7 RAHASIA HIDUP BAHAGIA DIHARI TUA



Kita harus selalu menyadari betapa pentingnya bagi kita bagaimana cara mempersiapkan hari tua dengan baik sebelum hari tua tiba. 7 Rahasia hidup bahagia dihari tua yang tidak boleh kamu abaikan. Karena hari tua sebagaimana kita ketahui bahwa itu sebenarnya waktu bagi kita untuk menikmati sisa hidup. Memang kesannya seolah-olah sudah tiba masa itu. Tetapi tidak masalah, bagi saya cara mempersiapkan hari tua dengan baik harus sudah dipikirkan dari sejak dini dan di persiapkan secara matang. Lebih cepat tau dan sadar akan lebih baik hasilnya. Lebih baik sakit sekarang tetapi bahagia masa tua. 


Masa tua harusnya masa dimana bisa bersenang-senang karena sudah selesai menyelesaikan tugas negara bukan kebalikannya masa muda di pakai untuk bersenang-senang. Bukan berarti ketika masa muda tidak bisa menikmati hidup, nikmati saja karena kita juga harus menikmati hidup kita setiap saat tetapi poinnya adalah mempergunakan yang  ada sesuai porsinya.



Di usia muda sering kali kita tidak menyadari bagaimana pentingnya cara menjalani hidup  dengan baik. Terlena  dengan zaman dan dalam situasi dan kondisi yang sedang kita hadapi saat itu dan tanpa disadari waktu begitu cepat berlalu, usia pun semakin bertambah. Banyak waktu luang terbuang sia-sia yang tidak dipergunakan dengan baik, padahal pada waktu mudalah semuanya bisa dimulai. Bahkan tak jarang dari mulut beberapa orang  keluar kalimat  “ MUMPUNG MASIH MUDA”. karena pandangan seperti ini banyak yang mengarahkan kepada hal negatif. Maksudnya selagi muda lakukan apa yang ingin di lakukan meskipun itu sesuatu yang salah dan bertentangan norma sosial. 



Seringkali orang tidak sadar bahwa apa yang dilakukan sebenarnya bukan sebagai tindakan yang wajar yang harus dinikmati semasa muda. Masa muda adalah masa dimana perjuangan di mulai karena jika sudah menjelang usia dewasa dan menjelang usia tua bukan lagi memulai tetapi tinggal melanjutkan apa yang belum tercapai. Kita tidak mungkin merangkak seperti bayi di usia tua dimana kekuatan yang tersisa tidak seberapa lagi. Di usia tua seharusnya duduk manis menikmati kerja keras di usia muda.



Kurangnya kesadaran akan pentingnya mempersiapkan diri menjelang hari tua sehingga kesempatan baik selalu di biarkan berlalu dengan sia-sia. Padahal jika kita mengerti satu menit saja dari hidup kita itu adalah waktu yang sangat berharga. Saya tidak tahu apakah anda menyadari atau tidak bahwa pada masa sekarang ini waktu begitu cepat berlalu. Tidak terasa hari berganti begitu cepat tak terasa hari -hari kita berlalu dengan tidak terasa, tau-tau umur kita sudah sekian tahun. Rasanya kita belum selesai mengerjakan pekerjaan ini tahunya sudah malam. Kita seperti dikejar-kejar waktu, sepertinya waktu 24 jam tidak cukup bagi kita.


Inilah sebuah dinamika kehidupan bahwa kita di paksa untuk berlari lebih cepat dari yang biasa. Karena jika kita tidak lakukan itu kita akan tertinggal jauh karena kita tidak bisa menyesuaikan waktu yang ada. Orang yang bisa berlari lebih cepat itu hanya ketika orang itu masih muda, jika anda sudah tua anda sudah kelelahan dan saatnya bagi anda istirahat. 

Supaya anda dan saya bisa istirahat setelah tiba usia tua, ada beberapa hal yang harus kita lakukan dimasa muda untuk mempersiapkan masa tua supaya masa tua bahagia:


1 . Rajin menabung sejak masih muda






“ SETITIK DEMI SETITIK LAMA-LAMA MENJADI BUKIT” pepatah ini mengajarkan kita untuk mulai belajar melihat hal-hal kecil yang ada pada diri kita. Karena dari hal-hal yang kecillah benih bertumbuh menjadi besar. Kita bisa belajar dari sebuah benih biji. Biji itu adalah benih kecil yang apabila ia tumbuh akan menjadi pohon yang besar dan menghasilkan banyak biji lain. Dan ada perumpamaan : Seorang petani tidak akan menghabiskan hasil panennya untuk dimakan, petani akan menyimpannya sebagian untuk di jadikan benih berikutnya. Karena apabila hasil itu di habiskan maka petani tidak bisa menanam dan jika tidak ada yang di tanam tentu tidak pula ada yang akan di tuai. Petani adalah gambaran kita, dan benih itu adalah tabungan kita. jika kita tidak punya tabungan dimasa muda maka akan kekurangan di masa tua. Jika masa tua kekurangan maka bukan kebahagiaan yang di dapat melainkan penderitaan.


