Temukan Rahasia Hidup Bahagia Dengan Cara Mudah


Haai..haai... 
Penting sekali rasanya saya menuliskan disini rahasia temukan hidup bahagia dengan cara mudah tidak pakai ribet. Akhir-akhir ini TERLALU banyak orang diluar sana yang mengalami masalah berat. Saya memang tidak tahu apa masalah yang menekan hidup mereka sehingga sulit bahkan nyaris tidak bisa tersenyum apalagi tertawa. Saya hanya turut prihatin dan turut merasakan betapa tidak bahagianya hidup oleh karena masalah.


Taruhan dari akibat masalah dan tekanan itu adalah ketidakmampuan untuk bisa bahagia. Saya berharap semoga melalui tulisan ini semakin banyak orang yang sadar betapa pentingnya menemukan kembali bahagia yang sudah lama meninggalkan kamu, yang sudah lama tidak lagi kamu alami.


Bahagia itu memberikan ketenteraman dalam jiwa, pikiran tercerahkan sehingga lebih mudah menaklukkan masalah. Itulah tujuan kami, kami ingin melihat mereka yang biasa murung kembali tersenyum, yang biasa mengurung diri karena malu, kembali membuka diri. Yang biasa meratap Kembali bergembira. Apalagi yang membuat kita bahagia selain melihat mereka tersenyum kembali?

Orang yang berada tetap dalam kebahagiaan, sekalipun mengalami banyak masalah selalu mampu melahirkan karya--karya dan ide-ide cemerlang

Saya melihat bahwa orang yang berada tetap dalam kebahagiaan, sekalipun mengalami banyak masalah selalu mampu melahirkan 
karya-karya dan ide-ide cemerlang yang dapat menginspirasi orang lain dibanding mereka yang tidak bahagia. Lebih mampu mengendalikan emosi lalu memilih melakukan tindakan-tindakan positif. Cara ini membuat mereka seolah tidak memiliki masalah. Barangkali kalau ditanya, apakah mereka tidak punya masalah? Mungkin masalah mereka jauh lebih besar dari kamu. Perbedaannya adalah cara pandang terhadap masalah. Masalah mereka jadi terlihat sangat kecil karena cara  pandang mereka melihat masalah dan cara merespon  suatu masalah berbeda. Dan kamu? Memandang masalah kecil jadi besar, akhirnya kamu stres.


Kehadiran blog ini bertujuan untuk membagikan banyak pengalaman supaya mereka yang tidak merasa bahagia dan tidak mendapatkan jawaban sebelumnya, dengan berada disini bisa membuka paradigma tentang cara pandang suatu masalah bukan menjadi akhir segalanya. Dan pada akhirnya membuat mereka hidup dalam frustrasi. Dengan membaca setiap tulisan ini akhirnya tersentuh, terinspirasi dan pola pikirnya terbukakan lalu memandang masalah bukan sebuah  kegagalan atau penderitaan melainkan sebagai penyeimbang hidup yang harus ditaklukkan dan tanpa menghilangkan entitas kebahagiaan itu. 


Saya berharap  cara ini dapat diaplikasikan agar benar-benar merasa bahagia. Bukan bahagia semu yang dibuat-buat. Tapi memang roh bahagia itu ada dan hidup didalam diri kamu sehingga kapanpun masalah datang kamu dapat memilih bangkit dan fokus mengurus diri kamu. 


Banyak sekali keuntungan jika benar-benar roh bahagia itu senantiasa ada pada kamu termasuk memberikan  kesehatan pada tubuhmu. Ada 10+ penyakit yang bisa disembuhkan hati yang bahagia. Maka dari itu kamu harus kendalikan diri agar tetap bahagia, maka tubuhmu akan sehat.
Inilah Rahasia Cara menemukan bahagia yang mudah sekali dilakukan, diantaranya adalah :


1.  Mengucap Syukur

Rahasia mengucap syukur

Ada banyak rahasia dibalik ucapan syukur kita, termasuk bahagia. Prakteknya adalah mengucap syukur dalam segala hal meski saat hati tertekan, susah, kecewa, marah atau karena alasan apapun. Ucapan syukur merupakan suatu peluang untuk memperoleh sesuatu yang  tidak kelihatan, yang diharapkan. Dalam ucapan syukur tersedia banyak sekali berkat dan jalan keluar. 


Ucapan syukur yang tulus membuat hati tenang, tentram, damai. Karenanya kamu dapat berpikir terang, cerdas sehingga kamu bisa berpikir mencari jalan keluar dan menemukannya


Jangan tunggu kebahagiaan datang lalu anda bersyukur, tetapi bersyukurlah karena itu akan mendatangkan kebahagiaan

Mudah mengucap syukur kalau hati bahagia, tetapi berbeda apabila ada masalah. Dalam kondisi ini orang biasanya akan menggerutu, sakit hati, kecewa, marah. Dalam keadaan ini hati kita bukan semakin damai dan tenang, malah semakin panas. Kita mulai mengungkit-ungkit segala perkara dan ujungnya lahirlah kepahitan. Mengucap syukur meski sesuatu diambil dari kita, itu membuktikan kita percaya. Mengucap syukur juga saat sesuatu ditambahkan karena itu menandakan bahwa kita orang yang rendah hati. Mengucap syukur dalam segala hal karena itulah yang dikehendaki-Nya.




