak makan diluar melainkan makan masakan dirumah maka pengeluaran pun dapat di kendalikan karena pengeluaran terbesar adalah untuk makan. Memakan makanan yang di olah dirumah, selain lebih ekonomis, kualitas makanan pun juga terjaga di bandingkan makanan di luar yang tentunya tidak sebaik masakan rumahan yang kalau menurut saya lebih sehat dan menguntungkan.


Dirumah, anda bisa memasak masakan lezat yang tak kalah lezatnya dengan masakan restoran mahal. Selain porsinya yang tak terbatas karena bisa dimasak dengan kebutuhan orang banyak, sedangkan kalau diluar cuma sekali makan dengan harga fantastis, kenapa tidak buat saja sendiri. Jaman sekarang sudah canggih, untuk anda yang tidak bisa masak anda bisa belajar dari resep-resep yang tersedia di internetc. Cari saja resep yang anda inginkan, bejibun resep disana yang bisa anda praktekkan dirumah.



5. Sering Traktir teman

Hang out, perayaan ulang tahun. Restoran terkenal. kafe coffe
Credits: spoilerpoa


Kebiasaan ini harus bisa dielakkan dari kehidupan anda jika tidak mau kantong anda bolong akibat kebiasaan mentraktir-teman. Sesekali traktir teman tidak masalahlah ya apalagi jika ada momen yang sedang dirayakan. Yang menjadi masalah tentu jika sering-sering ajakin teman buat makan bareng, itu yang membuat masalah pada kantong anda. Di hitung saja berapa uang anda habis sekali pesan meja makan saja. Jka dalam sebulan terjadi beberapa kali di hitung saja, bisa habis gaji anda lalu besoknya gigit jari. Orang yang anda traktir senang-senang aja, makan gratis andanya yang klengar.



5.  Bayar jasa  Loundry


Bayar jasa Loundry. Perawatan pakaian, laundry di Jakarta.
Credits: borriellonapoli


Jika anda menggunakan jasa loundry untuk mencuci-gosok baju anda, pengeluaran anda pun bertambah dari biasanya karena baju kotor andapun di hargai oleh penyedia jasa ini. Jika sekilonya  dikenakan harga 7.000 per kilonya  berapa banyak dana yang anda gelontorkan dalam sebulan untuk jasa cuci saja?


Kebersihan merupakan suatu keharusan yang tidak bisa ditawar-tawar lagi, sehingga sebagian orang sering memilih menggunakan jasa loundry ini untuk menyelesaikan masalah pakaian mereka. Ketersediaan jasa ini membuat sebagian orang menjadi malas mencuci-gosok sendiri pakaiaannya, termasuk saya, tapi untungnya saya tidak pernah menggunakan jasa ini selama saya masih dirumah, mending cuci sendiri, irit hehehehe... secara jaman sekarang ya sasah cari uang mending di gunakan untuk yang lebih efektif.



6. Beli pulsa dan / paket internet


Paket kuota internet, pulsa nelpon, smartphone
Credits: fixmygadgetinc

Jaman sekarang sudah jarang sekali kita menemukan orang yang tidak pakai hanphone. Melihat kemajuan jaman yang begitu pesat saya bisa katakan pengguna smartphone hampir 99 %, itu menandakan bahwa penggunaan handphone berbasis smarphone ini wajib mengisi pulsa  dan paket internet. Pengalaman pengguna smartphone, tanpa pulsa dan internet hidup terasa kaku, sepi berasa dijaman dulu kala tak tahu mau ngapain.


Semakin sering anda telponan dan akses internet maka semakin besar biaya pemakaian yang anda keluarkan. Untungnya dengan kemajuan teknologi semakin banyak aplikasi yang mendukung kemudahan dan kemurahan berkomunikasi meskipun harus tetap ada biaya yang di bebankan yaitu paket setiap bulannya. Anda coba tanya di counter penjualan pulsa atau kartu perdana untuk paket data, anda pasti sulit menemukan paket data yang langsung bisa berlaku 2 bulan. Terkadang beli kuota maximun tidak cukup untuk sebulan. Bagaimana tidak, sekarang yang disuguhkan bukan hanya gambar melainkan video yang memakan banyak kuota internet

Kalau sekelas Tel***sel provider  penyedia paket data mahal, perbulan saja, bisa dua kali isi. Atau provider lain sekelas bi**tri, habis  tidak habis paket data anda hangus. Itu artinya anda di haruskan untuk mengisi data setiap bulannya. Jika anda pengguna video dan youtube bisa kurang dari sebulan paket anda sudah habis dan perlu pengisian ulang atau beli paket data baru lagi dan itu menambah pengeluaran anda.




7. Beli jajanan dan Minuman


Minuman softdrink, air mineral. Jajanan pasar,
Credits: kuleshova

Jajanan-jajanan yang anda temui di luar sana selalu memikat perhatian dan membuat ngiler pengen membelinya. Disepanjang jalan yang kita lalui tidak lepas dari pemandang deretan penjual makanan, didekat rumah, lorong-lorong selalu ada saja jual makanan dan minuman apalagi ketika anda masuk supermarket, hmmm pasti tak tahan ingin beli. Melihat beberapa jajanan-jajanan yang di pajang seolah-olah memberi perintah bagi anda agar membeli.


Semakin anda melihat semakin anda tergoda apalagi ketika anda sedang lapar, semuanya ingin di borong. Jangan sampai karena rasa lapar dan aroma makanan membuat anda lupa diri. Ingat-ingat kantong anda jangan sampai bolong. Adalagi yang bikin kantong bolong yaitu ketika anda berada diluar, anda haus dan terpaksa harus membeli minuman, atau nongkrong di Kafe, itu juga turut serta ambil bagian untuk menambah beban pengeluaran.




8. Menjalankan hobi



Menjalankan hobi, bersepeda, touring adventure.
Credits: judyhoffmann


Anda yang mempunyai kesenangan menjalankan hobi anda sudah mengerti maksud saya mengapa saya memasukkan hobi ini sebagai pengeluaran yang mengoyak kantong.


Orang tidak segan-segan meminjam uang untuk memehuhi tuntutan hobi ini tak kala mereka tidak punya uang. Memang tidak semua orang yang memiliki hobi harus mengeluarkan uang setiap kali gajian. Ada juga hobi yang bisa menjadi sumber penghasilan, tetapi bagi yang sudah menggilai hobi ini tidak segan-segan unuk mengeluarkan uang dalam jumlah besar.




9. Membeli yang tidak dibutuhkan.


Seorang teman saya sangat gemar berbelanja, apa saja yang menarik perhatiannya di beli bahkan yang tidak penting  apalagi ada orang yang menawarkan sesuatu susah untuk menolak. Dia tidak pernah bisa berhenti belanja kecuali sudah kehabisan uang. Jadi, setiap menjelang akhir bulan dia mulai gigit jari. Tidak ada rasa sayang untuk mengeluarkan uang  untuk hal-hal yang tidak begitu penting itu juga yang membuat dompeknya koyak.


Dari semua pengeluaran yang telah saya paparkan diatas yang jika semua pengeluaran itu di total maka anda bisa dapatkan hasilnya berapa besar pengeluaran yang akhirnya membuat kantong anda bocor.


Semoga tulisan singkat mengenai faktor teratas mengapa uang gaji anda selalu habis tak terduga ini dapat memberi pengaruh baik bagi anda untuk mengatasi Kantong koyak.   
9 Faktor Teratas Yang Membuat Uang Anda Habis Tak Terduga 9 Faktor Teratas Yang Membuat Uang Anda Habis Tak Terduga Reviewed by Risda Nababan on June 23, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.