Mungkin tidak semua dari pembaca yang memiliki penghasilan besar, tetapi seberapa pun pendapatan anda, anda harus punya komitmen untuk menyisihkan sebagian dari pendapatan anda untuk di tabung. Tabungan anda hari ini akan menjadi tuaian anda di hari tua. Kita harus buang pemikiran " Hari ini sukses, masa tua juga sukses sehingga untuk alasan itu kita tidak ada keinginan untuk menabung. Itu prinsip yang salah yang harus di hindari. Karena perjalanan hidup kita hanya Tuhan yang tahu maka sedari sekarang kita harus berjaga-jaga.

Jangan menunggu gaji besar maka anda baru menabung. Terkadang dengan nilai yang bagi kita sangatlah kecil, bahkan mungkin  tidak berpengaruh apa-apa bagi kebutuhan kita, akan tetapi jika hal ini kita lakukan dengan tekun dan setia tanpa kita sadari akan membawa dampak baik bagi masa depan kita.




2.  Belajar banyak dan gali  ilmu sebanyak mungkin terutama menyangkut pengembangan diri

Saya sudah sering membahas tentang hobi yang menghasilkan uang di blog ini, dan menurut saya sangat penting bagi kita memiliki hobi. Saya percaya kita semua terlahir dengan hobi dan talenta yang berbeda dan unik tentunya. Melalui talenta dan hobi yang dimiliki seseorang bisa membawa mereka kepada keberhasilan. Tetapi itu tidak dicapai begitu saja, perlu ketekunan dan konsistensi dalam mengembangkan diri supaya hobi itu menghasilkan sesuatu. Hobi yang kita miliki seharusnya sesuatu yang memiliki manfaat baik materi maupun non materi karena dengan begitu kedua-duanya akan berjalan seimbang. Sangat penting bagi kita jika kita  memiliki sesuatu yang bernilai jual tinggi. 


Persaingan ketat mengharuskan setiap orang harus belajar sesuatu yang baru yang bisa laku dijual di pasaran. Karena orang hanya akan mencari sesuatu yang ada nilai dan prospeknya bagus. Jika kita tidak memiliki nilai, bagaimana bisa dapat tetap bertahan? Dengan cepat dan tanpa basa-basi akan segera tersingkir dan terbuang. Sekarang ini di perusahaan-perusahaan untuk merekrut tenaga kerja sangatlah ketat. Pelamar dengan pendidikan tinggi sekali pun sulit untuk mendapat pekerjaan di perusahaan,  belum lagi faktor lain yang mempengaruhi sulitnya di terima bekerja. Sudah diterima bekerja tetap tidak tenang karena belum tentu bisa bertahan lama karena adanya penetapan sistem outsourching bagi para pekerja.  Selama bekerja akan ada masa percobaan terlebih dahulu, apabila dalam masa percobaan pekerja tidak ada progress atau impact yang diberikan bagi perusahaan, maka siap-siap untuk hengkang atau angkat kaki.



Untuk itu dari masa muda sangat penting belajar mengembangkan diri, baik melalui pelatihan atau kursus  ketrampilan. Ambil waktu dan kesempatan untuk belajar lebih banyak tau ketrampilan, asah hobi dan talenta supaya bisa menambah penghasilan anda. Dengan demikian maka anda bisa mengumpulkan dana sebanyak mungkin untuk hati tua anda


3. Besosialisasi membuka banyak peluang dan kemudahan




Tidak mudah hidup sendiri di tengah dunia yang luas ini. Perlu orang-orang untuk mensupport hidup kita. Hidup manusia seperti motor yang harus digerakkan oleh mesin supaya berjalan seimbang dan orang-orang lain juga turut memotorinya. Dan bukan hanya seimbang tetapi sangat menguntungkan. Bayangkan saja kamu seorang pebisnis, tanpa orang lain tidak mungkin bisnis akan jalan. Trus apa hubungannya dengan rahasia bahagia di  hari tua? iya ada lah! 


Sahabat-sahabat adalah investasi dan kekayaan yang tidak ternilai baik dimasa kini dan masa mendatang. Mereka-mereka ini adalah orang-orang yang berperan dalam usaha kemajuan dan pengembanganmu. Semakin banyak orang yang kamu kenal, semakin besar pula peluang bagi kamu untuk sukses dan lebih memungkinkan untuk mencapai tujuanmu dibanding saat kamu tidak punya banyak relasi. Walau demikian kamu harus juga bijaksana dalam memilih teman, anda bisa baca disini Langkah-langkah cara mengenali pertemanan terutama jika kamu melibatkan dalam perencanaan jangka panjang. Salah-salah bukan manfaat yang kamu dapat. 