 2. Arahkan pikiran dan hatimu kepada tujuan yang akan dicapai



Pastinya kamu punya tujuan, setidaknya punya impian donk. Saat kamu ada masalah coba perhatian, kamu arahkan kepada impianmu. Itu akan memudahkannya untuk tidak larut dalam masalah, membuatmu sedikit demi sedikit bisa melupakan masalahnu, membuat mu menjadi bersemangat.

Kuasailah dirimu dan jadilah tenang, karena disitulah terletak kekuatanmu.

Masalah tidak pernah ada habisnya, tidak pernah usai sampai akhir hidup. Tapi apa kita harus membiarkannya membelenggu kebahagiaanmu? Kalau aku bilang "No" kamu yang yang bilang "yes" berubah. Masalah tidak ada habisnya, tetapi masalah akan berakhir.

Kamu mulai lagi fokus mengerjakan apa yang menjadi harapan-harapan yang belum tercapai dan memikirkan bagaimana cara mencapainya. Karena dengan demikian pikiran akan teralihkan dari masalah. Kuasailah dirimu dan jadilah tenang, karena disitulah terletak kekuatanmu.


3. Memberi dan menerima

Credit : sotiris_tsakanikas

Hukum ini mengajarkan kepada kita "berilah maka kamu akan diberi, siapa yang menabur akan menuai"  Jika diterapkan dalam kehidupan sehari-hari menabur dan menuai pasti semua orang merasakan bahagia. Yang pertama adalah menabur atau dengan kata lain memberi. Setiap orang yang pernah menabur pasti mengalami yang namanya menuai. Siapa yang memberi pasti akan menerima, meskipun yang diterima bentuk atau wujudnya tidak sama tetapi pada intinya akan menerima hasilnya. 

Apabila seseorang Memberi bagi orang yang membutuhkan, baik secara langsung maupun tidak langsung akan menerima dalam bentuk imbalan meskipun imbalan itu tidak selalu berupa materi, bisa berupa kebahagiaan, sukacita. Orang yang memberi hatinya pasti meluap-luap. Luapan ini yang membuat hati bahagia


Kebahagiaan dan sukacita ini mampu menentramkan hati dan jiwa seseorang.  Lewat pemberian, ia merasa memiliki arti karena bisa berbuat  sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain. Luapan ini mendorong ingin terus melakukan kebaikan menolong orang lain, jika dilakukan terus menerus, maka bisa dibayangkan, betapa besar kebahagiaan yang mengalir bukan? Teruslah memberi dan menolong orang lain.


4. Ikut komunitas dan lakukan kegiatan –kegiatan positif

Credit: paravel
Kegiatan yang mengandung nilai positif dapat membuat seseorang merasa bahagia. Misalnya mengunjungi panti asuhan, panti jompo mengikuti kegiatan keagamaan. Kegiatan-kegiatan ini seperti simbiosis mutualisme, orang ditemui merasa terhibur, senang, bahagia dan orang yang  terhubung juga mendapat pengaruhnya, saling mentransfer aroma positif, sama-sama merasakan kebahagiaan. Selain itu, hobi juga turut mendorong seseorang untuk melupakan masalah dan terfokus dengan apa yang sedang dikerjakan.


 5. Pandang masalah sebagai sarana pendewasaan, supaya ketika bertemu masalah besar kamu menjadi kuat atau setrooong.

Berfokus pada tujuan
lewati masalah
Masalah yang selalu dipikirkan terus-menerus  akan menimbulkan tekanan bathin. Ketahuilah bahwa manusia adalah objek masalah. Tidak ada manusia yang tinggal dibumi ini yang tidak menemui masalah, perbedaannya adalah terletak pada pribadi  masing-masing bagaimana cara memandang dan menyikapi suatu masalah yang sedang dihadapi. Apakah  jika masalah selalu dipikirkan akan selesai? Tentu tidak. 


Bukan tidak  boleh dipikirkan, salah pula kalau tidak dipikir. Hanya saja kurangi porsinya, jangan sampai buat kamu stress lalu putus asa, menjerit histeris lalu bunuh diri. Ngapain coba? Yang harus kamu pikirkan solusinya bukan masalahnya. Cari akar masalahnya supaya bisa menemukan jalan keluar yang tepat karena semua yang ada didunia ini sudah berpasangan.  