Dihari tua, banyak sahabat, banyak keuntungannya. Setidaknya untuk membuat kamu tertawa lepas itu sangat membantu membuatmu bahagia. Untuk teman berbagi cerita mengungkapkan isi hatimu, itu cukup membuatmu keluar dari rasa tertekan. Untuk sekedar mendengarkan obrolanmu itu cukup membuatmu bernafas lega. Jangan buat pembatas karena perbedaan status dan sosial itu hanya membuat kerugian. Kasarnya, kita butuh teman (orang lain) untuk menutup mata kita saat meninggal dan menghantarnya kepemakaman. Kita membangun relasi atau petemanan bukan sekedar teman curhat, atau sekedar mengharapkan "suka" Tapi itu sebuah keharusan dan kebutuhan.


4. Ikutlah program Asuransi untuk meringankan beban hari tua




Program asuransi sangat membantu untuk menangani masa tua nanti baik untuk asuransi jaminan hari tua, jaminan kesehatan. Kita bisa asuransikan hidup kita dimasa muda untuk hari tua kelak supaya kita bisa keluar dari kesulitan. Seperti kita ketahui bahwa usia tua dimana aktivitas fisik perlahan-lahan menurun dan rentan terserang penyakit. Untuk itu kita harus selalu mengupayakan dari usia muda, apa saja yang penting bagi kesejahteraan untuk hari tua yang bisa mengantisipasi jangan sampai kesulitan berobat misalnya, menimpa ketika mengalami sakit penyakit akibat tidak adanya dana. 


Anda boleh pilih program asuransi, dari program asuransi hari tua untuk keuangan anda, asuransi kesehatan untuk biaya pengobatan. Keduanya sangat menguntungkan dan bermanfaat bagi anda. Ada program asuransi yang telah disediakan oleh pemerintah, Asuransi ini bermanfaat bagi masa depan dan wajib anda punya karena dapat mencover biaya pengobatan dan hari tua juga karena preminya lebih terjangkau.



 5. Miliki Investasi untuk mempermudah hari tua



Untuk sebuah investasi butuh dana besar, dan dana ini dapat dihasilkan dari kerja keras selama bekerja di usia muda. Bukan hanya kerja keras saja, juga diperlukan penguasaan dan pengendalian diri dalam penggunaan dan pengelolaan uang yang tepat terhadap  penghasilan dan uang belanja anda. Anda perlu manajemen yang baik supaya gaji anda bisa disisihkan sedikit demi sedikit untuk berinvestasi. 


Jika anda ingin masa tua anda sejahtera dan bahagia, mulailah investasi sejak dini jangan sampai terjadi, dimana sudah masuk usia tua bahkan sudah tua, sudah tidak bisa bekerja, masih tetap menumpang sama orang tua/keluarga  atau tinggal dirumah kontrakan karena tidak memiliki rumah tinggal. Ada baiknya anda membuat target pada usia berapa  anda akan capai ini dan itu atau berapa tahun anda akan baru bisa mampu membelinya. Jika anda tidak ada target atau impian untuk memiliki sesuatu benda maka tidak ada tujuan yang hendak dicapai dan hidup anda menjadi datar-datar saja.


Jadi buat perencanaan keuangan untuk berinvestasi dan anda tentukan waktu pencapaian dari investasi tersebut. Dengan demikian anda akan berusaha untuk mendapatkan dananya supaya target itu dapat tercapai. Jika anda merasa bukanlah orang yang cakap mengelola uang dengan baik, atau tangan anda selalu gatal jika pegang uang, anda bisa berinvestasi dengan cara mengangsur atau mencicil jika uang anda belum cukup membeli cash atau kontan. Anda bisa cicil beli perumahan, mobil, tanah atau apa saja yang menurut anda cocok di jadikan investasi karena dengan cara itu bisa membantu menyelamatkan uang anda. Di awal anda hanya perlu siapkan DP (down Payment) saja selanjutnya  anda bisa bayar angsuran setiap bulannya. Atau anda yang lebih praktis,  uang anda bisa di masukkan kebank dan jadikan tabungan berjangka atau deposito. 