Jika ada masalah pasti ada jalan keluarnya. So... jangan takut menghadapi masalah. Masalah tidak ada yang terlalu besar, yang ada kita terlalu kecil dan pesimis dibanding masalah itu karena masalah yang dihadapi tidaklah melampaui kekuatan manusia. Banyak orang karena tidak siap dan mengkerdilkan dirinya terhadap masalah jadi Penyebab Bunuh Diri


Jangan selalu beranggapan ketika mengalami masalah, sedang mendapat hukuman atas apa yang dilakukan. Kalau kamu tidak berbuat salah, lalu siapa yang menghukum kamu? Pandang masalah hanya bagian dari perjalanan hidup, maka kamu akan merasa bahagia sekalipun berada dalam masalah. 


Anggaplah masalah sebagai sarana pendewasaan dan peningkatan kualitas kamu, supaya ketika bertemu masalah besar kamu menjadi kuat (setrooong_bahasa jaman now). Melalui masalah orang bisa melihat kapasitasnya seberapa cakap mampu mengatasi dan menyelesaikan setiap masalah. Apakah tahan uji atau akan jatuh lalu hancur.



6. Tinggalkan rumah sebentar, pergilah berlibur.

Credi: daphneahr

Mungkin kepalamu mumet jika kamu tetap berada dirumah. Kamu bisa luangkan waktu untuk refreshing. Cari tempat liburan yang membuatmu nyaman dan menyenangkan hatimu.  Cara ini dapat membantu melupakan masalahmu selama berlibur.  Tinggalkan dia dirumah, jangan dibawa ikut. Dan nikmatilah hidupmu, buat bahagiamu tumbuh kembali. Atau bisa ajak teman bersamamu, tapi harus yang dapat kamu percayai.


7. Bangun doa secara intens

Orang yang selalu mendekatkan diri kepada Tuhan dan mengenal pribadi Tuhannya dengan baik akan selalu menyerahkan diri dan mempercayakan hidupnya kepada-Nya melalui doa, pujian dan penyembahan.  Orang yang seperti ini tahu betul kepada siapa ia Percaya dan dengan yakin bahwa apapun yang akan terjadi Tuhan tetap campur tangan dan tidak akan membiarkan melaluinya sendiri.


Orang yang mengandalkan Tuhan tidak akan membiarkan hidupnya tenggelam dalam kepanikan, ketakutan, kekhawatiran.  Ia  akan bangkit, masuk kamar dan berdoa. Doa adalah jembatan penghubung manusia dengan Tuhan, dengan berdoa pasti akan mendapat jawaban, kekuatan, sukacita, kebahagiaan dan kemenangan atas segala masalah. 
Doa orang benar bila dengan yakin didoakan sangat besar kuasanya.

Apabila menghadapi masalah  pertama yang harus di  kamu lakukan adalah  berlarilah kepada Tuhan dan berdoalah, Tuhan siap mendengarkan kapan, dimanapun dan dalam keadaan apapun. Jangan ragu-ragu. Jangan langsung mengadu kepada manusia, apalagi kepada orang yang salah, bukan solusi yang didapat malah sebaliknya.


8. Membaca Firman Tuhan

Firman adalah Tuntunan Hidup manusia. Tuhan telah menaruh semua solusi di dalam Firmannya apapun masalah dan kondisinya, tinggal manusia yang perlu berusaha mencari dan menemukannya. Tuhan telah menaruh keputusan-keputusan dan kekuatan dalamnya, dan siapa yang suka menyelidiki  akan berhasil dan beruntung dan seumur hidupnya akan selalu berbahagia. 


Orang yang selalu mencari kebenaran melalui firman-Nya, akan menemukan kekuatan dan kebahagiaan sejati. Berjalan senantiasa dalam terang firman Tuhan, pasti tidak akan tersandung. Firman Tuhan sanggup menguatkan orang lemah, menghiburkan orang yang bersusah hati, menjadi obat bagi yang terluka, menghibur orang yang dalam kesusahan dan penderitaan. Dan didalam firman terdapat janji-janji dan pengharapan baik masa sekarang maupun yang akan datang.


Anda dan saya sudah diperlengkapi dengan dengan senjata- senjata untuk menyelesaikan masalah. senjata-senjata itu adalah pikiran kita. Jika kita mempergunakan senjata dengan benar, maka akan memperoleh kemenangan dari masalah.


Semoga pembaca bisa terbantu menemukan makna hidup yang sesungguhnya. Karena kita ciptaan Tuhan adalah berharga di mata-Nya. Untuk itu pula Tuhan sangat menginginkan kebahagiaan bagi ciptaannya. Tuhan tidak mau Iblis mencuri apa yang harusnya milik kita, apa yang pernah hilang akan segera menemukan kembali.


Itulah rahasia cara temukan bahagia, sederhana bukan? Harapan kita banyak orang yang dipulihkan dan kembali ke nature-nya sebagai ciptaan yang mulia.
Temukan Rahasia Hidup Bahagia Dengan Cara Mudah Temukan Rahasia Hidup Bahagia Dengan Cara Mudah Reviewed by Risda Nababan on April 12, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.