Sebelum memasuki masa usia tua atau usia emas tersebut pastikan anda sudah memiliki rumah tinggal, tanah, kendaraan, dan investasi lainnya yang bisa memenuhi semua kebutuhan hari tua anda nanti


6. Siapkan Deposito untuk jangka Panjang




Deposito merupakan tabungan berjangka dimana uang yang kita tabung hanya bisa dicairkan dalam jangka waktu tertentu,  Selain itu karena sifatnya deposito jadi bunga yang di tetapkan pun lebih besar dari tabungan biasa. Dan mungkin saja setiap bank yang menfasilitasi tabungan berjangka ini bunga yang di tetapkan bisa berbeda-beda.  Dari deposito, anda bisa menikmati bunga yang di sediakan bagi anda. Semakin besar uang yang anda deposito-kan semakin besar pula nilai yang kamu dapat.


Dimasa tua nanti deposito ini sangat membantu anda karena di usia itu sudah tidak bisa menghasilkan uang lagi sebaik dimasa muda. Tetapi meskipun sudah tidak bisa berkarya lagi, bukan berarti tidak bisa menikmati hidup yang lebih baik dan bahagia. Dengan deposito, anda tetap masih memiliki uang tabungan. kebutuhan anda masih bisa di tampal dengan baik.


Masa tua adalah masa istirahat , masa itulah waktunya bagi kita untuk menikmati pencapaian dari hasil kerja keras yang kita rintis dan kita bangun  semasa muda. Jadi jangan sia-siakan masa muda anda untuk hal-hal yang tidak berguna, bangunlah diri anda dan keuangan anda dimana anda masih aktif dan produktif.  Jangan biarkan hidup anda Keriting karena tidak punya uang.



7. Jaga Kesehatan, Sehat adalah investasi dan harga termahal 





Kita dapat bekerja karena masih sehat. Kesehatan adalah aset yang sangat berharga yang tidak bisa dibeli dengan uang, tetapi hanya perlu dijaga agar terhindar dari sakit penyakit dan penderitaan.


Jika anda sehat maka  anda bisa melakukan banyak hal terutama dalam mencari rezeki. Perlu anda ketahui sekeras apapun anda berjuang ingatlah selalu kesehatan harus dioptimalkan dan di nomor satukan. Kerja keras itu baik jika dibarengi dengan pola hidup sehat yang tetap terjaga. Makan teratur, istirahat cukup. Terkadang kita melupakan makan, istirahat hanya demi memenuhi tuntutan pekerjaan di perusahaan.  Bagi anda yang bekerja pada orang lain atau sebagai karyawan perusahaan, ingatlah bahwa gajimu dan karirmu tidaklah lebih penting dari kesehatanmu. Satu hal bahwa hanya jika anda sehat maka anda dipakai. Jika anda sakit siapa yang bertanggung jawab? Siapa yang perduli? Siapa yang menjamin hidup anda? Toh diri anda sendiri bukan?. 


Jagalah kesehatan supaya saat tua pun anda tetap bugar. Jaminan kebahagiaan kita bukan uang semata, tetapi bisa menikmati hidup dalam kebebasan. Jadi yang terpenting, jaga dulu kesehatan, yang lain akan ikut, karena hanya apabila kita sehat kita bisa menikmati seluruh perjalanan hidup kita bersama orang-orang yang kita sayangiJanganlah pernah mencobai diri kita sendiri dengan melakukan hal-hal yang dapat merusak kesehatan dan masa tua anda kelak.

Apabila ke 7 Rahasia hidup bahagia dihari tua diatas sudah anda persiapkan  sejak dini, maka anda tak perlu takut saat menjelang dan sudah tua seperti diartikel ini 👈  Hari tua anda akan baik dan bahagia dan bisa menikmati kehidupan anda tanpa bergantung pada orang lain. 


Terkadang kita miris menyaksikan di televisi bahkan disekitar kita ada orang tua yang terabaikan, susah untuk makan dan hidup dalam kesusahan.  Supaya hal itu tidak sampai terjadi maka andalah yang menentukan bagaimana cara anda mempersiapkan hari tua anda dari sekarang. Seperti apa masa tua anda akan dibangun. Jika dari awal anda sudah mempersiapkan diri dengan baik maka hal itu pasti tidak akan  terjadi. Karena apa yang anda lakukan dan kerjakan hari ini akan menentukan masa depan anda kelak. 


Jika anda melakukan yang baik, maka baiklah keadaanmu, sebaliknya jika anda melakukan yang buruk maka buruk pula yang anda dapat. Intinya pilihan ada ditangan masing-masing. Maka dari itu mulailah memikirkan dari sekarang.


Semoga ini dapat memacu anda untuk lebih bersemangat dan memotivasi anda untuk memulainya. Daalamhidup sejahtera, hari depan gilang gemilang.
7 RAHASIA HIDUP BAHAGIA DIHARI TUA 7 RAHASIA HIDUP BAHAGIA DIHARI TUA Reviewed by Risda Nababan on November 08, 2016 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.